Nama Ray Dalio tidak asing di telinga para investor sukses di berbagai penjuru dunia. Pria berkebangsaan Amerika Serikat tersebut merupakan pendiri sekaligus pemilik perusahaan hedge fund terbesar di dunia, Bridgewater Associates, yang diketahui mengelola aset sebesar ratusan miliar dolar AS.

Dalio masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia versi Majalah Forbes. Selain itu, ia juga pernah muncul dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia lansiran Majalah Time.

Sebagai seorang miliarder, Dalio tentu paham betul bagaimana cara meraih keberhasilan. Ia pun tak sungkan membagikan kisah hidupnya, termasuk tips cerdas untuk menuju kesuksesan pada masyarakat luas.

Menurut Dalio, setidaknya ada 3 kemampuan yang harus dimiliki seseorang untuk bisa sukses di masa depan. Apa saja? Berikut ulasan lengkapnya!

Berpikiran terbuka

Dalio mengatakan, orang yang berpikiran terbuka punya peluang lebih besar untuk meraih kesuksesan ketimbang yang tidak. Menurutnya, kesuksesan yang ia dapatkan dalam hidup lebih disebabkan karena menghadapi ketidaktahuan, ketimbang pada apa yang ia ketahui.

“Jika Anda memahami maksud dari pikiran terbuka itu dan mau belajar ilmu tersebut dari orang lain, maka hal itu akan sangat bermanfaat bagi kehidupan,” ujarnya sebagaimana dilansir CNBC.

Dalio menyarankan, untuk belajar menjadi pribadi yang berpikiran terbuka, cobalah untuk sering berbincang dengan orang lain yang memiliki pendapat berbeda. Langkah tersebut dipercaya mampu memberikan inspirasi, bahkan bisa mengungkap sisi lain yang mungkin belum pernah ditemui selama ini.

“Untuk menguji cara Anda beropini, temuilah orang-orang pintar yang tidak setuju dengan pola pikir Anda. Jika mereka tak setuju, perbincangan akan semakin menarik dan tentunya akan mencerahkan. Itu merupakan cara cerdas untuk mendapatkan pendidikan,” pungkas Dalio.

Baca juga: 10 Wejangan dari Orang-orang Sukses ini Bikin Semangat untuk Investasi, Simak Baik-baik!

Berteman dengan teknologi

Di era yang serba digital seperti saat ini, berteman dengan teknologi adalah suatu hal yang wajib untuk dilakukan. Dalio pun menyarankan demikian. Diungkapkannya, teknologi dapat membantu seseorang untuk membangun ide dan menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Dalio mengklaim bahwa dirinya memanfaatkan teknologi di Bridgewater.

“Menggunakan komputer untuk mengambil keputusan dan melakukan kerjasama adalah hal yang fantastis.  Algoritma sanggup memroses lebih banyak informasi ketimbang saya melakukannya secara manual,” terangnya.

Berpikir global

Jika ingin sukses di masa depan, seseorang juga harus punya pola pikir secara global. Dalio menuturkan, penting bagi setiap orang untuk mengetahui hal apa saja yang tengah terjadi di negara lain.

Kata dia,”Berusahalah untuk selalu berpikir global. Kenapa? Sebab banyak hal luar biasa yang terjadi di negara luar, yang dapat memberikan motivasi atau inspirasi untuk menuju kesuksesan.”

Ya, itulah 3 kemampuan yang harus dimiliki orang jika ingin sukses di masa depan. Tentunya setelah ditunjang dengan investasi. Sementara itu, dalam bukunya, Dalio juga berpesan agar setiap orang yang berinvestasi agar memahami realitas dan bertindak atas dasar apa yang sedang terjadi, bukan pada apa yang dipikirkan atau diharapkan.

Bicara investasi, ada fakta menarik yang perlu Anda tahu. Saat ini, sudah ada instrumen investasi yang aman, mudah, sekaligus menguntungkan. Adalah Peer to Peer (P2P) Lending, layanan keuangan yang mempertemukan pendana dan peminjam dalam platform berbasis teknologi. Apakah investasi ini bisa bikin kaya raya? Cek di sini: Jadi Kaya Raya melalui P2P Lending, Memang Bisa? Cek Jawabannya di Sini!