Blog

10 Masalah Pendidikan di Indonesia, Apa Saja?

danain-masalah pendidikan di Indonesia-gambar sarjana sedang wisuda

masalah pendidikan di Indonesia

Apa saja 10 masalah pendidikan di Indonesia? 

Keberadaan 10 masalah pendidikan di Indonesia harus ditindaklanjuti dan segera ditangani. Pendidikan di Indonesia tergolong tertinggal, jika dibandingkan negara superpower. Permasalahan mengenai pendidikan di Indonesia terbilang kompleks dan cukup mengganggu aktivitas. Berikut ulasan lengkap tentang problem tersebut.

Kekerasan dalam Dunia Pendidikan

Menurut Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), dari Januari sampai Oktober 2019, tercatat 127 kekerasan pada lembaga pendidikan, mencakup kekerasan fisik, psikis, serta seksual. Terkait 10 masalah pendidikan di Indonesia, menurut KPAI, melibatkan guru atau kepala sekolah, siswa, serta orang tua siswa.

Dunia Pendidikan dengan Dunia Kerja yang Tidak Sesuai

Banyaknya lulusan sekolah menengah serta perguruan tinggi yang kurang terampil dalam bidang teknologi serta industri. Kebijakan menyambung sistem pendidikan dengan dunia industri tidak benar-benar dijalankan, dan kurang perhatian terhadap kebutuhan di lapangan.

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Apa Perbedaan antara Pendidikan Formal dan Pendidikan Nonformal?

Masih Merajalelanya Pungutan Liar

Biasanya, pungutan liar seperti ini diterapkan oleh pegawai, guru, pemimpin sekolah dan lainnya, dalam bentuk uang dan lainnya ke murid. Contoh pungutan tidak sesuai aturan, seperti sumbangan masjid yang nominalnya tidak biasa, di mana pungutan liar dipergunakan bagi kesejahteraan pribadi.

Belum Maksimalnya Pendidikan Agama dan Pendidikan Mental

Anak harus dididik serta diajarkan sopan santun, baik pada lingkungan sekolah maupun keluarga. Pembangunan karakter maupun watak sangat penting. Tentunya, Indonesia ingin memiliki bangsa yang unggul, berakhlak, berperilaku baik, berbudi pekerti, serta berperadaban mulia.

Terbatasnya Jumlah Guru yang Terampil

Kebanyakan guru yang terampil dan berkualitas bisa ditemukan pada kota maupun daerah yang aksesnya mudah. Daerah terpencil maupun terpinggir sulit memperoleh guru, maka pemerintah perlu memeratakan tenaga pendidik terampil pada daerah pelosok.

Bahan Pembelajaran yang Minim

Keterbatasan bahan ajar ini juga bisa disebabkan kesadaran literasi di Indonesia tergolong rendah, maka perlu berinisiatif mencari modul pembelajaran. Bukan sekadar menunggu bahan ajar dari pemerintah, pendidik bisa belajar dari buku luar, nantinya mentransformasikan pesan buku ke murid.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Inilah Pentingnya Pendidikan bagi Setiap Warga Negara!

Dana Pendidikan yang Mahal

Salah satu dari 10 masalah pendidikan di Indonesia yaitu mengenai biaya pendidikan, meskipun telah digadang-gadang sekolah gratis. Tetapi, tetap ada bagian yang membayar. Ironinya, tidak sedikit masyarakat miskin yang hanya mampu membayar seberapa.

Masalah Pendidikan terhadap Kelompok Difabel

Tidak sedikit kelompok difabel yang mengalami kesulitan ketika mencari sekolah inklusi, yang berarti jumlah sekolah inklusi terbilang sedikit. Bahkan, secara tidak langsung, sekolah inklusi turut mengkotak-kotakkan, sehingga semakin tereksklusi dari realitas sosial.

Rendahnya Mutu Pendidikan

Salah satu hal yang menjadikan rendahnya mutu pendidikan yaitu perspektif masyarakat umum yang menganggap bahwa menuntut ilmu bukan kewajiban. Sungguh disayangkan, kini belajar dijadikan ajang memenuhi gengsi, mencari pangkat, hingga memperoleh gelar.

Baca juga: Jurus Ampuh untuk Persiapkan Dana Pendidikan Anak di Masa Depan

Sarana dan Prasarana Kurang Memadai 

Permasalahan seperti ini dikeluhkan oleh guru, wali murid, bahkan muridnya. Salah satu dari 10 masalah pendidikan di Indonesia yang banyak dialami sekolah-sekolah di pedesaan yaitu sarana dan prasarana kurang memadai. Tetapi, ada juga yang terbatas dengan banyak hal, contohnya berangkat ke sekolah harus melintasi pulau seberang.

Koleksi buku-bukunya juga terbatas, karena akses menuju daerahnya juga terbatas. Permasalahan lainnya datang dengan belum adanya jaringan listrik, sehingga memakai penerangan tradisional.

Nah, 10 masalah pendidikan di Indonesia telah diulas, menjadi PR bagi pemerintah agar masyarakat bisa mengenyam pendidikan secara maksimal. Di antara permasalahan pendidikan di Indonesia yang telah diulas, pengalaman seperti apa yang sedang atau pernah kamu alami?

Leave a Reply