Blog

Sungguh Mengerikan, ini Sederet Dampak Negatif dari Gaya Hidup Boros!

danain-Dampak negatif dari gaya hidup boros-gambar orang stress

Dampak negatif dari gaya hidup boros

Perilaku boros punya efek yang sangat buruk bagi kehidupan seseorang. Pada kesempatan ini, kami akan membeberkan sederet dampak negatif dari gaya hidup boros yang sungguh mengerikan!

Apakah kamu termasuk salah seorang yang punya gaya hidup boros? Jika ya, kamu patut berhati-hati dengan hal tersebut! Pasalnya, perilaku boros punya dampak yang sangat buruk bagi kondisi finansial.

Seperti yang diketahui, boros merupakan kebiasaan menggunakan uang secara berlebihan, di mana hanya untuk memenuhi keinginan sesaat atau sekadar bersenang-senang. Adapun sejumlah gaya hidup boros yang kerap dilakukan meliputi, kerap membeli minuman kekinian, sering menggunakan transportasi online, sering makan di luar, selalu beli barang setiap ada promo, keseringan jalan-jalan, hingga penggunaan kartu kredit yang berlebihan.

Lantas, apa saja dampak negatif dari gaya hidup boros? Berikut ulasan lengkapnya, seperti dikutip dari berbagai sumber:

Gaji cepat habis dan selalu kurang

Dampak negatif dari gaya hidup boros yang pertama adalah gaji jadi cepat habis dan selalu merasa kurang setiap bulannya. Padahal, jika bijak dalam menggunakan uang, gaji yang diterima pasti akan selalu cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Baca juga: 6 Tips Kencan Anti Boros, Patut Dicoba!

Kuncinya cuma satu, buatlah perencanaan keuangan yang matang setiap kali menerima gaji. Jangan pernah mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak terdapat dalam pos pengeluaran, apalagi yang sifatnya konsumtif. Patuhi anggaran tersebut hingga tanggal gajian bulan berikutnya tiba!

Tak punya tabungan dan dana darurat

Gaya hidup boros juga menyebabkan seseorang tak bisa menyisihkan tabungan dan dana darurat. Jika dibiarkan terus menerus terjadi, hal ini bisa jadi bencana di kemudian hari. Kamu akan kelabakan saat harus memenuhi kebutuhan hidup yang sifatnya mendesak, seperti harus ke dokter saat sakit atau memperbaiki kendaraan yang tiba-tiba rusak.

Stres

Kesehatan mental bisa terganggu jika kamu menerapkan perilaku boros dalam kehidupan sehari-hari. Intinya, gaya hidup boros bisa membuat seseorang mengalami stres yang cukup dalam.

Coba bayangkan, uang tiba-tiba habis padahal baru gajian! Sementara kebutuhan hidup masih banyak, terlebih ada sejumlah cicilan yang masih harus dibayar. Siapapun akan merasa stres bila dihadapkan pada posisi seperti ini.

Baca juga: Media Sosial Bikin Kaum Milenial Makin Boros, Benarkah? Cek Faktanya di Sini!

Sulit mencapai sukses

Jangan harap bisa sukses jika kamu selalu boros saat masih muda. Sebaliknya, kamu akan dihantui dengan berbagai masalah apabila tak bisa meninggalkan kebiasaan buruk tersebut sesegera mungkin.

Terlilit utang

Dampak negatif dari gaya hidup boros yang selanjutnya adalah rentan terlilit utang. Faktanya, orang boros selalu berusaha untuk belanja, meskipun tak punya uang. Alhasil, mereka kerap mengambil jalan pintas dengan meminjam uang pada orang lain atau menggunakan kartu kredit yang dimiliki. Jika kebiasan ini terus dilakukan, lilitan utang pun tak bisa dihindari.

Picu masalah keluarga

Perilaku boros juga bisa berimbas pada masalah keluarga. Misal, sering terjadi pertengkaran pada pasangan yang salah satunya punya gaya hidup konsumtif. Selain itu, utang yang timbul akibat pemborosan juga dapat memicu perselisihan dalam rumah tangga.

Baca juga: Anti Hemat, 6 Zodiak ini Diklaim Paling Boros!

Sengsara di hari tua

Dampak yang terakhir adalah sengsara di hari tua.

Pada prinsipnya, pemborosan punya dampak jangka panjang yang tak main-main. Masa tua jadi sengsara lantaran selama bekerja tak pernah menyisihkan uang untuk dana pensiun.

Semoga dampak negatif dari gaya hidup boros di atas tidak menimpa kehidupan kamu, ya!

Leave a Reply