Blog

Daftar Negara Paling Kaya di Asia Tenggara, Indonesia Peringkat Berapa?

danain-Negara paling kaya di Asia Tenggara-gambar bola dunia

Negara paling kaya di Asia Tenggara

Belum lama ini, laman Worldatlas.com merilis daftar negara paling kaya di Asia Tenggara secara lengkap. Lantas, negara mana saja yang masuk di dalamnya?

Asia Tenggara merupakan bagian penting dalam sistem perdagangan dunia karena berbagai komoditas yang dimiliki. Perlu diketahui, terdapat 11 negara berdaulat di kawasan Asia Tenggara, di antaranya meliputi Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, Vietnam, dan Indonesia.

Bicara Asia Tenggara, ada fakta menarik yang perlu kamu tahu. Dengan luas area sebesar 1.735.121 mil persegi dan populasi lebih dari 641 juta orang, Asia Tenggara ternyata punya sejumlah negara yang masuk dalam kategori kaya.

Langsung aja, berikut daftar negara paling kaya di Asia Tenggara berdasarkan pendapatan per kapita, seperti dilansir laman Tempo.co:

  1. Singapura : 65.233 dolar AS (Rp 935,37 juta).
  2. Brunei : 31.086 dolar AS (Rp 445,72 juta).
  3. Malaysia : 11.414 dolar AS (Rp163,66 juta).
  4. Thailand : 7.806 dolar AS (Rp111,93 juta).
  5. Indonesia : 4.135 dolar AS (Rp59,29 juta).
  6. Filipina : 3.485 dolar AS (Rp49,93 juta).
  7. Vietnam : 2.715 dolar AS (Rp38,93 juta).
  8. Laos : 2.534 dolar AS (Rp36,33 juta).
  9. Kamboja : 1.643 dolar AS (Rp23,55 juta).
  10. Timor Leste : 1.560 dolar AS (Rp22,36 juta).
  11. Myanmar : 1.407 dolar AS (Rp20,18 juta).

Baca juga: Mengapa Mata Pencaharian Sebagian Besar Negara Asia Tenggara dalam Bidang Pertanian? Ini Dia Alasannya!

FAKTA ASIA TENGGARA

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Asia Tenggara merupakan bagian penting dari perdagangan dunia sejak dulu, sebab memiliki sejumlah komoditas yang diperhitungkan, salah satunya adalah rempah-rempah.

Perdagangan rempah-rempah yang dikembangkan oleh pedagang Arab dan India, serta kegiatan komersial lainnya ternyata menarik orang Eropa untuk mencaplok beberapa wilayah di Asia Tenggara ketika itu. Belanda menduduki Indonesia, Perancis menguasai Indochina, dan Inggris menduduki Melayu.

Adapun sebagian besar kegiatan ekonomi di wilayah Asia Tenggara merupakan sektor pertanian, kecuali Singapura dan Brunei. Sektor ini mempekerjakan lebih dari 60 persen tenaga kerja Laos dan Kamboja, dengan tanaman utama seperti padi, singkong, jagung, dan kacang-kacangan.

Sektor perikanan juga memainkan peran penting di beberapa wilayah Asia Tenggara. Sejumlah negara seperti Malaysia, Thailand, dan Filipina diketahui merupakan importir udang yang cukup besar.

Di sisi lain, ada lima negara dominan di kawasan Asia Tenggara yang menyebut ekonomi mereka sebagai Tiger Cub Economics. Negara-negara tersebut meliputi Vietnam, Indonesia, Thailand, Filipina, dan Malaysia.

Sekadar informasi, ekonomi sebuah negara disebut Tiger Cub karena upaya mereka mengembangkan ekonomi yang berorientasi pada ekspor. Mirip dengan beberapa negara maju, seperti Taiwan, Singapura, Korea Selatan, dan Hong Kong, yang disebut sebagai “Empat Macan Asia.” Singkat kata, kelima negara itu menyebut diri mereka sebagai anak harimau karena pertumbuhan ekonomi yang begitu pesat.

Baca juga: Pernah Sangat Kaya, Begini Kondisi Negara Nauru Dulu dan Sekarang!

PENYEBAB SINGAPURA JADI NEGARA MAJU

Kamu mungkin bertanya-tanya, kenapa Singapura bisa maju dan jadi negara paling kaya di Asia Tenggara? Setidaknya, ada beberapa faktor yang melatarbelakanginya, antara lain:

Sektor industri dan jasa

Singapura mampu memaksimalkan potensi di sektor industri dan jasa untuk meningkatkan penghasilan negara. Contoh industri yang dikembangkan meliputi pengalengan ikan, minuman kemasan, daging, buah, dan pengolahan kayu. Sementara sektor jasa yang dijalankan adalah pariwisata dan perbankan.

Sumber Daya Manusia yang unggul

Sumber Daya Manusia di Singapura sangat unggul dan terampil di bidang industri. Pendidikan mereka juga baik, sehingga bisa menopang perekonomian. Untuk diketahui, sekolah dan universitas di Singapura punya sejumlah jurusan unggulan yang bisa menunjang kebutuhan industri di masa depan.

Jalur transportasi perdagangan

Singapura punya jalur transportasi perdagangan yang sangat strategis. Pelabuhan di negara tersebut jadi salah satu yang paling sibuk dan terpadat di dunia. Hal ini tentu sangat menguntungkan, sebab Singapura dapat dengan mudah meningkatkan pendapatannya.

Baca juga: Sering jadi Pertanyaan, Adakah Negara yang Punya Utang ke Indonesia?

Ya, itulah ulasan tentang negara paling kaya di Asia Tenggara. Semoga posisi Indonesia bisa meningkat di masa mendatang!

Leave a Reply