Blog

Mau Buka Bengkel Motor? Segini Modal Usaha Bengkel Motor yang Perlu Disiapkan!

danain-Modal usaha bengkel motor-gambar orang sedang mendorong motor

Modal usaha bengkel motor

Membuka bengkel motor bisa jadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin melakoni usaha di bidang otomotif. Lantas, berapa modal usaha bengkel motor yang perlu disiapkan?

Fakta di lapangan menyebutkan bahwa jumlah kendaraan roda dua alias motor di Indonesia terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal ini tentu jadi angin segar bagi orang-orang yang berniat membuka usaha bengkel motor di dalam negeri.

Nah, dalam kesempatan ini, kami akan mengulas tips cerdas membuka bengkel motor umum, termasuk modal usaha bengkel motor yang perlu disiapkan. Berikut ulasan lengkapnya, seperti dikutip dari berbagai sumber:

TIPS MEMBUKA BENGKEL MOTOR

Sebelum membuka bengkel motor, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

Siapkan tempat strategis

Tempat merupakan poin penting yang harus diperhatikan sebelum buka bengkel motor. Dalam hal ini, pilihlah lokasi strategis yang notabene sering dilalui masyarakat.

Baca juga: Buruan Cek, ini Usaha Modal 2 Juta di Desa dengan Untung Menjanjikan!

Memang, ada faktor lain yang harus dipertimbangkan, salah satunya terkait biaya sewa lahan. Namun demikian, pemilihan lokasi harus benar-benar dipikirkan, sebab akan menentukan sukses tidaknya usaha kamu. Makin strategis lokasi usaha bengkel, maka makin banyak pula masyarakat yang sadar dengan keberadaan jasa tersebut.

Rekrut montir berkualitas

Montir adalah penggerak utama usaha bengkel motor. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk merekrut montir yang andal, jujur, ramah, serta amanah. Selain itu, kamu juga perlu merekrut dua orang asisten yang bertugas untuk membantu montir utama.

Untuk diketahui, keberadaan montir yang jujur dan ramah bisa membuat pelanggan merasa nyaman dengan jasa yang ditawarkan. Dengan begitu, konsumen tak akan ragu untuk kembali menggunakan jasa bengkel kamu di kemudian hari.

Cari tahu pemasok sparepart

Tips berikutnya, pilihlah pemasok sparepart yang menawarkan harga kompetitif dan berkualitas baik, sehingga kamu bisa memperoleh keuntungan yang setimpal. Hindari membeli barang dari reseller, sebab harganya pasti cenderung mahal. Sekadar informasi, sejumlah sparepart yang paling banyak dicari konsumen meliputi kampas rem, busi, bohlam, hingga oli mesin.

Baca juga: 6 Bisnis Modal 100 Juta Rupiah dengan Prospek Untung yang Menggiurkan

Pahami teknik mekanik

Sebagai pemilik usaha, kamu perlu memahami teknik mekanik demi keberlangsungan bengkel. Sebagai langkah awal, kamu bisa belajar langsung dari montir yang dipekerjakan atau mengikuti kursus singkat. Hal ini penting untuk mengantisipasi ketidakhadiran montir di kemudian hari.

Berikan pelayanan maksimal

Berikanlah pelayanan maksimal kepada setiap pelanggan yang datang. Kamu bisa berikan diskon atau souvenir untuk setiap pembelian dengan nominal tertentu. Tak lupa, jagalah selalu kebersihan dan kerapian bengkel agar konsumen merasa nyaman selama menunggu.

Terapkan strategi promosi yang tepat

Terakhir, terapkanlah strategi promosi yang tepat agar usaha bengkelmu lebih dikenal luas. Dalam konteks ini, kamu bisa memasang spanduk, menyebar brosur, atau mempromosikannya di media sosial.

Tak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan ojek online sebagai sarana promosi. Caranya, berikan  promo menarik kepada pengemudi ojek online, sehingga mereka bisa menyebarluaskan informasi tersebut ke pengemudi lainnya.

MODAL USAHA BENGKEL MOTOR

Setelah mengetahui tips cerdas membuka bengkel motor, pertanyaan berikutnya adalah, berapa modal usaha bengkel motor yang perlu disiapkan? Berikut estimasinya, seperti dikutip dari laman Bisnis.com!

Untuk biaya sewa lahan, kamu bisa menganggarkan Rp 40 juta untuk satu tahun. Rinciannya, Rp 30 juta untuk biaya sewa dan Rp 10 juta untuk biaya renovasi.

Baca juga: 5 Jenis Investasi yang Menguntungkan dengan Modal Kecil, Patut Dicoba!

Untuk peralatan, seperti kunci-kunci, bor, kompresor, dan lain-lain, kamu perlu menyiapkan dana sekitar Rp 6 juta. Sementara untuk belanja sparepart dan oli, dana yang perlu disiapkan adalah sekitar Rp 6,5 juta. Adapun untuk biaya operasional, seperti gaji pegawai, listrik, dan lain sebagainya, kamu perlu menyiapkan dana sekitar Rp 8,5 juta.

Jika dibulatkan, total biaya untuk membuka usaha bengkel motor adalah sekitar Rp 61 juta. Tentu saja, angka itu bukan angka yang mutlak, sebab akan dipengaruhi oleh lokasi dan besar atau tidaknya bengkel yang kamu buka.

Demikianlah ulasan singkat mengenai modal usaha bengkel motor yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply