Blog

Ngeri, ini Sederet Dampak Inflasi terhadap Perekonomian!

danain-Dampak inflasi terhadap perekonomian-gambar ilustrasi mengenai inflasi

Dampak inflasi terhadap perekonomian

Kita sering mendengar kata inflasi dalam dunia ekonomi. Namun, tahukah kamu apa saja dampak inflasi terhadap perekonomian di suatu negara?

Saat membaca atau menonton berita tentang ekonomi, inflasi jadi salah satu kata yang sering muncul. Sayangnya, masih banyak yang belum paham secara utuh tentang pengertian inflasi, termasuk penyebab dan dampak inflasi terhadap perekonomian.

Apakah kamu termasuk salah satunya? Jika ya, ulasan berikut ini penting untuk disimak agar pengetahuan kamu tentang inflasi jadi lebih terbuka lebar!

PENYEBAB INFLASI

Inflasi di sebuah negara terjadi karena sejumlah faktor, seperti permintaan yang lebih besar dari supply, kenaikan bahan baku atau biaya produksi, tekanan permintaan dan dorongan ongkos, serta peredaran uang kartal yang tak terkendali. Penyebab lainnya, kekacauan politik dan ekonomi hingga tuntutan kenaikan upah.

CARA MENGATASI INFLASI

Pemerintah akan menerapkan sejumlah kebijakan saat negaranya mengalami inflasi. Kebijakan yang diambil pada umumnya adalah kebijakan moneter, di mana bank sentral akan mengurangi jumlah uang yang beredar dengan cara menaikkan cash reserve ratio, menjual surat berharga, dan menaikkan tingkat bunga kredit.

Baca juga: Wajib Paham, ini Jenis-jenis Inflasi Berdasarkan Tingkat Keparahannya!

Kebijakan lainnya adalah kebijakan fiskal, di mana pemerintah akan mengurangi pengeluaran, meningkatkan tarif pajak, hingga melakukan pinjaman. Sementara kebijakan yang terakhir, akan meningkatkan hasil produksi, memudahkan masuknya barang impor, menstabilkan pendapatan masyarakat, menetapkan harga maksimum, dan mengawasi distribusi barang.

DAMPAK INFLASI TERHADAP PEREKONOMIAN

Setidaknya, ada 7 dampak inflasi terhadap perekonomian yang perlu diketahui, antara lain:

Menurunkan kesejahteraan masyarakat

Dampak yang pertama adalah menurunkan kesejahteraan masyarakat, terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan tetap. Akibat inflasi, harga barang di pasaran jadi naik, sementara penghasilan yang didapat tidak mengalami perubahan. Singkat kata, inflasi menyebabkan daya beli masyarakat jadi lebih rendah.

Meningkatnya suku bunga

Saat terjadi inflasi, lembaga-lembaga keuangan akan meningkatkan suku bunga pinjaman, sehingga tidak terjadi penurunan yang signifikan pada nilai mata uang. Akan tetapi, di sisi lain, meningkatnya suku bunga pinjaman akan menghambat pengembangan usaha, sebab bisa mengurangi minat investor untuk mengembangkan usahanya.

Baca juga: Apa Saja yang Menyebabkan Rendahnya Kesadaran Membayar Pajak? Cek Jawabannya di Sini!

Mendorong investasi spekulatif

Para investor cenderung akan menyimpan kekayaannya dalam bentuk investasi spekulatif saat kondisi inflasi. Umumnya, mereka akan membeli barang-barang berharga yang lebih menguntungkan saat dijual, seperti tanah, emas, dan lain sebagainya.

Distribusi barang tidak merata

Dalam keadaan inflasi, distribusi barang relatif tidak adil, sebab terjadi penumpukan dan konsentrasi produk pada daerah yang masyarakatnya dekat dengan sumber produksi. Tak hanya itu, distribusi juga akan menumpuk pada masyarakat yang punya banyak uang.

Ketidakpastian bagi pelaku ekonomi

Dampak inflasi terhadap perekonomian yang selanjutnya adalah terjadi ketidakpastian bagi pelaku ekonomi dalam mengambil keputusan. Fakta menunjukkan bahwa inflasi yang tidak stabil akan menyulitkan masyarakat dalam melakukan konsumsi, investasi, dan produksi, yang pada akhirnya menyebabkan ekonomi menurun.

Menurunkan kemampuan ekspor

Kemampuan ekspor suatu negara akan turun saat terjadi inflasi. Biaya ekspor jadi mahal, sehingga menyebabkan devisa berkurang.

Baca juga: Kerap jadi Primadona dalam Investasi, Apakah Harga Emas bisa Turun?

Berkurangnya minat menabung

Untuk diketahui, inflasi juga bisa mengurangi minat masyarakat untuk menabung di bank. Hal ini lantaran bunga tabungan menjadi lebih kecil karena tergerus inflasi. Terlebih lagi, menabung di bank juga perlu biaya administrasi setiap bulan, sehingga bunga yang didapat oleh nasabah akan semakin kecil.

Ya, itulah penyebab inflasi, cara mengatasi, dan dampak inflasi terhadap perekonomian yang perlu kamu tahu. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply