Blog

Mengapa Ekonomi Kreatif Penting Dibangun di Indonesia?

danain-Mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia-gambar kerajinan tangan

Mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia?

Beberapa tahun belakangan, ekonomi kreatif telah menjadi salah satu penggerak roda ekonomi bagi bangsa Indonesia. Berikut sederet alasan mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia dan terus dikembangkan!

Industri ekonomi kreatif banyak berkembang di Indonesia beberapa tahun belakangan. Bahkan, industri ini termasuk salah satu industri yang membantu menggerakkan roda ekonomi bangsa untuk bangkit di masa pandemi seperti saat ini.

Besarnya potensi ekonomi kreatif untuk terus berkembang kemudian mendapatkan banyak dukungan dari pemerintah. Salah satunya lewat pembentukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan/atau Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Barekraf) yang akan membantu para pelaku bisnis ekonomi kreatif dalam memaksimalkan sektor bisnis yang satu ini.

Nah, sebelum masuk ke pembahasan lebih lanjut tentang mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia, akan lebih baik jika kamu tahu terlebih dulu apa yang dimaksud dengan ekonomi kreatif.

Baca juga: Nggak Banyak yang Tahu, Segini Lho Gaji Tukang Parkir Pesawat per Bulan di Indonesia!

Apa yang Dimaksud Ekonomi Kreatif?

Berdasarkan definisinya, ekonomi kreatif adalah sektor perekonomian yang memanfaatkan kreativitas, pengetahuan, dan ide yang dimiliki oleh pelakunya sebagai modal utama dalam menjalankan produksi.

Beberapa sektor ekonomi kreatif yang mudah kita temui saat ini meliputi: industri musik, perfilman, kerajinan, desain, fashion, video, game, periklanan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lantas, Mengapa Ekonomi Kreatif Penting Dibangun di Indonesia?

Setelah mengetahui definisi serta contoh dari ekonomi kreatif di atas, berikut kami jelaskan beberapa alasan mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia:

  1. Menyerap banyak tenaga kerja

Industri ekonomi kreatif yang bermunculan sekarang telah membantu pemerintah dalam menyediakan lapangan pekerjaan yang cukup masif. Jumlah ini akan terus mengalami peningkatan seiring dengan berkembangnya ekonomi bangsa dan kebutuhan sektor ekonomi kreatif tersebut.

Terlebih jika sumber daya manusia di Indonesia dibekali dengan kemampuan khusus yang mumpuni. Tentu peluang untuk berkembang di sektor ekonomi kreatif akan terbuka sangat lebar.

Baca juga: 10 Masalah Pendidikan di Indonesia, Apa Saja?

  1. Meningkatkan kreativitas sumber daya dan penciptaan inovasi terbaru

Industri ekonomi kreatif dibangun berdasarkan ide serta kreativitas dari pemiliknya juga harus dikembangkan dengan kreativitas yang dimiliki oleh semua orang yang terlibat di dalamnya. Kreativitas yang tanpa batas akan menghasilkan inovasi-inovasi terbaru dan menarik dari waktu ke waktu.

Lingkungan ekonomi kreatif yang diisi oleh orang-orang dengan kreativitas tinggi akan saling bertukar. Mereka yang baru terjun ke dunia industri kreatif pun juga akan belajar, sehingga kreativitasnya akan terus terangsang.

Dengan begitu, industri ekonomi kreatif secara tidak langsung akan membantu mengembangkan potensi dari individu yang terlibat agar lebih berkualitas dan memiliki daya saing.

  1. Memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan

Ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia juga karena banyaknya minat investor yang ingin menanamkan modalnya pada industri ini. Selain dianggap lebih relevan untuk dijadikan peluang berinvestasi di era digital, industri ekonomi kreatif juga lebih mudah untuk berkembang dan beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Tentunya dengan perkembangan sektor bisnis ekonomi kreatif akan memberikan dampak yang signifikan pada perekonomian bangsa, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

  1. Menciptakan identitas bangsa

Sektor ekonomi kreatif yang ada juga dapat menciptakan identitas bangsa yang unik dan tidak dimiliki oleh bangsa lain. Sebagai contoh, Indonesia dikenal sebagai negara dengan penghasil kain batik terbesar yang diekspor ke berbagai negara.

Baca juga: 5 Jurusan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, Apa Saja?

Selain itu, Tokopedia, Gojek, dan perusahaan digital lain yang berbasis kreativitas dalam bidang IT mampu memberikan branding bagi Indonesia di mata dunia sebagai bangsa yang kreatif.

Itulah ulasan tentang mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia. Perannya yang krusial akan sangat berdampak signifikan pada perkembangan ekonomi bangsa kita ke depannya.

Leave a Reply