Richard Branson adalah miliarder kenamaan asal Inggris yang saat ini berusia 68 tahun. Ia merupakan pemilik Virgin Group yang membawahi banyak perusahaan besar di berbagai bidang, seperti penerbangan, travel, telekomunikasi, perusahaan rekaman, dan masih banyak lagi.

Sebagai orang sukses, Branson diketahui punya kepribadian yang unik dan menyenangkan. Ia tak segan melakukan sejumlah aktivitas yang menurut sebagian orang tak lazim untuk dilakukan, terlebih oleh seorang miliarder sepertinya.

Berikut 10 fakta menarik tentang Richard Branson yang perlu Anda ketahui:

Usahanya berawal dari toko kaset

Tahukah Anda jika cikal bakal Virgin Group adalah sebuah toko kaset pada era 1970-an? Nama Virgin sengaja dipilih Branson karena ia mengawali dunia bisnis tidak dengan latar belakang akademis alias masih ‘perawan’.

Virgin berangsur membesar ketika tak lagi sekadar toko kaset, melainkan menjadi perusahaan rekaman. Saat itu, Branson menilai dunia musik di Inggris tengah berkembang. Grup punk Sex Pistols jadi salah satu band yang bergabung kala itu.

Sosok nekat

Branson dikenal karena sosoknya yang nekat. Ia kerap melakukan aksi yang tergolong ekstrem. Menurut kabar, Branson pernah diselamatkan dari kapal motornya Virgin Challenger yang terombang-ambing di lautan pada 1985 silam. Tak kapok, ia kembali menjelajah Samudra Atlantik dengan Virgin Challenger 2 setahun berikutnya.

Sebrangi Atlantik dengan balon udara

Pada 1987, Branson pernah menyebrangi Samudra Atlantik menggunakan balon udara. Ia merupakan orang pertama yang melakukan hal itu. Sedangkan pada 1991, ia kembali membuat heboh publik dengan aksinya menyebrangi Pasifik menggunakan alat serupa.

Tak punya kantor pusat dan tak bisa pakai komputer

Kabar yang beredar menyebutkan, Branson adalah salah satu CEO yang tidak memiliki kantor pusat. Ia diklaim lebih suka mengendalikan usahanya dari rumah. Selain itu, Branson juga diketahui tidak bisa mengoperasikan perangkat komputer.

Masih gunakan buku harian sebagai catatan

Meski sekarang era digital, Branson rupanya tak terlalu terpengaruh dengan hal itu. Ia diketahui masih menggunakan buku harian untuk menulis beberapa hal, termasuk mencatat janji dengan klien. Ia juga terbiasa menulis gagasan secara acak-acakan di sebuah kertas.

Baca juga: Jadi Orang Terkaya Sejagat Raya, ini 10 Fakta tentang Jeff Bezos yang Jarang Diketahui!

Akrab dengan sejumlah pesohor

Branson aktif di kelompok filantropis bersama sejumlah pemimpin dunia. Ia merupakan anggota dari organisasi yang dibesut Nelson Mandela untuk perdamaian dan hak asasi manusia, The Elders. Tak hanya itu, Branson juga diketahui bersahabat dengan beberapa pesohor, seperti Mariah Carey, David Hasselhoff, dan Kate Winslet.

Virgin Atlantic lahir dari ketidaksengajaan

Ketika hendak terbang menemui kekasihnya di Kepulauan Virgin, penerbangan Branson ternyata dibatalkan. Tak habis akal, ia pun pergi ke belakang bandara dan menyewa sebuah pesawat. Ia memberikan kartu kredit dan berharap penerbangannya tak akan gagal lagi.

“Saat itu saya meminjam papan tulis dan menuliskan lelucon, ‘Virgin Airlines: satu arah 39 dolar AS ke Kepulauan Virgin. Saya menghampiri beberapa orang dan saat itulah pesawat saya terisi penumpang. Itu awal terciptanya Virgin Airlines,” ungkap Branson seperti dilansir Liputan6.com.

Tak takut badai

Branson tinggal di Pulau Necker, yang merupakan salah satu dari pulau di British Virgin Islands. Pulau tersebut beberapa kali diterpa badai Irma yang masuk kategori lima. Meski demikian, Branson menolak pindah dari kediamannya tersebut. Alih-alih mengungsi ketika badai datang, ia malah mempersiapkan segala sesuatunya dan tetap berdiam di sana. Demikian dilansir Tempo.co.

“Saya akan berada di Pulau Necker bersama tim seperti yang telah saya lakukan tiga kali sepanjang 30 tahun terakhir,” pungkasnya.

Pernah nasihati Elon Musk

Untuk menjaga agar perusahaan mobil listriknya tetap hidup, Elon Musk pernah mengaku bahwa ia bekerja selama berjam-jam. Dikutip dari CNBC, Branson pernah menasihatinya agar tidak bekerja terlalu keras. Di sisi lain, Branson juga sempat memperingatkan Musk tentang kebiasaannya bercuit di Twitter setiap jam 3 pagi. Kata dia,”Tweet jam 3 pagi bisa sangat berbahaya.”

Berencana piknik ke luar angkasa

Tahun ini merupakan tahun ke-50 peringatan keberhasilan misi Apollo 11 mendaratkan manusia pertama ke bulan. Untuk memperingati fenomena tersebut, Branson berencana akan piknik ke luar angkasa dalam beberapa bulan ke depan. Melansir Kompas.com, ia akan meluncur dengan Virgin Galactic yang merupakan pesawat luar angkasa miliknya.

Bicara Richard Branson, kurang lengkap rasanya jika tak mengulas sederet tips sukses dari dirinya. Menurut Branson, setidaknya ada beberapa hal yang bisa mengantarkan orang pada kesuksesan, seperti terus mengejar mimpi, lakukan hal baik, yakini ide Anda, jangan menyerah, dan hadapi tantangan baru. Sementara menurut Robert Kiyosaki, orang harus menjadi pengusaha, investor, atau keduanya untuk bisa menuju sukses.

Nah, bagi Anda yang lebih tertarik menjalankan investasi untuk menuju kesuksesan, cobalah untuk tak terpaku dengan instrumen investasi yang konvensional. Tak ada salahnya untuk mencoba jenis investasi modern yang lebih aman, mudah, sekaligus menguntungkan, seperti P2P Lending Danain. Selengkapnya, baca: Jadi Kaya Raya melalui P2P Lending, Memang Bisa? Cek Jawabannya di Sini!