Blog

5 Jurusan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, Apa Saja?

danain-Jurusan dengan gaji tertinggi di Indonesia-gambar ilustrasi sarjana

Jurusan dengan gaji tertinggi di Indonesia

Selain minat dan bakat, salah satu alasan memilih jurusan kuliah adalah prospek kerja setelah lulus. Berikut kami beberkan 5 jurusan dengan gaji tertinggi di Indonesia yang perlu kamu tahu!

Tak dipungkiri, banyak orang yang memilih jurusan kuliah sesuai minat dan bakat yang disukai. Akan tetapi, ada juga yang memilih jurusan karena melihat peluang kerja dan penghasilan yang bisa didapat setelah lulus kuliah.

Kamu termasuk kategori yang mana, nih?

Ya, apapun jawaban kamu, setiap orang yang menempuh pendidikan tinggi pada intinya ingin mendapatkan pekerjaan yang baik dengan penghasilan yang tinggi pula. Terlebih jika biaya kuliah yang dikeluarkan tidak sedikit. Ini hal yang wajar!

Nah, pada kesempatan ini, kami akan membeberkan sejumlah jurusan dengan gaji tertinggi di Indonesia, seperti dikutip dari berbagai sumber. Penasaran apa saja? Yuk, simak sampai tuntas!

Teknik Informatika

Jurusan dengan gaji tertinggi di Indonesia yang pertama adalah Teknik Informatika.

Seperti yang diketahui, perkembangan teknologi makin hari makin bertambah canggih. Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja di bidang IT, mulai dari programmer, developer, hingga software engineer.

Baca juga: Perhatikan Baik-baik, ini Cara Menghitung Gaji Karyawan Berdasarkan Omset!

Karena itu, lulusan Teknik Informatika jadi salah satu yang paling dibutuhkan di era serba digital seperti sekarang. Penghasilannya pun tergolong besar ketimbang profesi lain.

Berdasarkan survei gaji yang dilakukan National Association of Colleges and Employers (NACE) beberapa tahun lalu, rata-rata gaji seorang programmer di Amerika Serikat bisa mencapai angka Rp 919 juta per tahun. Sementara di Indonesia, gaji yang diperoleh adalah di atas Rp 10 juta per bulan.

Sains Data

Selain Teknik Informatika, lulusan Sains Data juga sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan belakangan ini. Tenaga Sains Data diperlukan untuk mengolah data menjadi informasi.

Karena perannya yang sangat penting, tak heran jika penghasilan yang didapat juga terbilang tinggi. Menurut kabar, seorang ahli Sains Data bisa memperoleh gaji antara Rp 15 – 40 juta per bulan.

Teknik Perminyakan

Jurusan dengan gaji tertinggi di Indonesia yang selanjutnya adalah Teknik Perminyakan. Lulusan dari jurusan ini berpeluang besar untuk bekerja di sejumlah perusahaan minyak berskala internasional.

Baca juga: Ini Dia, Perusahaan dengan Gaji Terbesar di Indonesia!

Penasaran dengan gaji yang didapat? Rata-rata gaji pekerja di sektor perminyakan bisa mencapai angka Rp 20 juta per bulan.

Teknik Pertambangan

Di daftar berikutnya ada Teknik Pertambangan. Sekadar informasi, mahasiswa yang menempuh kuliah ini akan mempelajari proses penambangan, seperti minyak, gas bumi, hingga batu bara. Mereka juga akan belajar tentang eksploitasi bahan tambang hingga proses pemasarannya.

Terkait penghasilan saat bekerja, mereka bisa mendapatkan gaji antara Rp 11 – 32 juta per bulan.

Kedokteran

Jurusan dengan gaji tertinggi di Indonesia yang terkahir adalah Kedokteran.

Kita sama-sama tahu bahwa profesi ini memang bisa menghasilkan banyak uang dan masa depan yang cemerlang. Bayangkan saja, seorang dokter spesialis bisa mendapatkan Rp 500 ribu per kunjungan untuk biaya konsultasi saja. Belum ditambah biaya tindakan, operasi, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Mengatur Uang Gaji 2 Juta agar Cukup dalam Sebulan

Tak heran jika seorang dokter mampu menghasilkan uang hingga Rp 100 juta per bulan dari pekerjaan yang dilakukan. Oh ya, nominal tersebut belum termasuk jika mereka buka praktik sendiri, lho!

Kendati begitu, dibutuhkan biaya kuliah yang tinggi dan waktu yang cukup lama untuk bisa menjadi dokter spesialis. Jadi tak heran, setelah mendapatkan gelar tersebut, mereka bisa memperoleh gaji yang sepadan.

Ya, itulah sederet jurusan dengan gaji tertinggi di Indonesia yang perlu kamu tahu. Tertarik memilih salah satunya?

Leave a Reply