Blog

Nggak Banyak yang Tahu, Segini Lho Gaji Tukang Parkir Pesawat per Bulan di Indonesia!

danain-Gaji tukang parkir pesawat per bulan di indonesia-gambar tukang parkir pesawat

Gaji tukang parkir pesawat per bulan di indonesia

Profesi tukang parkir pesawat mungkin masih terdengar asing di telinga kita. Namun, siapa sangka profesi ini beneran ada, lho! Penasaran berapa gaji tukang parkir pesawat per bulan di Indonesia?

Sampai saat ini masih banyak orang yang tidak percaya bahwa profesi tukang parkir pesawat benar-benar ada dan banyak dibutuhkan oleh maskapai penerbangan. Juru parkir pesawat atau yang biasa disebut marshaller adalah salah satu pekerjaan dengan tanggung jawab yang besar dan perlu keahlian khusus.

Tak seperti tukang parkir kendaraan darat pada umumnya yang cenderung mendapatkan bayaran dari banyaknya orang yang parkir di lahan mereka, seorang juru parkir pesawat biasanya digaji bulanan, lengkap dengan berbagai macam tunjangan yang bisa mereka dapatkan.

Nah, kira-kira berapa sih gaji tukang parkir pesawat per bulan di Indonesia dan apa saja tunjangan yang didapatkan?

Gaji Tukang Parkir Pesawat per Bulan di Indonesia

Secara umum, kisaran gaji tukang parkir pesawat per bulan di Indonesia adalah Rp 5-6 juta. Namun, tak sedikit juga yang diberikan gaji sesuai dengan Upah Minimum Regional (UMR). Semua tergantung pada peraturan dan regulasi dari setiap perusahaan maskapai penerbangan yang mempekerjakan.

Baca juga: Inilah Contoh Slip Gaji Sederhana dan 5 Komponen Penting yang Wajib Ada di Dalamnya!

Sesuai dengan besarannya, profesi ini terbilang profesi yang sulit, perlu keahlian khusus, dan tanggung jawab yang besar. Bagaimanapun, keselamatan para penumpang pesawat hingga koordinasi dengan pilot merupakan hal utama yang harus diperhatikan oleh seorang tukang parkir pesawat.

Tak hanya itu, mereka juga bertanggung jawab untuk menempatkan pesawat di lokasi yang aman. Jadi, besaran gaji yang diterima sudah cukup seimbang dengan tugas serta tanggung jawab pekerjaan ini.

Besaran gaji tukang parkir pesawat per bulan di Indonesia ini juga bisa naik seiring dengan kemampuan dan masa kerja.

Lalu, bagaimana dengan jam kerjanya? Tukang parkir pesawat punya jam kerja yang cukup panjang, yakni 13 jam/hari. Dalam sehari, biasanya tukang parkir pesawat bisa memarkirkan 5 pesawat.

Tunjangan Tukang Parkir Pesawat di Indonesia

Selain gaji, tukang parkir pesawat juga diberikan tunjangan tiap tahunnya. Tunjangannya cukup banyak, di antaranya ada tunjangan asuransi kesehatan, tunjangan keluarga, hingga tunjangan operasional.

Baca juga: Anti Ribet, ini Cara Cerdas untuk Mengatur Gaji Bulanan!

Namun, balik lagi, hal ini kembali pada kebijakan masing-masing perusahaan maskapai tempat mereka bekerja.

Perangkat Keselamatan Tukang Parkir Pesawat

Mendapatkan gaji per bulan yang lumayan besar hingga tunjangan, lalu, apakah keselamatan dalam bekerja untuk memarkirkan pesawat juga diperhatikan? Jawabannya, tentu saja!

Seorang juru parkir pesawat diberi perangkat keselamatan hingga alat penunjang untuk menjalankan tugasnya. Untuk bertugas di berbagai kondisi, mulai dari cuaca yang panas, hujan, hingga badai, para juru parkir pesawat akan dibekali dengan alat-alat kerja, seperti penutup telinga, tongkat LED, jaket neon yang mencolok, hingga sepatu dengan ujung besi.

Secara keseluruhan, gaji tukang parkir pesawat per bulan di Indonesia hingga tunjangan yang ditawarkan memang terlihat menggiurkan. Namun, faktor risiko keselamatan kerja, tanggung jawab, hingga keahlian juga menjadi hal yang patut dipertimbangkan.

Dibutuhkan keahlian komunikasi verbal dan non verbal yang baik, serta mental dan fisik yang kuat untuk bisa menjadi tukang parkir pesawat. Seleksi posisi ini pun dilakukan cukup ketat, tapi tidak dibutuhkan kualifikasi pendidikan yang tinggi untuk menjadi juru parkir pesawat.

Baca juga: Gaji Istri Lebih Besar daripada Suami, Siasati dengan Hal ini!

Beberapa maskapai membuka seleksi tukang parkir pesawat dengan kualifikasi pendidikan minimal SMA dengan kisaran usia 18- 35 tahun.

Dengan kualifikasi pendidikan yang cukup umum, besaran gaji tukang parkir pesawat per bulan di Indonesia memang cukup besar dibandingkan dengan posisi pekerjaan lainnya. Apakah kamu tertarik untuk menjadi juru parkir pesawat?

Leave a Reply