Blog

5 Bunga Termahal di Dunia, Mulai dari Ratusan Juta sampai Miliaran Rupiah!

danain-bunga termahal di dunia-gambar salah satu bunga termahal di dunia

Bunga termahal di dunia

Bagi sebagian orang, bunga hanyalah bagian dari tanaman yang cuma perlu dinikmati nilai keindahannya. Namun, bagi beberapa orang lain, bunga dapat dijadikan aset berharga yang bernilai fantastis. Berikut daftar bunga termahal di dunia yang harganya bisa mencapai miliaran rupiah.

Seperti yang kita tahu, salah satu daya tarik tanaman hias terletak pada bagian bunganya. Makin indah bunga yang dihasilkan, makin menarik pula di mata kalangan banyak orang.

Terlebih jika bunga tersebut memiliki warna yang mencolok dan memanjakan mata. Tak heran jika beberapa jenis bunga di dunia ini dapat dihargai sangat mahal, bahkan mungkin tidak masuk akal.

Berikut kami jabarkan daftar bunga termahal di dunia yang harganya bisa mencapai ratusan juta bahkan sampai miliaran rupiah:

  1. Anggrek Hitam

Bunga termahal di dunia yang pertama adalah anggrek hitam, yang diperkirakan memiliki harga jual sampai dengan Rp 100 jutaan. Fantastisnya harga bunga tersebut disebabkan oleh tingkat kelangkaan dan tak banyak orang yang membudidayakan.

Baca juga: Bikin Geleng-geleng Kepala, Inilah 7 Makanan Termahal di Dunia yang Perlu Kamu Tahu!

Selain itu, warna kelopaknya yang hitam dan gelap membuat bunga ini terlihat lebih eksotis dan berbeda dengan jenis anggrek yang lain. Di kalangan pecinta tanaman hias, anggrek hitam masih jadi salah satu primadona yang paling banyak diminati hingga sekarang.

  1. Rothschild Orchid

Selanjutnya ada bunga Rothschild Orchid atau yang sering disebut dengan anggrek emas kinabalu.

Harga jualnya yang tinggi disebabkan karena bunga ini langka dan nyaris punah. Bahkan, pemerintah Malaysia sangat melindungi keberadaan bunga anggrek yang satu ini.

Anggrek Rothschild pertama kali ditemukan pada tahun 1987 dan hanya ada di sekitar kawasan Gunung Kinabalu, Malaysia dengan ketinggian 500 sampai dengan 1.200 meter. Meski keberadaannya sudah dilindungi pemerintah, faktanya masih banyak orang yang bertransaksi ilegal dengan menjual dan menyelundupkan bunga ini di pasar gelap dengan harga mencapai USD 5.000 atau sekitar Rp 71 juta per tangkainya.

  1. Shenzhen Nongke Orchid

Apa jadinya jika sebuah bunga bisa dijual dengan harga sampai miliaran rupiah? Nah, begitulah yang terjadi pada jenis bunga anggrek yang satu ini.

Shenzhen Nongke Orchid merupakan tanaman buatan manusia yang dikembangkan langsung oleh ilmuwan dari Universitas Shenzhen di China. Jadi, kamu tak bisa menemukan bunga ini di alam terbuka.

Baca juga: Sangat Memprihatinkan, ini Daftar 10 Negara Termiskin di Dunia Tahun 2021!

Menurut informasi, bunga anggrek Shenzhen Nongke ini membutuhkan waktu kurang lebih 8 tahun untuk pengembangannya. Selain itu, ia juga membutuhkan waktu kurang lebih 5 tahun untuk mekar. Tak heran jika harganya bisa mencapai USD 202.000 atau sekitar Rp 2,8 miliar.

  1. Juliet Rose

Juliet Rose atau Mawar Juliet adalah bunga termahal di dunia berikutnya yang memiliki harga jual sampai dengan USD 15,8 juta atau sekitar Rp 225 miliar.

Bunga ini pertama kali dipamerkan dalam kontes Chelsea Flower Show di tahun 2006 oleh Davis Austin, seorang breeder profesional spesialis bunga mawar. Menurut pernyataannya, bunga ini membutuhkan masa panen selama 15 tahun dengan perawatan yang sedemikian kompleks.

Tak heran jika ia membandrol bunga cantik berwarna lembut ini dengan harga yang menakjubkan.

  1. Kadupul Flower

Terakhir ada bunga khas Sri Lanka yang bernama Kadupul Flower atau bunga Kadupul. Kabarnya, kamu tak bisa membeli bunga ini dengan uang berapa pun.

Baca juga: Lezatnya Luar Biasa, ini 5 Makanan Indonesia yang Mendunia!

Hal tersebut karena bunga Kadupul hanya hidup beberapa jam sebelum akhirnya akan mati. Bunga ini kerap disebut bunga yang tak ternilai harganya sekaligus bunga termahal di dunia.

Selain itu, bunga ini juga tergolong dalam kategori bunga yang sangat langka. Konon katanya, penduduk asli Sri Lanka pun jarang sekali melihatnya.

Bunga Kadupul hanya mekar di tengah malam dan akan mati pada saat fajar menjelang. Tak heran jika bunga seindah ini akhirnya tak bisa diperjual belikan.

Leave a Reply