Blog

Tips Mencicil Perlengkapan Bayi Agar Tetap Hemat

danain-Tips mencicil perlengkapan bayi-gambar pernak pernik bayi

Tips mencicil perlengkapan bayi

Sudah tak sabar menunggu kehadiran si buah hati? Berikut tips mencicil perlengkapan bayi yang wajib kamu siapkan jauh-jauh hari!

Momen menunggu kelahiran buah hati adalah hal yang menegangkan bagi semua calon orang tua. Tak jarang, mereka yang akan segera dianugerahi momongan ini mulai menyiapkan berbagai macam keperluan bayi dari jauh-jauh hari sebelum persalinan dimulai.

Nah, buat kamu yang akan resmi menjadi orang tua dalam waktu dekat, pada artikel berikut, kami akan memberikan tips mencicil perlengkapan bayi yang wajib kamu siapkan. Apa saja itu?

Tips Mencicil Perlengkapan Bayi

1. Buat daftar kebutuhan

Sebagai calon orang tua yang baik, kamu harus tahu apa saja yang dibutuhkan seorang bayi saat ia sudah terlahir ke dunia. Mulai dari kaos kaki atau sepatu bayi, pakaian, selimut, tempat tidur, peralatan mandi, stroller, dan lain sebagainya.

Baca juga: Wajib Catat, ini Daftar Perlengkapan Bayi yang Harus Dibeli Sebelum Melahirkan!

Membuat daftar kebutuhan ini akan memudahkanmu dalam mencari tahu apa saja barang yang harus dibeli dan belum dimiliki. Mengingat biasanya orang hamil juga akan mendapatkan banyak hadiah dari rekan kerja, kerabat, tetangga, atau yang lain.

Nah, jika kamu sudah mendapatkan hadiah semacam ini jauh-jauh hari, maka kamu tidak perlu membeli lagi produk dengan fungsi yang sama. Terlebih jika hadiah itu dirasa sudah cukup.

Akan lebih baik jika kamu mengalokasikan uangnya untuk memenuhi atau membeli keperluan lain yang belum ada.

2. Sesuaikan dengan jenis kelamin bayi

Jika kamu dan pasangan sudah melakukan USG untuk mengetahui jenis kelamin janin dalam kandungan, maka mencicil perlengkapan bayi ini akan lebih mudah untuk dilakukan.

Kamu hanya perlu menyesuaikan jenis kelamin bayinya dan membeli barang yang memang dibutuhkan untuk calon bayimu tersebut.

Misalnya, jika calon bayi berjenis kelamin laki-laki, kamu bisa membelikannya perlengkapan dengan warna yang maskulin. Pun sebaliknya, jika bayinya berjenis kelamin perempuan, kamu bisa menyiapkan berbagai perlengkapan dengan warna yang lebih lembut dan feminin.

Baca juga: Frugal Living, Gaya Hidup Hemat ala Tokoh Besar di Dunia!

3. Prioritaskan barang yang lebih penting

Sebagian orang tua, saking antusiasnya sampai membeli banyak barang yang bahkan kurang diperlukan. Nah, untuk menekan pengeluaranmu dalam mencicil perlengkapan bayi ini, bisa dengan memprioritaskan barang yang lebih penting terlebih dahulu.

Barang yang dibutuhkan untuk bayi baru lahir biasanya meliputi pakaian, pampers atau popok, selimut, kasur bayi, handuk, alat mandi, kain bedong, dan lain sebagainya.

Peralatan lain seperti stroller, mainan, hiasan kamar bayi, dan sejenisnya bisa dinomorduakan karena sifatnya yang tidak terlalu urgent.

4. Beli pakaian dengan 1 nomor di atas size bayinya

Bayi yang baru lahir biasanya lebih cepat berkembang. Tak jarang pakaian yang dibelikan saat ini mungkin sudah akan kekecilan setelah 1 sampai 3 bulan.

Maka dari itu, tips mencicil perlengkapan bayi yang berikutnya bisa kamu lakukan dengan membeli pakaian 1 nomor lebih besar dari size yang direkomendasikan. Dengan begitu, kamu bisa lebih menekan pengeluaran untuk membeli perlengkapan bayi ke depannya.

5. Manfaatkan diskon yang ada

Tips mencicil perlengkapan bayi yang terakhir adalah dengan memanfaatkan diskon yang ada. Kamu bisa membeli berbagai macam perlengkapan bayi tersebut melalui situs e-commerce yang tersedia untuk mendapatkan promo berupa diskon atau cashback yang lumayan untuk meringankan beban pengeluaran.

Baca juga: Sering jadi Pertanyaan, Apa Perbedaan Sikap Pelit dengan Hemat?

Nah, itulah artikel mengenai tips mencicil perlengkapan bayi agar tetap hemat dan perlu kamu siapkan dari jauh-jauh hari. Semoga informasi ini dapat membantu kamu dalam menekan pengeluaran dan biaya ketika sang buah hati akan lahir.

Leave a Reply