Blog

4 Uang Kuno Termahal yang Perlu Kamu Tahu, Ada yang Mencapai Ratusan Juta Rupiah!

danain-uang kuno termahal yang perlu kamu tahu-gambar uang kuno termahal

Uang kuno termahal yang perlu diketahui

Belakangan ini, ragam koleksi uang kuno cukup menyita perhatian di masyarakat. Bagaimana tidak? Ada sejumlah uang kuno termahal yang harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah!

Bagi sebagian orang, uang kuno mungkin hanya sebatas uang biasa yang sudah tidak terpakai lagi di era sekarang. Namun di mata kolektor, uang kuno memiliki tempat tersendiri di hati mereka.

Selain dapat digunakan sebagai koleksi, uang kuno juga bisa jadi salah peluang untuk berinvestasi. Di mana saat ini, banyak kolektor bermodal besar yang tertarik untuk membeli uang kuno dari berbagai macam era dan negara. Uang-uang kuno tersebut bahkan bisa dijual dengan harga berkali-kali lipat dari nilai yang sebenarnya.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas tentang jenis-jenis uang kuno termahal yang ada di negara kita. Penasaran apa saja uang yang dimaksud?

Berikut kami beberkan daftar uang kuno termahal, seperti dikutip dari berbagai sumber. Oh ya, ada yang harganya mencapai ratusan juta rupiah, lho!

  1. Uang Gulden Seri JP Coen

Pada masa penjajahan Hindia Belanda tahun 1828, didirikan sebuah bank sentral yang diberi nama De Javasche Bank. Bank tersebut punya wewenang untuk memproduksi serta mengedarkan uang Gulden.

Baca juga: Cegah Perselisihan dalam Kegiatan Pinjam Meminjam Uang, Surat Perjanjian Utang Piutang Harus Dibuat oleh Kedua Belah Pihak!

Nah, salah satu seri uang Gulden yang diproduksi oleh De Javasche Bank adalah pecahan uang kertas 200, 300, 500 dan 1000 seri Jan Pieterszoon (JP) Coen. Uang ini terakhir kali dicetak pada tahun 1925 – 1931.

Yang membuat seri uang kuno ini mahal adalah kelangkaannya, di mana sangat jarang ada orang yang memiliki koleksi uang Gulden bergambar Gubernur Jenderal VOC ini. Pada umumnya, uang kuno yang akan dijual harus dalam kondisi baik, sehingga hal itu juga yang membuat harga pasaran uang keluaran De Javasche Bank ini bernilai fantastis.

2. Uang Gulden Seri Wayang

Selain menerbitkan uang kertas dengan gambar JP Coen, De Javasche Bank juga memproduksi beberapa pecahan uang bergambar wayang. Uang Gulden seri wayang ini terbilang lebih langka dibanding seri JP Coen yang sebelumnya.

Menurut kesaksian kolektor uang kuno, mereka yang memiliki uang Gulden seri wayang lebih memilih untuk menyimpannya ketimbang dijual ke sesama kolektor. Hal ini lantaran jumlah peredarannya yang terbatas dan motif uangnya yang cukup unik.

Baca juga: Mudah dan Cepat, ini 5 Cara Menghasilkan Uang dari HP yang Perlu Kamu Tahu!

Harga jual uang Gulden seri wayang digadang-gadang setara dengan 1 buah mobil Toyota atau Honda keluaran baru yang notabene berharga ratusan juta rupiah. Wow!

3. Uang Rp 10.000 seri Barong

Uang kuno termahal yang berikutnya adalah seri uang Rp 10.000 bergambar Barong Bali. Menurut pernyataan beberapa kolektor uang kuno, jenis uang rupiah ini juga banyak diminati oleh para kolektor, sebab keberadaannya sudah sangat langka.

Selain itu, uang pecahan 10.000 ini memiliki gambar Barong yang cukup nyentrik, sehingga punya kesan estetika tersendiri di kalangan para kolektor.

Sejumlah sumber mengatakan, uang Rp 10.000 seri Barong Bali bisa dijual dengan harga jutaan bahkan sampai puluhan juta rupiah. Beberapa waktu yang lalu, seorang pengguna Facebook bernama Eko Yulianto melelang uang seri ini dan laku terjual seharga Rp 10 juta!

4. Uang Rupiah Seri Binatang

Terakhir, ada uang rupiah seri binatang yang juga bisa dijual dengan harga jutaan rupiah. Khususnya pecahan Rp 5.000 bergambar banteng, yang digadang-gadang dapat terjual di harga Rp 60 sampai Rp 70 juta di kalangan kolektor.

Baca juga: Kondisi Dompet Mulai Menipis? 5 Cara Mendapatkan Uang Cepat dalam 1 Hari ini Bisa Kamu Lakukan!

Ya, itulah beberapa uang kuno termahal di Indonesia yang bisa terjual dengan harga puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Lagi-lagi kami ingatkan, kondisi uang kuno berpengaruh besar terhadap harga jualnya di pasaran!

Nah, jika kamu memiliki uang kuno yang kondisinya masih baik dan tidak cacat, seperti robek, tertekuk, atau yang lainnya, kamu bisa menawarkan uang tersebut pada kolektor uang kuno yang siap membelinya dengan harga fantastis.

Leave a Reply