Blog

5 Jenis Investasi yang Menguntungkan dengan Modal Kecil, Patut Dicoba!

danain-Investasi yang menguntungkan dengan modal kecil-gambar koin bertumpuk

Investasi yang menguntungkan dengan modal kecil

Investasi tak melulu harus dimulai dengan modal besar. Dengan modal yang kecil sekalipun, kamu sudah bisa berinvestasi di sejumlah instrumen yang menguntungkan. Berikut kami beberkan 5 jenis investasi yang menguntungkan dengan modal kecil dan patut untuk dicoba!

Selama ini, investasi sangat identik dengan modal yang sangat besar. Alhasil, banyak orang berpandangan bahwa investasi hanya bisa dilakukan oleh para pengusaha atau mereka yang berpenghasilan tinggi saja.

Jika kamu termasuk salah satu yang beranggapan demikian, kamu salah besar. Pasalnya, ada banyak investasi yang bisa dijalankan dengan modal kecil dan menguntungkan.

Bicara investasi, semua investor pasti ingin uangnya aman dan berkembang, terlebih investor pemula. Mereka tentu tak mau uangnya hilang begitu saja bak ditelan bumi.

Baca juga: Penting, Inilah Manfaat Pasar Modal bagi Emiten dalam Investasi!

Karena itu, penting bagi siapapun yang ingin mulai berinvestasi agar melakukan analisa terlebih dulu. Cermatilah jenis-jenis investasi yang ada dan sesuaikan dengan risiko yang bisa ditoleransi.

Lantas, apa saja investasi yang menguntungkan dengan modal kecil? Berikut ulasan lengkapnya, seperti dikutip dari berbagai sumber!

Reksa dana

Investasi yang menguntungkan dengan modal kecil pertama adalah reksa dana. Modal yang digelontorkan bisa dimulai dari angka Rp 100 ribu saja.

Reksa dana merupakan wadah bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di pasar. Dana yang telah terkumpul akan dikelola oleh Manajer Investasi (MI).

Keunggulan reksa dana meliputi, keuntungan yang lumayan tinggi, risiko tergolong rendah sebab uang disebar ke berbagai instrumen, mudah karena dikelola oleh MI, transparansi informasi, serta pengembalian dana yang fleksibel.

Logam mulia

Jika ingin berinvestasi dengan modal kecil tanpa harus melakukan banyak analisa, logam mulia bisa jadi pilihan tepat. Investasi jenis ini tergolong aman, sebab tidak terpengaruh oleh inflasi, bahkan harganya cenderung naik dari waktu ke waktu.

Baca juga: Ketahui, ini Cara Menghitung Internal Rate of Return dalam Berinvestasi!

Modal awal untuk berinvestasi logam mulai cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 500 ribu. Dengan modal tersebut, kamu sudah bisa mendapatkan emas senilai 0,5 gram.

Deposito berjangka

Berikutnya deposito berjangka. Ini merupakan produk simpanan bank yang pencairannya hanya bisa dilakukan pada jangka waktu tertentu. Bisa satu bulan, tiga bulan, enam bulan, bahkan satu tahun.

Untuk diketahui, tingkat pengembalian deposito lebih tinggi ketimbang tabungan biasa. Produk ini juga dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), sehingga lebih aman.

Terkait suku bunga, masing-masing bank menawarkan suku bunga yang berbeda untuk setiap jangka waktu. Meski begitu, suku bunga tersebut biasanya masih di bawah tingkat acuan Bank Indonesia (BI).

Adapun untuk modal awal, setiap bank juga punya kebijakan yang berbeda satu sama lain. Namun, sebagai gambaran, ada bank yang mematok modal mulai dari Rp 1 juta.

Saham

Investasi yang menguntungkan dengan modal kecil berikutnya adalah saham. Dalam konteks ini, kamu bisa berinvestasi di saham Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang notabene lebih stabil dan minim risiko. Beberapa sekuritas ada yang menawarkan harga terjangkau mulai dari Rp 500 ribu.

Mata uang asing

Sejumlah mata uang asing punya prospek investasi yang menjanjikan, sebab punya harga cenderung naik. Beberapa di antaranya sebut saja dolar Amerika Serikat, Pound Sterling, hingga Euro. Bermodalkan Rp 100 ribu saja, kamu sudah bisa membeli beberapa lembar uang asing sebagai instrumen investasi.

Baca juga: Cegah Kerugian, ini 5 Risiko Investasi dan Contohnya yang Wajib Kamu Tahu!

Jika tertarik menjalaninya, pastikan menyimpan uang asing tersebut di tempat yang bersih dan aman, sehingga bentuk fisiknya tetap terjaga. Kemudian, belilah mata uang asing saat harganya rendah dan jual ketika nilanya sedang tinggi. Terakhir, tetapkan jangka waktu investasi dan lakukan pembelian secara berkala setiap bulannya.

Ya, itulah sederet investasi yang menguntungkan dengan modal kecil. Tertarik menjalani salah satunya?

Leave a Reply