Blog

Keren, ini Sederet Negara yang Tidak Memiliki Utang!

danain-Negara yang tidak memiliki utang-gambar ilustrasi kota

Negara yang tidak memiliki utang

Hampir seluruh negara di dunia memiliki utang dengan jumlah yang berbeda-beda, tak terkecuali Indonesia. Namun demikian, ternyata ada lho sejumlah negara yang tidak memiliki utang sepeser pun. Apa saja negara tersebut?

Tahu kah kamu kenapa suatu negara bisa memiliki utang dengan jumlah yang sangat fantastis? Bahkan, negara adidaya seperti Amerika Serikat pun tak luput dari yang namanya utang. Padahal, jika dilihat dari segi ekonomi, kita sama-sama tahu bahwa Negeri Paman Sam termasuk dalam kategori negara maju.

Terkait hal itu, ada jawaban singkat yang bisa kami jabarkan. Suatu negara melakukan pinjaman alias berutang dilatarbelakangi oleh berbagai tujuan, mulai dari membiayai proyek pembangunan, memenuhi anggaran belanja negara, menstabilkan perekonomian, hingga mengembangkan pasar keuangan.

Apalagi, di masa pandemi seperti saat ini, banyak negara yang harus meningkatkan jumlah utangnya secara drastis karena tak punya pilihan lain. Tentu saja untuk menangani dampaknya yang notabene telah menghentikan kegiatan ekonomi. Tak hanya itu, defisit anggaran juga jadi alasan kenapa suatu negara harus berutang. Demikian disampaikan oleh Menteri Keuangan RI Sri Mulyani beberapa waktu lalu.

Baca juga: Daftar Negara Paling Kaya di Asia Tenggara, Indonesia Peringkat Berapa?

Bicara utang negara, ada fakta menarik yang perlu kamu tahu. Usut punya usut, ternyata ada sejumlah negara yang tidak memiliki utang dengan pihak lain.

Penasaran, negara apa saja yang dimaksud? Berikut daftar lengkapnya, seperti dikutip dari laman Okezone.com!

Liechtenstein

Negara yang tidak memiliki utang pertama adalah Liechtenstein, negara terkecil keempat di wilayah Eropa. Liechtenstein tidak punya bandara dan garis pantai layaknya negara lain pada umumnya. Penduduk di negara tersebut hanya berjumlah sekitar 38 ribu orang, 6 ribu di antaranya berada di Schaan yang merupakan kota terbesar.

Perekonomian di Liechtenstein sangat makmur, dengan industri besarnya yang meliputi elektronik, manufaktur, logam, hingga farmasi. Masyarakat di sana pun sangat sejahtera, di mana rata-rata pendapatannya mencapai Rp 1,3 miliar per tahun.

Macau

Macau sering disebut sebagai Las Vegas-nya Asia. Alasannya, negara ini merupakan surga bagi orang-orang yang suka berjudi.

Menurut data, Macau diklaim bisa menghasilkan uang sebesar Rp 574,8 triliun setiap tahunnya. Berdasarkan keterangan dari IMF, jumlah utang pemerintah Macau adalah 0 persen, setidaknya dalam 15 tahun terakhir.

Baca juga: Apa yang Terjadi Jika Negara Bangkrut? Simak Fakta Mengerikannya di Bawah ini!

British Virgin Island

Negara tanpa utang berikutnya adalah British Virgin Island. Terletak di Laut Karibia, negara ini juga terkenal sebagai surga bagi para penghindar pajak. Satu hal yang menarik, kamu tak perlu visa untuk berkunjung ke sana.

Palau

Palau merupakan wilayah kepulauan yang juga tercatat sebagai negara yang tidak memiliki utang. Dengan populasi kurang lebih 21 ribu orang, negara ini dihuni oleh etnis yang sangat beragam: 70 persen warga asli Palau, 15 persen orang Filipina, 5 persen orang China, 2 persen kulit putih, dan 8 persen orang Asia.

Brunei Darussalam

Di daftar kelima ada Brunei Darussalam, sebuah negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia.

Brunei Darussalam bisa tak punya utang lantaran negaranya punya kekayaan alam yang sangat melimpah.

Sebagian besar penduduk Brunei Darussalam terlibat langsung dalam industri minyak dan gas. Pendapatan warga di sana pun tergolong tinggi, yakni mencapai Rp 776 juta per tahun.

Baca juga: Sering jadi Pertanyaan, Adakah Negara yang Punya Utang ke Indonesia?

Itulah sederet negara yang tidak memiliki utang dengan pihak lain. Semoga suatu saat negara kita bisa seperti mereka, ya!

Leave a Reply