Blog

Tambah Penghasilan, ini Sederet Bisnis Kecil-kecilan yang Bisa Kamu Coba!

Danain-tambah_penghasilan_dari_bisnis_sederhana-gambar wirausaha

Sederet bisnis kecil-kecilan yang menguntungkan

Sudah kerja mati-matian, tapi gaji yang diterima masih juga tak cukup untuk memenuhi kebutuhan bulanan? Jika ya, ada dua hal yang mungkin jadi penyebabnya!

Pertama, gaya hidup kamu yang terlalu tinggi, atau yang kedua, gaji kamu memang tidak memadai untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Jika biang keroknya adalah yang pertama, sudah saatnya kamu menyesuaikan gaya hidup dengan kondisi finansial yang sesungguhnya. Namun, jika ternyata masalahnya ada di poin yang kedua, itu berarti kamu sudah harus mencari cara lain untuk menambah penghasilan.

Dalam hal ini, kamu bisa mencari pekerjaan lain di luar pekerjaan utama. Tapi, jika hal itu dirasa sulit untuk dilakukan, kamu bisa merintis bisnis kecil-kecilan yang notabene tak terlalu menyita waktu dan tenaga.

Berikut sederet bisnis yang bisa kamu jalankan untuk meningkatkan penghasilan:

Bisnis makanan sehat

Bisnis makanan tak ada matinya, sebab selalu dibutuhkan oleh manusia. Nah, berhubung saat ini masih dalam masa pandemi covid-19, tak ada salahnya untuk menjalankan bisnis kecil-kecilan makanan sehat, seperti ikan, buah-buahan, atau sayur mayur. Kamu bisa menjualnya secara online atau konvensional. Menurut sejumlah pihak, bisnis ini cukup menjanjikan, sebab sudah makin banyak orang yang mulai peduli dengan kesehatannya.

Baca juga: Berbisnis Tanpa Modal, Memang Bisa? Ini Kuncinya!

Jual jus buah

Jika di rumahmu ada blender, manfaatkanlah perangkat tersebut untuk menjual jus buah. Perlu kamu tahu, usaha jenis ini tergolong laris di pasaran. Kamu bisa mulai dengan menjual beberapa jenis jus buah yang banyak diminati, seperti jeruk, alpukat, atau mangga.

Jual pulsa elektrik

Bisnis kecil-kecilan yang menguntungkan dan tidak menyita waktu berikutnya adalah menjual pulsa atau paket internet secara elektrik. Di era serba digital seperti sekarang, ponsel jadi semacam kebutuhan pokok bagi manusia. Karena itu, tak heran jika kebutuhan akan pulsa atau internet kian meningkat seiring berjalannya waktu.

Bisnis minuman herbal

Seperti yang kita tahu, orang Indonesia gemar sekali mengonsumsi minuman herbal, seperti kunyit, jahe, atau serai, untuk menyehatkan badan. Kamu juga bisa manfaatkan kondisi ini untuk mendulang keuntungan. Kamu bisa menjual minuman dalam bentuk jamu dengan kemasan yang menarik. Sebagai langkah awal, kamu bisa memasarkannya via media sosial atau lingkungan sekitar.

Baca juga: Pandemi Covid-19 adalah Waktu Terbaik untuk Memulai Bisnis, ini Alasannya!

Jual camilan

Untuk menambah penghasilan, kamu juga bisa menjual camilan, seperti makaroni pedas, mie lidi, dan lain sebagainya. Atau jika kamu hobi memasak, tak ada salahnya untuk menjual berbagai jenis gorengan yang disukai banyak orang. Oh ya, untuk meminimalisir kerugian di tahap awal, kamu bisa terapkan sistem pre-order kepada konsumen.

Bisnis kaos

Apakah kamu suka desain, bikin kata-kata kreatif, atau punya ketertarikan di bidang fashion? Jika ya, kamu bisa jalankan bisnis kecil-kecilan dengan menjual kaos sistem pre-order! Perlu diketahui, bisnis di bidang ini cukup menjanjikan, sebab laba yang diberikan cukup besar.

Ya, itulah sederet bisnis kecil-kecilan yang bisa kamu jalankan untuk menambah penghasilan. Adapun jika ingin sukses di dunia bisnis, kamu harus mengantongi beberapa poin penting, seperti berani ambil risiko, siap untuk berkorban, jeli dalam memanfaatkan dunia maya, wajib pelajari strategi promosi, harus melatih kemampuan komunikasi, perluas networking, dan selalu berpikir positif.

Baca juga: Simak Baik-baik, ini 7 Tanda jika Anda Belum Siap untuk Memulai Bisnis!

Sementara itu, kamu juga disarankan untuk menjalankan usaha yang benar-benar diminati dan dimengerti. Dengan begitu, kamu akan selalu termotivasi untuk maju dan tidak mudah menyerah ketika menjalaninya.

Leave a Reply