Blog

Mengapa Faktor Ekonomi Menjadi Penghambat Mobilitas Sosial? Simak Jawabannya di Bawah ini!

danain-Mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial?-gambar ilustrasi mobilitas sosial

Mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial?

Ada banyak faktor yang dapat mendorong atau menghambat proses mobilitas sosial. Salah satunya adalah faktor ekonomi. Lantas, mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial?

Mobilitas sosial adalah perubahan status seseorang atau suatu kelompok dari satu tingkatan ke tingkatan yang lain, baik naik ataupun turun.

Seperti yang telah disinggung di atas, dalam hal ini, ekonomi dapat menjadi salah satu faktor yang mendorong maupun menghambat terjadinya proses tersebut. Biasanya, hal ini diwujudkan dengan akses pendidikan yang lebih mudah, kemudahan dalam memperoleh modal bagi para pelaku usaha, serta kesejahteraan merata yang diperoleh oleh masyarakat.

Namun, di sisi lain, faktor ekonomi juga dapat menjadi penghambat mobilitas sosial. Mengapa bisa demikian?

Mengapa Faktor Ekonomi Menjadi Penghambat Mobilitas Sosial?

Ada banyak hal yang termasuk faktor ekonomi yang dapat menjadi penghambat proses mobilitas sosial.

Salah satunya adalah kondisi ekonomi suatu individu maupun kelompok, di mana kemiskinan memegang peranan besar dalam menghambat proses individu/kelompok itu untuk terus berkembang dan meningkatkan status sosialnya.

Baca juga: Ngeri, ini Sederet Dampak Inflasi terhadap Perekonomian!

Dalam hal ini, kemiskinan seringkali jadi faktor utama yang paling menghambat individu/kelompok untuk mengubah status sosial maupun taraf hidupnya.

Seperti yang kita tahu, mereka yang lahir dari keluarga miskin atau tidak berkecukupan seringkali sulit untuk memperoleh akses pendidikan. Kurangnya akses pendidikan ini juga kerap menjadi alasan seseorang sulit memperoleh pekerjaan atau karier yang cemerlang.

Akibatnya, banyak dari mereka yang sulit berkembang atau sekadar mengubah taraf kehidupannya.

Berbeda dengan orang yang terlahir di keluarga kaya atau berkecukupan. Mereka lebih mudah untuk bersekolah, mendapatkan modal, maupun kemudahan dalam memperoleh kesempatan yang lain.

Faktor Lain yang Menghambat Mobilitas Sosial

Selain faktor ekonomi yang dapat menjadi pendorong sekaligus penghambat terjadinya mobilitas sosial, berikut kami beberkan sejumlah faktor lain yang juga bisa jadi penghambat proses mobilitas sosial dalam masyarakat:

  1. Sistem lapisan sosial

Sistem lapisan sosial yang tertutup dapat menjadi faktor penghambat mobilitas sosial dalam jangka panjang. Jika sistem seperti ini tak diubah atau diperbaiki, maka sangat sulit bagi masyarakat kelas bawah mendapatkan kesempatan yang sama seperti mereka yang di kelas atas.

Contoh paling mudah adalah di kalangan masyarakat feodal, hanya para bangsawanlah yang dapat menduduki status sosial kelas atas, rakyat kecil hanya akan berada di kelas bawah.

Baca juga: Terungkap, ini Alasan Mengapa Jepang Menerapkan Kebijakan Ekonomi Perang!

Jika sistem lapisan sosial semacam ini masih dipertahankan, tentu perubahan mobilitas sosial akan sangat sulit untuk dicapai.

  1. Tradisi atau kebudayaan masyarakat

Dalam kehidupan bermasyarakat, selalu ada tradisi atau budaya yang dipegang dari waktu ke waktu.

Nah, jika tradisi ini bersifat progresif, tentu akan sangat baik untuk dipertahankan. Namun, bagaimana jika tradisi tersebut bersifat negatif?

Sebagai contoh, terdapat kelompok masyarakat yang menolak digitalisasi atau modernisasi. Hal ini hanya akan membuat kelompok masyarakat tersebut tertinggal jauh di belakang, sedangkan kelompok masyarakat lain sudah menguasai berbagai macam teknologi.

Jika tradisi seperti ini terus dipertahankan, maka dapat dipastikan bahwa mobilitas sosial masyarakat di kelompok tersebut sangat sulit untuk diubah. Tentu akan lebih baik jika suatu masyarakat dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman dan teknologi. Dengan begitu, mereka akan menjadi sumber daya yang dapat bersaing dengan kelompok masyarakat yang lain.

  1. Stereotip gender

Faktor penghambat mobilitas sosial yang lain adalah stereotip gender. Biasanya hal ini menimpa kaum perempuan.

Baca juga: 6 Contoh Ekonomi Kreatif yang Bisa Dilakukan oleh Kaum Milenial

Menurut Menteri Keuangan RI Sri Mulyani, banyak pekerja wanita yang digaji lebih rendah daripada karyawan pria di posisi yang sama. Kesenjangan upah antar karyawan beda gender ini akan sangat berpengaruh terhadap kesulitan seseorang untuk mengubah status kehidupannya.

Nah, itulah ulasan tentang mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply