Blog

Berbisnis Tanpa Modal, Memang Bisa? Ini Kuncinya!

Danain-bisnis_modal_sedikit-foto pebisnis muda

Modal kerap jadi hambatan saat seseorang ingin memulai sebuah bisnis. Tak jarang, banyak orang yang akhirnya mundur dan tak jadi memulai bisnis karena faktor tersebut.

Apakah kamu termasuk salah satunya? Jika ya, cobalah untuk mulai mengubah mindset tersebut sesegera mungkin! Pasalnya, masih ada jenis bisnis yang bisa kamu jalankan tanpa modal sepeser pun.

Caranya?

Kamu bisa mulai dengan menjual barang-barang pribadi yang sudah tak terpakai lagi (namun masih layak) secara online. Selain bisa jadi pemasukan, langkah tersebut juga bisa mengurangi penumpukan barang yang sudah tak terpakai lagi di dalam rumah.

Selain itu, kamu juga bisa jadi dropshipper yang notabene hanya bertugas memasarkan produk melalui media online yang kamu miliki. Dalam hal ini, kamu tak perlu mengeluarkan modal atau menyediakan stok barang layaknya seorang supplier.

Baca juga: Catat, Sederet Bisnis ini Diklaim Menjanjikan di Tahun 2021!

Untuk jadi dropshipper, kamu terlebih dulu harus memilih supplier atau pemilik barang sebagai partner bisnis. Jika mereka setuju bekerjasama, kamu baru bisa mengunggah foto-foto produk mereka di akun media sosial, tentu saja dengan harga yang lebih tinggi dari yang dibandrol si pemilik.

Jika ada yang memesan dan melakukan pembayaran, kamu tinggal menghubungi supplier dan menyetorkan uang dengan nominal harga yang telah disepakati di awal. Setelahnya, supplier akan mengirimkan barang kepada pembeli atas nama kamu selaku dropshipper.

Perencana keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho mengungkapkan, menjadi dropshipper adalah pilihan tepat bagi masyarakat yang ingin berbisnis tanpa modal. “Kalau mau menekan modal awal, ada tidak produsen yang memberikan fasilitas atau untuk penjualan reseller. Apalagi kalau boleh sistem dropshipper, itu sangat menekan modal, hanya modal kuota internet untuk pasarkan barang tersebut,” ujarnya, sebagaimana dilansir CNN Indonesia.

Untuk produknya sendiri, Andy menyarankan untuk menjual produk yang memang diminati oleh masyarakat dalam kondisi pandemi seperti saat ini. Ia mencontohkan produk makanan beku (frozen food), masker wajah, hingga perlengkapan hobi bertanam yang sejatinya memang sering dicari masyarakat ketika melaksanakan aktivitas bekerja dari rumah alias work from home.

Baca juga: Pandemi Covid-19 adalah Waktu Terbaik untuk Memulai Bisnis, ini Alasannya!

Senada dengan Andy, perencana keuangan dari Finansia Consulting Eko Endarto juga menyatakan bahwa peluang bisnis paling menjanjikan di tengah pandemi ini adalah bisnis makanan. Sebab, menurutnya, makanan adalah kebutuhan pokok bagi semua orang.

“Kalau bicara bisnis yang tidak akan kena pengaruh krisis yaitu makanan, karena orang butuh makan,” ujarnya.

Bagi kamu yang ingin menjalankan bisnis di sektor makanan, Eko menyarankan untuk menerapkan sistem Pre-order (PO). Jadi, kamu sebagai penjual hanya menyediakan sejumlah makanan yang memang telah dipesan oleh konsumen. Menariknya skema ini, pembayaran akan kamu terima di awal, sehingga bisa kamu jadikan modal untuk berbelanja bahan makanan.

Tips agar sukses berbisnis

Agar bisnis yang dijalankan bisa sukses, setiap individu harus memegang prinsip utama yang disebut dengan CIEL (creativity, innovation, entrepreneurship, dan leadership). Demikian kata pakar marketing Hermawan Kartajaya, seperti dikutip dari Detik.com.

Baca juga: Nasihat Terbaik Jeff Bezos bagi Kamu yang ingin Mulai Bisnis, Simak Baik-baik!

Dijelaskannya, setiap pebisnis (apapun jenis usahanya) wajib memiliki keempat sifat tersebut. Kreativitas harus ada untuk mendukung produktivitas, begitu pun inovasi juga harus ada untuk mendukung kreativitas. Adapun jiwa entrepreneurship dan leadership juga diperlukan agar kamu bisa memanfaatkan kesempatan dari setiap perubahan yang terjadi di masyarakat.

Ya, itulah kunci sukses berbisnis tanpa modal. Siap menerapkannya?

Leave a Reply