Siapa yang tak kenal Jeff Bezos, pendiri Amazon yang tercatat sebagai orang terkaya di dunia tahun 2019 versi Majalah Forbes? Menurut laporan, total kekayaannya hingga saat ini telah mencapai  131 miliar dolar AS atau setara 1.830 triliun rupiah.

Dengan kekayaannya yang sebanyak itu, Jeff pun berhasil menyalip Bill Gates yang saat ini berada di urutan kedua dalam daftar orang terkaya di dunia. Sebagai informasi, Bill Gates memiliki kekayaan bersih sebesar 96,5 miliar dolar AS atau setara dengan 1.350 triliun rupiah. Demikian dilansir Detik.com.

Bicara Jeff, kurang lengkap rasanya jika tak membahas sisi lain tentang dirinya yang jarang diketahui oleh banyak orang. Langsung saja, berikut 10 fakta tentang Jeff Bezos, penyandang predikat orang terkaya sejagat raya:

Lahir dari orang tua yang bercerai

Jeff merupakan anak dari pasangan Jackylyn Jorgensen dan Ted Jorgensen. Namun sayang, kedua orang tuanya memutuskan untuk bercerai dan Jeff pun ikut dengan sang ibu. Pada tahun 1968, ibu Jeff kembali menikah dengan seorang imigran asal Kuba bernama Mike.

Murid berprestasi

Ketika mengenyam pendidikan, Jeff berhasil memenangkan banyak penghargaan. Begitu pun saat kuliah. Ia lulus dari Princeton University jurusan teknik elektro dan ilmu komputer dengan nilai memuaskan. Tak hanya itu, ia juga aktif berorganisasi selama di kampus.

Dalam sehari kekayaannya naik 10,4 miliar dolar AS

Pada 2017, saham Amazon melonjak drastis sebesar 13 persen. Atas fenomena tersebut, kekayaan Jeff meningkat 10,4 miliar dolar AS hanya dalam waktu satu hari.

Baca juga: 5 Kiat Mengelola Keuangan Agar Cepat Sukses ala Orang Terkaya Hong Kong

Salah satu pemilik tanah terluas di Amerika Serikat

Land Report melaporkan, Jeff berada di posisi 25 sebagai pemilik tanah terluas di Amerika. Properti terbesarnya berada di Van Horn, Texas, dengan luas lebih dari 12 ribu hektar. Wilayah tersebut ia gunakan sebagai markas perusahaan luar angkasa, Blue Origin.

Bangun rumah besar di Washington, DC

Pada 2017 lalu, Jeff dikabarkan menggelontorkan uang 23 juta dolar AS untuk membeli rumah mewah di wilayah Washington DC. Rumah tersebut diketahui bekas museum tekstil dan merupakan kawasan ekslusif. Luasnya sekitar 2.508 meter.  Beberapa pesohor seperti Obama dan Ivanka Trump dilaporkan juga tinggal di daerah tersebut.

Menyewa seorang ahli untuk menekan amarah

Jeff dikenal sebagai pribadi yang kompetitif. Ia juga dikabarkan sering meluapkan amarah pada bawahannya. Jeff diketahui menyewa seorang ahli untuk menjaga emosinya tersebut.

Terapkan aturan ‘Two Pizza Rule’

Setiap rapat, Jeff punya peraturan unik yang bernama ‘Two Pizza Rule’. Aturan tersebut diterapkan untuk mengukur berapa banyak orang yang perlu datang dalam rapat. Menurut Jeff, jika setiap orang yang hadir mendapatkan dua slice pizza, maka terlalu banyak orang yang hadir dalam rapat tersebut. Itu tidak produktif. Diungkapkannya, rapat akan efektif jika dihadiri oleh lima sampai delapan orang saja.

Punya beberapa perusahaan besar selain Amazon

Selain Amazon, jeff juga memiliki beberapa perusahaan besar di berbagai sektor. Sebut saja Blue Origin, sebuah perusahaan pesawat luar angkasa yang ia dirikan pada September tahun 2000. Selain itu, Jeff juga mengumumkan bahwa dirinya telah membeli The Washington Post pada Agustus 2013 silam.

Baca juga: Jadi Kaya Raya melalui P2P Lending, Memang Bisa? Cek Jawabannya di Sini!

Masih mengantar anak sekolah

Untuk menjaga kualitas hubungan dengan keluarga, Jeff diketahui tak pernah mengagendakan pekerjaan di pagi hari. Ia lebih memilih menghabiskan waktu bersama keluarga. Yang tak kalah penting, Jeff juga masih mengantar anak pergi ke sekolah menggunakan Honda Accord miliknya.

Gemar konsumsi makanan aneh

Jeff juga dikenal karena sosoknya yang gemar menyantap makanan aneh. Beberapa laporan menyebutkan bahwa pengusaha berkepala plontos ini pernah melahap iguana panggang, kecoa, tarantula, hingga gurita untuk sarapan.