Blog

6 Tips Kencan Anti Boros, Patut Dicoba!

Danain-Tips_hemat_berkencan-gambar orang bermain game bersama

Berkencan adalah salah satu bagian penting dari sebuah hubungan. Dengan melakukan aktivitas tersebut, hubungan yang terjalin bisa lebih sehat dan menyenangkan.

“Berkencan merupakan sesuatu yang penting, sebab bisa memberikan kesempatan bagi pasangan untuk lebih saling mengenal satu sama lain. Sementara bagi pasangan yang telah bekerja atau sudah mapan, momen ini bisa jadi sebuah kesempatan untuk bersenang-senang setelah melewati hari-hari yang sibuk,” ujar Holly Shaftel, pakar hubungan bersertifikat.

Meski demikian, kencan tak melulu jadi kegiatan yang menyenangkan. Kadang kala, ada saja masalah yang timbul akibat hal tersebut. Salah satunya sebut saja terkait finansial.

Baca juga: 5 Gaya Pacaran ini Bisa Bikin Dompet Tipis, Wajib Dihindari!

Ketika kamu dan pasangan punya fokus untuk meningkatkan kondisi keuangan, menemukan cara untuk kencan hemat adalah langkah tepat yang perlu dilakukan. Kamu mungkin bertanya-tanya: Bagaimana cara menerapkannya?

Sebagaimana dilansir discover.com, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat uang saat kencan, dengan membawa sedikit kreativitas. Berikut sederet cara yang bisa kamu coba:

Jalankan minat yang sama dan murah

Agar kencan tak menguras dompet, cobalah jalankan minat yang sama dengan pasangan. Shaftel berbagi cerita saat ia dan pasangannya berada di tahap awal hubungan. Karena sama-sama menyukai olahraga, mereka pun merencanakan kencan seputar kegiatan tersebut. Untuk menekan biaya, mereka memanfaatkan taman kota untuk berolahraga.

Kamu bisa mencontek cara cerdas yang dilakukan Shaftel itu. Carilah kesamaan minat satu sama lain. Misalnya, jika kamu dan pasangan sama-sama suka membaca, tak ada salahnya untuk menghabiskan waktu kencan di perpustakaan lokal. Atau jika kamu punya minat yang sama dengan dunia fauna, kamu bisa kunjungi kebun binatang yang relatif berbiaya murah.

Lakukan kegiatan menyenangkan di rumah

Duduklah bersama pasangan kamu dan buatlah sebuah kegiatan yang menyenangkan. Kamu bisa duduk berdua di sofa untuk main tebak-tebakan, games di gadget, atau menyusun puzzle. Selain itu, kamu juga bisa memasak makanan favorit dan menghidangkannya secara romantis. Menurut blog Marriage Laboratory, sederet aktivitas tersebut merupakan cara yang tepat untuk menghabiskan waktu kencan di rumah, selain menonton TV.

Baca juga: Jika Kekasihmu Punya 6 Prinsip Keuangan ini, Kamu Wajib Pertahankan Dia!

Buat jadwal kencan

Jika kamu ingin kencan anti boros, cobalah untuk tidak fokus pada pengiritan biaya setiap kali kencan. Sebaliknya, buatlah jadwal kencan dari yang mengeluarkan biaya hingga tanpa pengeluaran.

“Kamu bisa keluar untuk makan malam di minggu pertama setiap bulannya. Minggu berikutnya, carilah kegiatan kencan lain yang berbiaya murah, seperti berkendara menyusuri jalan atau habiskan malam di taman kota,” ujar penasihat keuangan Bethany Palmer.

Kencan sambil menyelesaikan sebuah pekerjaan

Beraktivitas di sekitar rumah mungkin terdengar tak romantis. Tapi, ini bisa jadi alternatif cerdas untuk menghemat uang saat kencan di akhir pekan. Dalam hal ini, kamu bisa berbagi tugas untuk membersihkan garasi atau menyapu daun di halaman rumah. Aktivitas ini bisa jauh lebih menyenangkan jika kamu dan pasangan menjalankannya tanpa beban, dan sadar bahwa hal itu bisa menekan pengeluaran.

Baca juga: Agar Terhindar dari Masalah, ini 5 Tips Cerdas Atur Keuangan Bersama Pasangan!

Kunjungi acara yang bebas biaya

Setiap daerah biasanya punya agenda ‘Pesta Rakyat’ yang rutin dilakukan. Kamu bisa manfaatkan itu untuk momen berkencan. Kamu dan pasangan bisa datang ke pasar malam atau menonton konser gratis yang diadakan. Kuncinya sederhana, sering-seringlah cek jadwal acara melalui dunia maya.

“Cobalah selalu kreatif agar kamu tetap fleksibel dan tidak terikat melakukan hal yang sama berulang kali,” terang blogger keuangan pribadi Dustyn Ferguson.

Manfaatkan kupon atau diskon

Kamu bisa manfaatkan kupon atau diskon buat mendapatkan penawaran terbaik untuk makanan, ritel, atau perjalanan. Berdayakan aplikasi-aplikasi yang marak saat ini untuk memperoleh keuntungan tersebut. Perlu kamu tahu, cara ini juga digunakan Palmer dan suaminya saat akhir pekan.

Bagaimana, siap mencobanya?

Leave a Reply