Blog

3 Alasan Mengapa Harga Jual Kerajinan dari Serat Alam Relatif Mahal

danain-Mengapa harga jual kerajinan dari serat alam relatif mahal?-gambar kerajinan tangan

Mengapa harga jual kerajinan dari serat alam relatif mahal?

Mengapa harga jual kerajinan dari serat alam relatif mahal? Apa yang memengaruhinya?

Seperti yang diketahui, harga jual kerajinan dari serat alam relatif mahal. Hal ini jadi salah satu pembeda yang sangat mencolok ketika dibandingkan dengan serat buatan. Penasaran apa saja yang memengaruhi nilai jual produk ini? Simak ulasan di bawah ini hingga tuntas!

Melalui Proses Pembuatan Manual dan Membutuhkan Waktu yang Lama

Salah satu hal yang menjadi alasan mengapa harga jual kerajinan dari serat alam relatif mahal yakni karena proses pengerjaan dilakukan secara manual. Misalnya dengan cara dianyam, ditenun, dirajut, atau dengan cara yang lainnya. Sehingga, dalam proses pengerjaannya harus dilakukan oleh para tenaga kerja yang ahli dalam bidangnya.

Karena dilakukan dengan cara manual, tentunya akan membutuhkan durasi pengerjaan yang cukup lama. Bahkan, belum lagi jika pengrajin harus memperhatikan setiap detail pembuatan produk tersebut agar menciptakan hasil yang menarik.

Baca juga: 5 Bunga Termahal di Dunia, Mulai dari Ratusan Juta sampai Miliaran Rupiah!

Proses pembuatan yang masih manual inilah yang membuat mengapa harga jual kerajinan dari serat alam relatif mahal. Sehingga, ketika melalui tahap proses penjualan akan diselipkan perhitungan keuntungan yang sesuai dengan proses pembuatannya.

Mempunyai Kualitas Bahan yang Unggul

Kerajinan serat alam ini dapat dibilang mempunyai kualitas yang sangat tinggi. Sehingga tidak akan kalah dengan kualitas produk barang jadi yang lainnya. Selain itu, suatu barang yang terbuat dari bahan dasar serat alam, biasanya tidak dapat diproduksi dalam jumlah yang sangat banyak.

Hal ini didasarkan dengan jumlah bahan baku yang dapat dikategorikan sebagai bahan langka. Jika ditunjukan secara lebih detail apa yang dimaksud dengan serat alam ini, pada dasarnya serat alam merupakan bentuk serat yang berasal dari bahan-bahan alam, misalnya dari bahan tambang, hewan, atau tumbuhan.

Oleh sebab itu, keberadaan kerajinan ini tidak akan mudah untuk ditiru oleh produk yang lainnya. Dengan demikian, tidak heran lagi jika ini menjadi alasan mengapa harga jual kerajinan dari serat alam relatif mahal.

Baca juga: Bisa Sampai Miliaran Rupiah, Inilah 6 Jenis Pohon Bonsai Termahal yang Perlu Diketahui!

Namun, ketika kamu menggunakannya, dijamin akan mendapatkan kesenangan tersendiri. Bisa dibilang, ada rasa senang dapat menggunakan suatu produk dari bahan alam yang mempunyai kualitas sangat unggul. Di samping itu juga, mempunyai suatu produk yang sangat langka dan tidak ada yang dapat meniru sepenuhnya.

Mempunyai Corak yang Unik

Hal lain yang menjadi alasan mengapa harga jual kerajinan dari serat alam relatif mahal yaitu karena mempunyai corak yang sangat unik. Kebanyakan suatu produk yang terbuat dari bahan-bahan alam akan mempunyai keunikan sendiri di mata setiap pembelinya.

Hal ini menjadikan setiap pengrajin dapat terus menghasilkan suatu karya yang lebih baik lagi. Berbeda dengan barang-barang produk jadi yang telah beredar di pasaran.

Adanya sentuhan keunikan dari kerajinan inilah yang menjadi salah satu keunggulan dari produk tersebut. Di samping itu, umumnya produk-produk yang berasal dari bahan alam mempunyai corak warna yang sangat khas dan dilengkapi dengan berbagai macam motif yang akan ditawarkan.

Baca juga: 4 Uang Kuno Termahal yang Perlu Kamu Tahu, Ada yang Mencapai Ratusan Juta Rupiah!

Dengan tujuan untuk lebih mudah dalam menarik minat pembelinya, setiap pembuatan produk yang terdapat unsur manual di dalamnya tentu akan selalu menciptakan corak yang khas. Biasanya, jika mempunyai corak warna dan motif yang lebih banyak, maka akan menghasilkan harga jual yang lebih mahal.

Dengan mengetahui alasan mengapa harga jual kerajinan dari serat alam relatif mahal akan menjadikan kamu lebih paham sekaligus lebih menghargai hasil karya pengrajin. Pasalnya, setiap kerajinan yang dibuat dari serat alam diciptakan melalui proses yang sangat panjang serta membutuhkan ketelatenan dan kreativitas yang sangat tinggi.

1 Comment

  1. vania

    Thank you for the knowledge that has been shared. Very informative and easy to understand 😊

    for more information click walisongo.ac.id

Leave a Reply