Blog

6 Contoh Ekonomi Kreatif yang Bisa Dilakukan oleh Kaum Milenial

Danain-contoh_ekonomi_kreatif-gambar fotografi dan kameranya

Contoh ekonomi kreatif

Dari musik hingga fotografi, ini contoh ekonomi kreatif yang perlu kamu tahu!

Contoh ekonomi kreatif sangat banyak dicari oleh pebisnis muda, untuk memaksimalkan peluang kesuksesan di era digital ini. Namun, apa saja contoh ekonomi kreatif yang bisa dikembangkan sesuai passion-mu? Sebelum menentukan mana yang paling tepat, kamu perlu tahu dulu tentang pengertian dan jenis-jenisnya.

Ekonomi kreatif ialah sebuah inovasi di bidang ekonomi yang melibatkan kreativitas serta inovasi yang dinamis. Dengan adanya sistem ini, maka usaha seseorang bisa lebih kompetitif dalam persaingan di era digital.

Berikut ini akan dibahas beberapa contoh ekonomi kreatif yang bisa dikembangkan oleh kaum milenial. Tentunya dengan budget yang tak terlalu besar sebagai modalnya.

1.Contoh Ekonomi Kreatif di Bidang Musik

Banyak kegiatan ekonomi yang juga dihubungan dengan passion seseorang, salah satunya adalah musik. Siapa sangka, di era digital ini, ekonomi kreatif di bidang musik sangat banyak diminati.

Contoh penerapan inovasi bisnis di bidang musik antara lain aransemen lagu, penggubahan lirik lagu, dan remix lagu. Semuanya merupakan kegiatan jual beli di bidang jasa yang membutuhkan keahlian khusus.

Baca juga: OJK Beberkan Tips Mengelola Finansial bagi Milenial di Tengah Pandemi

2. Ekonomi Kreatif di Bidang Kuliner

Tak hanya musik, kuliner menjadi salah satu bidang yang disukai oleh banyak orang, terutama kaum milenial. Beberapa contoh ekonomi kreatif di bidang kuliner antara lain membuat jajanan sehat, olahan frozen food, dan Korean street food yang sedang booming.

Dengan modal yang tak terlalu banyak, kamu bisa mendapatkan keuntungan besar. Apalagi jika kamu menerapkan quality control yang baik dan analisis SWOT sebelum menjalankan bisnis.

3. Bidang Perikanan dan Inovasi Bisnis yang Memungkinkan

Sektor perikanan menjadi salah satu bidang yang bisa sangat menguntungkan. Pasalnya, bidang perikanan erat kaitannya dengan kuliner dan juga hobi.

Ada ikan yang dibudidayakan untuk usaha kuliner, seperti lele, nila, gurami, dan juga mujair. Kemudian, ada juga ikan yang dibudidayakan untuk kompetisi dan hobi, seperti arwana maupun cupang. Kamu bisa memilih salah satu jenisnya dan memperdalam bisnis ini.

Baca juga: Milenial, 5 hal ini Harus Kamu Lakukan jika Mau Kaya dalam 5 Tahun!

4. Inovasi Bisnis di Bidang Fashion

Tak pernah ada barang yang tak laku di bidang fashion. Itulah salah satu quote yang sering dikatakan oleh para penggiat bisnis ini. Faktanya, inovasi ekonomi di bidang fashion memang sangat menakjubkan.

Kamu bisa memulai dengan bisnis fashion OOTD, konseptual, dan juga custom. Masing-masing sektor punya pasar sendiri yang dapat disesuaikan dengan passion-mu. Ketersediaan modal juga bisa memengaruhi jenis produk yang kamu tawarkan.

5. Kreasi Bisnis di Bidang Software dan Aplikasi

Banyak orang yang sudah meramalkan bahwa di era digital ini akan semakin banyak inovasi yang berkaitan dengan software dan aplikasi. Salah satunya adalah dengan mengembangkan game, membuat informasi berbasis virtual, dan menerima pesanan media pembelajaran online.

Baca juga: Hati-hati, 3 Pengeluaran ‘Bodoh’ ini Bikin Generasi Milenial Sulit Kaya!

6. Bidang Fotografi

Fotografi menjadi salah satu bagian penting di era digital, sebab seni fotografi kian berkembang dan memiliki konsep yang keren serta kekinian. Kamu bisa mencoba usaha bidang fotografi dengan fokus pada pemotretan pre-wedding, paket wisuda, hingga iklan digital.

Kesimpulan dari ulasan ini, banyak sekali contoh ekonomi kreatif yang bisa kamu kembangkan sesuai dengan passion. Yang perlu kamu lakukan adalah mengenali apa yang kamu sukai, agar bisa menjalankan hobi yang dibayar. Jangan lupa lakukan analisis SWOT terlebih dahulu sebelum mengeksekusi ide-ide di atas, sehingga kamu bisa mendulang kesuksesan seperti yang diimpikan.

Leave a Reply