Blog

Jangan Salah Kaprah, ini Perbedaan CV dan Portofolio dalam Dunia Kerja!

danain-perbedaan CV dan portofolio-gambar ilustrasi CV

Perbedaan CV dan portofolio

Curriculum Vitae (CV) dan portofolio merupakan dua dokumen penting yang sangat dibutuhkan ketika melamar kerja. Yang jadi pertanyaan, apa perbedaan CV dan portofolio?

Sebelum masuknya era digital, sebagian besar perusahaan umumnya hanya mensyaratkan CV bagi para pelamar kerja. Namun belakangan, ada syarat tambahan yang diberlakukan saat proses perekrutan karyawan, yakni portofolio.

Terkait hal itu, fakta di lapangan menyebutkan bahwa masih banyak pelamar kerja yang kerap bingung dengan perbedaan antara kedua dokumen tersebut. Terlebih para fresh graduate alias lulusan baru yang hendak melamar kerja.

Lantas, apa sih perbedaan CV dan portofolio? Berikut ulasan lengkapnya, seperti dikutip dari berbagai sumber!

PENGERTIAN CV

CV adalah dokumen yang berisikan data diri pelamar kerja. Biasanya terdiri dari nama lengkap, tempat tanggal lahir, riwayat pendidikan, pengalaman kerja atau organisasi, hingga keahlian yang dimiliki. Terkadang, CV tak hanya berguna untuk melamar kerja, namun juga bisa digunakan sebagai biodata saat jadi pembicara.

Baca juga: Jangan Asal Pilih, ini Cara Merekrut Karyawan yang Berkualitas untuk Perusahaan!

Penulisan CV wajib menggunakan bahasa yang ringkas dan baku. Selain itu, CV juga harus mencakup informasi yang jujur, sehingga bisa dipertanggungjawabkan selama proses rekrutmen berlangsung.

PENGERTIAN PORTOFOLIO

Portofolio merupakan kumpulan hasil karya atau pencapaian yang telah diraih oleh seseorang. Karya tersebut bisa berupa hasil kerja individu, kelompok, atau perusahaan.

Bentuk portofolio sangat beragam, bisa foto, video, desain, catatan prestasi, penghargaan, dan lain sebagainya. Contoh, jika seseorang pernah bekerja sebagai desainer grafis, maka isi portofolionya adalah karya desain grafis yang pernah ia hasilkan.

Dalam hal ini, portofolio harus disusun dengan rapi dan tak boleh sembarangan. Pasalnya, portofolio punya pengaruh yang besar dalam mempromosikan diri, baik saat melamar kerja atau saat menawarkan jasa.

PERBEDAAN CV DAN PORTOFOLIO

Sebagai dokumen penting saat melamar kerja, CV dan portofolio punya perbedaan yang sangat mendasar, di antaranya:

Tujuan

Perbedaan CV dan portofolio yang pertama terletak dari tujuannya.

Untuk diketahui, tujuan utama pembuatan CV adalah untuk menjelaskan atau mendeskripsikan data diri secara singkat. Tujuan lainnya ialah untuk membangun citra positif pelamar terhadap pihak perekrut. Sementara itu, tujuan dibuatnya portofolio adalah untuk menunjukkan kepada perekrut mengenai kinerja atau hasil karya yang telah dibuat.

Baca juga: Mengenal Pajak Fasilitas Karyawan dan Objeknya

Informasi yang ditampilkan

Perbedaan kedua terletak pada informasi yang ditampilkan. Perlu dipahami, CV berisikan data pribadi dengan sejumlah keterangan, seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, keahlian, riwayat pendidikan, hingga pengalaman kerja. Sedangkan portofolio berisi berbagai karya atau pencapaian yang telah diraih, baik yang dilakukan secara individu atau kelompok.

Tata letak

Pada umumnya, CV menggunakan ukuran A4 dengan desain yang simpel dan menarik. Sementara portofolio tak punya tata letak yang pakem, sehingga pembuatannya disesuaikan dengan keinginan masing-masing. Malahan, makin ke sini, portofolio bisa dibuat dengan beragam bentuk, mulai dari video, foto, situs, desain, dan lain sebagainya.

Bersifat umum dan khusus

Perbedaan terakhir, CV bersifat umum sedangkan portofolio bersifat khusus. Maksudnya, data yang ditulis di CV tak perlu diubah-ubah, sebab bersifat umum. Adapun portofolio memuat data yang khusus, di mana jika ada perubahaan dalam pekerjaan, maka data portofolio perlu diubah dan disesuaikan.

Baca juga: Perhatikan Baik-baik, ini Cara Menghitung Gaji Karyawan Berdasarkan Omset!

Demikian ulasan singkat mengenai perbedaan CV dan portofolio. Semoga tidak salah kaprah lagi, ya!

Leave a Reply