Blog

Sering jadi Pertanyaan, Adakah Negara yang Punya Utang ke Indonesia?

danain-negara yang punya utang ke Indonesia-gambar uang rupiah

negara yang punya utang ke Indonesia

Adakah negara yang punya utang ke Indonesia?

Hingga saat ini, belum ada data mengenai daftar negara yang punya utang ke Indonesia. Sebaliknya, Indonesia-lah yang memiliki utang luar negeri (ULN). Menurut data Bank Indonesia (BI), ULN Pemerintah Indonesia pada Juli 2021 telah mencapai US$ 205.9 miliar. Adapun negara pemberi utang ke Indonesia adalah sebagai berikut:

Jepang

Sampai sekarang, belum ada data yang menyajikan daftar negara yang punya utang ke Indonesia. Namun, BI menyatakan bahwa negara yang menjadi kreditur terbesar di Indonesia hingga Juli 2021 adalah Jepang.

Utang yang disalurkan Jepang ke Pemerintah Indonesia berjumlah US$ 11.02 miliar. Angka ini turun 9.75%, karena jumlah pada bulan Juli 2020 adalah US$ 12.2 miliar.

Jerman

Posisi kedua sebagai kreditur terbesar di Indonesia adalah Jerman, negara dengan ibu kota Berlin. Negara ini memberikan utang sebanyak US$ 3.98 miliar ke Pemerintah Indonesia, hingga Juli 2021.

Baca juga: Cegah Perselisihan dalam Kegiatan Pinjam Meminjam Uang, Surat Perjanjian Utang Piutang Harus Dibuat oleh Kedua Belah Pihak!

Perancis

Selanjutnya, negara Perancis yang menyalurkan utang ke Indonesia sebanyak US$ 2.5 miliar. Teritori metropolitan negara ini berada di Eropa Barat. Perancis punya berbagai pulau dan teritori seberang laut di benua lain.

Tiongkok

Republik Rakyat Tiongkok berada di Asia Timur, ibu kota Beijing. Pemerintah Indonesia diberikan pinjaman oleh Tiongkok sebesar US$ 1.66 miliar. Utang yang diberikan negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia ini mencapai US$ 1.4 miliar.

Korea Selatan

Korea Selatan merupakan negara di Asia Timur dengan cakupan bagian selatan Semenanjung Korea, serta ibu kotanya adalah Seoul. Republik Korea atau Korea Selatan, bagian utaranya berbatasan dengan Korea Utara, keduanya bersatu sebagai negara sampai tahun 1948.

Belum ada negara yang punya utang ke Indonesia, tapi Pemerintah Indonesia memperoleh utang dari Korea Selatan sebanyak US$ 1.09 miliar.

Baca juga: Debt Snowball, Cara Cerdas untuk Lunasi Utang!

Singapura

Lepas ujung selatan Semenanjung Malay adalah letak negara pulau yang disebut Republik Singapura, berjarak 137 kilometer di utara khatulistiwa. Negara pusat keuangan terdepan di dunia, posisi ketiganya diduduki oleh Singapura.

Bahkan, Singapura merupakan kota dunia kosmopolitan yang memiliki peran penting pada perdagangan serta keuangan internasional. Satu dari lima pelabuhan tersibuk di dunia, yaitu Pelabuhan Singapura. Utang yang diberikan Singapura ke Indonesia sebanyak US$ 580 juta.

Amerika Serikat

Negara Republik Konstitusional Federal ini memiliki lima puluh negara bagian serta sebuah distrik federal. Letak Amerika Serikat berada di bagian tengah Amerika Utara. Pemerintah Indonesia memperoleh utang dari Amerika Serikat sebanyak US$ 556 juta.

Amerika Serikat jadi negara terbesar ketiga, berdasarkan jumlah penduduknya. Bahkan, negara ini jadi salah satu negara multietnik serta multikultural di dunia, karena imigrasi besar-besaran dari penjuru dunia.

Negara Eropa Lainnya dan Belanda

Belum ada data yang memaparkan negara yang punya utang ke Indonesia. Namun, negara Eropa lainnya menyerahkan utang ke Pemerintah Indonesia sebanyak US$ 440 juta, sementara pinjaman dari Belanda mencapai US$ 376 juta.

Sebagian besar letak negara Belanda berada di Benua Eropa. Belanda termasuk bagian dari Kerajaan Belanda. Monarki Konstitusional merupakan bentuk dari Kerajaan Belanda yang terdiri dari Belanda Eropa dan Belanda Karibia.

Baca juga: Ingin Lunasi Utang dengan Cepat? Terapkan 5 Langkah ini!

Belanda punya ibu kota yang bernama Amsterdam, dengan pusat pemerintahan terletak di Den Haag dan sistem pemerintahan demokrasi parlementer.

Kesimpulannya, belum ada negara yang punya utang ke Indonesia, sebab belum ada data akurat yang mendukung pernyataan tersebut. Sebaliknya, Indonesia-lah yang memiliki utang luar negeri pada sejumlah negara, dengan kreditur mulai dari Jepang hingga Belanda.

Leave a Reply