Kata investasi tentulah tidak asing di telinga kita. Istilah tersebut kerap muncul di berbagai kesempatan, terutama ketika membahas tentang masalah ekonomi atau perencanaan keuangan.

Lantas, apa sih arti investasi yang sebenarnya?

Secara garis besar, investasi memiliki arti penanaman aset atau sejumlah dana oleh perusahaan atau perorangan dalam jangka waktu tertentu, demi memperoleh keuntungan di kemudian hari. Atau dengan kata lain, investasi adalah sebuah cara untuk mengembangkan uang atau harta yang dimiliki saat ini.

Investasi sudah sejak lama dianggap sebagai salah satu cara yang ampuh untuk melawan laju inflasi yang terus menerus menggerogoti nilai mata uang. Itu karena investasi memberikan imbal hasil yang jauh lebih besar daripada hanya sekadar menabung.

Instrumen investasi sendiri banyak macamnya. Ada investasi di bidang properti, emas, pasar modal, deposito, bahkan yang sedang marak saat ini adalah investasi secara online. Apapun itu, yang jelas investasi punya satu tujuan yang sama, yakni untuk memperoleh sebuah keuntungan di masa depan.

Baca juga: Investasi itu Banyak Macamnya, ini 7 Jenis Investasi Paling Populer di Indonesia!

Bicara investasi, sering juga kita mendengar sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa investasi harus dimulai sejak dini alias sejak masih muda. Kenapa demikian?

Berikut 5 alasan kenapa harus investasi sejak masih muda:

Punya waktu yang panjang

Usia muda adalah waktu terbaik untuk mulai berinvestasi. Pasalnya, mental dan jiwa kamu bisa dibilang lebih siap untuk menerima risiko yang akan timbul dari investasi. Kalau pun kamu gagal, kamu masih punya banyak waktu untuk belajar dan memperbaikinya. Kamu masih bisa mengganti instrumen investasi yang sekiranya lebih baik dan menguntungkan. Sebaliknya, jika kamu baru mulai investasi saat mendekati masa pensiun, waktu yang kamu punya pun otomatis akan lebih sedikit.

Menghindari perilaku boros

Usia muda identik dengan foya-foya (meski tidak semua). Ketika menerima uang atau gaji bulanan, mereka biasanya akan langsung menggunakan uang tersebut untuk membelanjakan banyak hal. Nah, untuk menghindari perilaku boros tersebut, tak ada salahnya jika kamu mengalokasikan uang yang ada untuk berinvestasi. Ketika kamu mulai investasi, kebiasaan menghambur-hamburkan uang akan mulai terkikis dan kamu pun akan semakin lihai mengatur keuangan pribadi.

Di sisi lain, kamu mungkin berpikiran bahwa menyisihkan uang untuk investasi saat masih muda adalah hal yang sulit. Tapi, yang perlu kamu sadari, hal tersebut akan semakin sulit jika dilakukan 10 atau 15 tahun mendatang, di mana pengeluaran kamu akan semakin banyak dan besar. Karena itu, lebih baik berhemat dan berinvestasi dari sekarang, daripada di masa tua nanti harus berusaha keras untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Potensi keuntungan semakin besar

Semakin dini kamu memulai investasi, maka semakin besar pula potensi kamu untuk meraih keuntungan. Seiring berjalannya waktu, nilai mata uang akan terus bertambah lebih dari yang kamu pikirkan saat ini. Dengan investasi sejak masih muda, kamu pun akan mendapat imbal hasil yang lebih besar di kemudian hari. Terlebih jika kamu jeli dalam memanfaatkan compounding effect. Apa itu compounding effect? Baca: Compounding Effect, ‘Keajaiban Dunia Kedelapan’ yang bisa Bikin Orang jadi Kaya Raya!

Persiapkan hari tua yang cerah

Semua orang pasti mengalami yang namanya hari tua. Saat usia sudah tak produktif lagi, penghasilan pun otomatis akan berkurang, bahkan mungkin tidak ada lagi. Untuk mengatasi hal tersebut, investasi sejak masih muda merupakan langkah terbaik.

Investasi adalah jalan yang tepat untuk mempersiapkan dana pensiun. Semakin dini kamu mempersiapkan anggaran untuk hari tua, maka semakin banyak juga dana yang akan terkumpul di kemudian hari. Dengan begitu, kamu pun bisa menikmati masa tua dengan bahagia tanpa merepotkan anak atau cucu.

Raih kebebasan finansial

Investasi sejak masih muda juga akan meningkatkan peluang kamu untuk meraih kebebasan finansial secara lebih cepat. Kebebasan finansial merupakan kondisi di mana uang akan bekerja untuk kamu. Dalam kondisi tersebut, kamu tak perlu lagi pusing memikirkan cara mendapatkan uang. Dengan meraih kebebasan finansial lebih cepat, kamu pun bisa memutuskan untuk pensiun dini dari pekerjaan.

Ya, itulah beberapa alasan kenapa kamu harus berinvestasi sejak dini. Bagi kamu yang saat ini masih bingung menentukan instrumen investasi apa yang cocok untuk dijalankan, tak ada salahnya untuk mencoba investasi di sektor Peer to Peer (P2P) Lending yang saat ini tengah populer.

Dari sekian banyak penyelenggara P2P Lending yang berseliweran di dunia maya, kamu bisa jatuhkan pilihan untuk mengembangkan dana di platform Danain yang notabene mudah, aman, sekaligus menguntungkan. Lebih lengkapnya, baca ini: Catat, Ini Segudang Keuntungan Nabung di Danain Ketimbang di P2P Lending Lain!