Blog

Bisa Sampai Miliaran Rupiah, Inilah 6 Jenis Pohon Bonsai Termahal yang Perlu Diketahui!

danain-jenis pohon bonsai termahal-gambar pohon bonsai

Jenis pohon bonsai termahal

Salah satu jenis tanaman hias yang fenomenal dan banyak digemari orang adalah bonsai. Berikut kami beberkan jenis pohon bonsai termahal di dunia yang harganya mencapai miliaran rupiah!

Di masa pandemi covid-19, popularitas tanaman hias bisa dibilang kian melejit. Maklum, sebagai pengisi waktu, sebagian orang memilih untuk merawat tanaman hias saat berada di rumah. Salah satu jenis tanaman hias yang populer sebut saja bonsai.

Untuk diketahui, bonsai merupakan bentuk seni Jepang kuno yang menumbuhkan miniatur hias dalam sebuah wadah untuk meniru bentuk pohon besar yang sudah tua. Menurut Bonsai Empire, bonsai termasuk tanaman yang tak ternilai harganya, sehingga akan sangat mahal ketika dijual ke pasaran.

Ketenaran bonsai sebenarnya sudah terjadi bertahun-tahun lalu. Akan tetapi, bentuknya yang unik dan proses perawatan yang terbilang mudah membuat tanaman ini masih jadi primadona bagi kolektor tanaman hias hingga saat ini.

Lantas, apa saja jenis pohon bonsai termahal di dunia? Berikut daftar lengkapnya, seperti dikutip dari laman CNBC Indonesia:

Old Pine Bonsai Tree

Jenis pohon bonsai termahal yang pertama adalah Old Pine Bonsai Tree. Harga jualnya mulai dari Rp 700 ribuan. Namun, yang termahal bisa mencapai 100 juta yen atau setara Rp 13,1 miliar untuk jenis pinus putih yang berhasil terjual di sebuah pameran bonsai Asia Pasifik di Takamatsu, Jepang.

Baca juga: Bikin Geleng-geleng Kepala, Inilah 7 Makanan Termahal di Dunia yang Perlu Kamu Tahu!

Bonsai Pinus

Di daftar berikutnya ada Bonsai Pinus. Mahalnya harga bonsai jenis ini disebabkan karena usianya yang sudah berabad-abad. Dilansir Bonsai Tonight, harga Bonsai Pinus berkisar antara Rp 700 ribu hingga Rp 18,5 miliar.

Sekadar informasi, Bonsai Pinus sangat tidak cocok bagi pemula. Alasannya, bonsai ini paling sulit untuk dipahami, ditata, dan dipangkas, karena berbagai faktor, salah satunya iklim.

Bonsai Sargent Juniper

Jenis pohon bonsai termahal yang ketiga adalah Bonsai Sargent Juniper. Bonsai jenis ini merupakan karya dari seniman bonsai kenamaan, yakni Masahiko Kimura. Kabar yang beredar menyebutkan, usia tanaman ini sudah mencapai 250 tahun. Tak heran jika harganya sangat fantastis yang mencapai Rp 4,9 miliar.

Bonsai Shunkaen

Bonsai Shunkaen adalah salah satu jenis bonsai yang dimiliki oleh Kunio Kobayashi. Diberi nama Shunkaen karena tanaman ini berasal dari kota Shunkaen yang lokasinya tidak jauh dari Tokyo, Jepang.

Baca juga: Cek Nih, Harga Pemasangan Behel dari yang Termurah Sampai Termahal!

Menurut informasi, bonsai jenis ini telah berumur sekitar 800 tahun. Harganya pun terbilang fantastis, yakni mencapai Rp 1,2 miliar.

Bonsai Kimeng

Jenis pohon bonsai termahal yang kelima adalah Bonsai Kimeng. Jenis bonsai ini juga sangat digemari oleh pencinta tanaman hias lantaran bentuknya yang unik dan menggemaskan. Harga jual Bonsai Kimeng bisa mencapai Rp 1 miliar.

Fakta menarik yang perlu kamu tahu, Bonsai Kimeng dipercaya bisa mengatasi stres dan jenuh yang berkepanjangan. Konon, merawat bonsai ini di lingkungan rumah mampu membuat hidup terasa damai dan bahagia.

Bonsai Ficus Microcarpa

Di daftar terakhir ada Bonsai Ficus Microcarpa. Jenis ini tergolong berukuran besar dan banyak tumbuh di dataran tinggi. Harga tanaman ini bisa mencapai Rp 1 miliar.

Baca juga: Wah, Uang Koin Kuno yang Paling Dicari Kolektor 2021 ini Punya Harga Sangat Fantastis!

Pada tahun 2018 lalu, telah dipamerkan bonsai yang berusia mencapai 100 tahun lebih di Festival Bonsai Surabaya. Bonsai asal Taiwan tersebut dimiliki oleh seorang kolektor bonsai asal Jakarta.

Ya, itulah 6 jenis pohon bonsai termahal di dunia yang perlu kamu tahu. Dari daftar yang kami sebutkan, manakah yang menurutmu paling keren?

Leave a Reply