Apakah kamu punya rencana untuk memulai suatu bisnis? Jika ya, nasihat terbaik dari Jeff Bezos ini penting sekali untuk kamu simak!

Menurut Bezos, ada satu pesan yang perlu dipahami oleh semua pengusaha pemula. “Bersiaplah untuk mengambil risiko besar dan gagal dalam bisnis,” ujarnya.

Bezos menyampaikan pesan ini dalam sebuah konferensi yang digelar di Las vegas beberapa waktu lalu. Ketika itu, ia ditanya tentang saran apa yang akan diberikan kepada orang yang ingin memulai bisnis.

Baca juga: Jadi Orang Terkaya Sejagat Raya, ini 10 Fakta tentang Jeff Bezos yang Jarang Diketahui!

“Ambil risiko. Kamu harus mau mengambil risiko. Jika kamu punya ide bisnis tanpa risiko, itu mungkin sudah dilakukan. Tapi, kamu harus punya sesuatu yang mungkin tidak berhasil. Dalam banyak hal, ini akan menjadi sebuah eksperimen,” terang Bezos.

Bezos melanjutkan, banyak dari eksperimen itu yang akan gagal, tapi “kegagalan besar” adalah bagian penting dari perjalanan menuju kesuksesan. Demikian dilansir Entrepreneur.com.

Baca juga: 3 Cara Jeff Bezos agar Rapat Lebih Efektif dan Produktif, Patut Ditiru!

“Kami mengambil risiko setiap saat, kami selalu bicara tentang kegagalan. Kita perlu kegagalan besar untuk menggerakan jarum. Jika tidak, kita tidak akan cukup berayun. Kamu harus benar-benar berayun keras dan gagal, tapi tak apa-apa,” tambahnya. 

Kisah berdirinya Amazon dan pesan lain Jeff Bezos

Bezos mendirikan Amazon pada tahun 1995. Saat itu, jumlah karyawannya hanya 10 orang. Namun, saat ini, ia mampu mengubah Amazon jadi salah satu perusahaan publik paling berharga di dunia. Bahkan, nilai kapitalisasi pasarnya telah mencapai ratusan miliar dolas AS.

Di sisi lain, Bezos juga menuturkan bahwa selain mengambil risiko dan gagal, pengusaha pemula juga harus memiliki semangat yang luar biasa. Itu merupakan ‘senjata’ ampuh untuk bersaing.

Baca juga: Simak Baik-baik, ini 7 Tanda jika Anda Belum Siap untuk Memulai Bisnis!

“Kamu akan bersaing dengan mereka yang bersemangat,” ungkapnya.

Di atas semua itu, tambah Bezos, pengusaha juga harus ‘terobsesi dengan pelanggan.’ Maksudnya, pengusaha wajib memuaskan dan menyenangkan semua pelanggannya.

Bagaimana, siap memulai bisnis dengan terapkan nasihat terbaik dari Jeff Bezos di atas?