Investasi merupakan salah satu cara ampuh untuk meraih kebebasan finansial. Meski demikian, masih banyak saja orang di dunia ini yang enggan untuk berinvestasi, sekalipun sudah banyak contoh orang yang sukses berkat menjalankan aktivitas tersebut.

Setidaknya, ada beberapa faktor yang menyebabkan orang malas untuk berinvestasi. Di antaranya sebut saja karena menganggap investasi butuh modal besar, berisiko tinggi, sulit, hingga hanya cocok untuk kaum intelektual saja. Selengkapnya, baca: Hati-hati, 5 Mitos ini Bikin Anda Enggan untuk Investasi, Jangan Percaya!

Perlu dipahami, investasi sebenarnya tak seseram dan sesulit apa yang dibayangkan. Sebaliknya, investasi justru bisa jadi kendaraan Anda untuk menuju kemerdekaan finansial. Karena itu, jangan pernah ragu untuk berinvestasi selagi masih muda, sebab ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukannya.

Bagi Anda yang masih ragu untuk berinvestasi, simaklah baik-baik sederet kutipan yang disampaikan oleh orang-orang sukses di berbagai penjuru dunia ini. Pesan-pesan tersebut diyakini bisa memacu semangat Anda untuk segera berinvestasi.

Berikut 10 wejangan yang sangat menginspirasi tentang investasi:

“If you don’t find a way to make money while you sleep, you will work until you die.”

Jika kamu tak menemukan cara untuk menghasilkan uang saat tertidur, kamu akan terus bekerja keras sampai mati – Warren Buffett.

“Never depend on single income, make investment to create a second source.”

Jangan pernah bergantung pada satu penghasilan, berinvestasilah untuk menghasilkan sumber kedua – Warren Buffett.

“Successful Investing takes time, discipline and patience. No matter how great the talent or effort, some things just take time: You can’t produce a baby in one month by getting nine women pregnant.”

Keberhasilan investasi membutuhkan waktu, kedisiplinan, dan kesabaran. Tak peduli betapa hebat kemampuan atau usahamu, ada hal yang memang butuh waktu untuk menunjukkan hasil. Kamu tak bisa mendapatkan bayi dalam waktu sebulan, meski kamu menghamili sembilan perempuan sekaligus – Warren Buffett.

Baca juga: Simpel dan Menguntungkan, Cara Investasi Emas Satu ini Sangat Inovatif, Patut Dicoba!

“To obtain financial freedom, one must be either a business owner, an investor, or both, generating passive income, particularly on a monthly basis.”

Untuk bisa mencapai kebebasan finansial, seseorang harus jadi pengusaha, investor, atau keduanya, sehingga bisa mendapatkan pendapatan pasif setiap bulan – Robert Kiyosaki.

“The philosophy of the rich and the poor is this: the rich invest their money and spend what is left. The poor spend their money and invest what is left.”

Filosofi hidup orang kaya dan orang miskin: orang kaya menginvestasikan sebagian besar uang mereka dan membelanjakan sisanya, sementara orang miskin membelanjakan nyaris semua uangnya dan menginvestasikan sisanya – Robert Kiyosaki.

“Berinvestasi sebaiknya dilakukan sedini mungkin, sebab dapat memberikan keuntungan yang berlipat dalam jangka panjang.”  – Ellen May.

“When you invest, you’re buying a day that you don’t have to work.”

Ketika kamu berinvestasi, kamu sama saja sedang membayar suatu hari di mana kamu tak perlu lagi bekerja – Aya Laraya.

“Anyone who is not investing now is missing a tremendous opportunity.”

Siapapun yang tak berinvestasi sekarang, maka ia akan kehilangan kesempatan yang luar biasa – Carlos Slim

“If you are not willing to risk the unusual, you will have to settle for the ordinary.”

Jika kamu tidak mau mengambil risiko, kamu akan menerima hasil yang biasa-biasa saja – Jim Rohn

“Wise spending is part of wise investing. And it’s never too late to start.”

Pengeluaran yang bijak adalah bagian dari investasi yang bijak. Tak ada kata terlambat untuk memulainya – Rhonda Katz

Ya, itulah 10 petuah terkait investasi yang dilontarkan oleh beberapa orang sukses di dunia. Setelah membacanya, apakah Anda tergerak untuk mulai berinvestasi? Jika ya, penting bagi Anda untuk melakukan analisis terlebih dulu tentang instrumen investasi yang akan dipilih.

Jika Anda ingin berinvestasi dengan aman, mudah, sekaligus menguntungkan, menjatuhkan pilihan pada sektor Peer to Peer (P2P) Lending bisa jadi pilihan tepat. Selengkapnya, baca: Kenapa Saat Ini Banyak Orang Menjadikan P2P Lending sebagai Pilihan Investasi?