Blog

Kerap Dianggap Sama, ini Perbedaan Preloved dan Thrift!

danain-Perbedaan preloved dan thrift-gambar baju bekas

Perbedaan preloved dan thrift

Banyak orang beranggapan bahwa preloved dan thrift adalah hal yang sama. Padahal, keduanya punya makna yang berbeda satu sama lain. Berikut perbedaan preloved dan thrift yang perlu diketahui!

Tren membeli baju bekas sudah terjadi sejak lama. Jika dulu orang membeli baju bekas karena tidak mampu membeli baju baru, saat ini, aktivitas membeli baju bekas justru menjadi sebuah gerakan, bahkan gaya hidup.

Belakangan ini, fenomena membeli baju bekas dikenal dengan sebutan preloved dan thrift. Meski sama-sama bekas, namun keduanya punya makna yang berbeda satu sama lain.

Lantas, apa perbedaan preloved dan thrift? Berikut ulasan lengkapnya, seperti dikutip dari berbagai sumber!

PENGERTIAN PRELOVED

Preloved adalah barang koleksi pribadi yang dijual kembali dengan kondisi baru dan sangat layak pakai. Biasanya, barang preloved dijual karena si pemilik tak lagi menginginkannya.

Baca juga: Jadi Sosok Inspiratif, ini 12 Sumber Kekayaan Tom Liwafa yang Perlu Kamu Tahu!

Barang-barang preloved umumnya merupakan produk bermerek yang berasal dari berbagai lini fashion. Terkait harga, barang preloved bisa dijual lebih murah atau malah lebih tinggi, tergantung seberapa unik dan terbatas barang tersebut.

PENGERTIAN THRIFT

Di Indonesia, beberapa orang menganggap bahwa thrift adalah barang branded bekas yang dijual dalam kondisi layak pakai. Padahal, di luar negeri, konsep thrift store adalah menjual barang bekas yang sudah didonasikan orang untuk kegiatan amal. Dengan kata lain, thrift merupakan barang donasi atau sampah yang berasal dari negara maju.

Kenapa dibilang sampah?

Untuk diketahui, masyarakat yang tinggal di negara maju akan membeli barang baru, meski barang lama yang dimiliki masih dalam kondisi bagus. Nah, barang-barang lama tersebut akan mereka buang atau disumbangkan.

Dalam konteks ini, penerima atau yang mengumpulkan barang donasi akan menjualnya kembali jika barang yang dimiliki telah menumpuk atau sulit didistribusikan. Tentu saja dengan harga yang jauh lebih murah.

Baca juga: Sukses di Usia Muda, ini Total Kekayaan Kylie Jenner yang Fantastis!

Yang jadi pertanyaan, kenapa barang-barang thrift bisa dijual dengan harga yang lebih mahal?

Perlu dipahami, barang-barang thrift tak hanya didistribusikan atau dijual ke negara tempat asalnya, melainkan ke negara lain di berbagai belahan dunia. Alhasil, biaya pengirimannya jadi lebih tinggi. Apalagi jika barang yang dijual adalah merek ternama, sudah pasti harganya akan jauh lebih mahal.

PERBEDAAN PRELOVED DAN THRIFT

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara preloved dan thrift secara garis besar, antara lain:

  1. Thrift adalah barang bekas dari luar negeri yang masuk dengan bal besar, kemudian dijual lagi secara eceran atau grosiran. Sementara preloved adalah aktivitas menjual barang pemakaian pribadi, bisa dari brand luar atau lokal.
  2. Karena barang thrift bersifat donasi, desain yang dimiliki biasanya vintage. Sebaliknya, barang preloved cenderung lebih baru dan masih relate dengan kondisi terkini.
  3. Kondisi barang thrift belum tentu baik, biasanya terdapat noda. Adapun barang preloved umumnya masih dalam kondisi baru dan sangat layak pakai. Harganya pun lebih murah.

TIPS MEMBELI BARANG PRELOVED DAN THRIFT

Jika ingin membeli barang preloved atau thrift, ada beberapa tips yang bisa jadi panduan, di antaranya:

Perhatikan warna

Sebelum membeli barang preloved atau thrift, perhatikanlah warna barang dengan teliti. Jika warnanya masih cerah, tidak luntur, dan tidak kusam, maka barang tersebut layak untuk dibawa pulang.

Cek noda

Jika ada noda, pastikan noda tersebut bisa hilang dengan pembersih pakaian. Kalau dirasa tidak bisa, sebaiknya urungkan niat untuk membeli.

Perhatikan jahitan

Cek kondisi jahitan, apakah ada yang lepas atau tidak. Selain itu, perhatikan pula bagian lainnya, seperti karet di leher atau lengan. Jika sudah melar, sebaiknya jangan dibeli.

Baca juga: Tips Mencicil Perlengkapan Bayi Agar Tetap Hemat

Kebersihan

Beberapa penjual ada yang mengirimkan baju dalam keadaan belum dicuci. Maka dari itu, penting juga untuk mengecek kebersihan baju sebelum dibeli.

Harga

Jangan sungkan untuk menawar harga jika dirasa terlalu mahal. Terutama jika ada bagian baju yang ternyata sudah cacat.

Ya, itulah perbedaan preloved dan thrift yang perlu kamu tahu. Tertarik jadi pelaku dari kegiatan tersebut?

Leave a Reply