Blog

Mau Nikah di Tahun 2020? Ini Rincian Biaya yang Perlu Kamu Keluarkan!

DanaIN_biaya nikah_gambar koin

Bagi sebagian orang, pernikahan adalah momen sakral yang menandai fase baru dalam kehidupan. Tak heran jika banyak orang yang merencanakannya sebaik mungkin agar acara itu terlaksana dengan maksimal dan jadi sebuah kenangan indah di masa yang akan datang.

Pertanyaannya, berapakah biaya ideal yang harus digelontorkan untuk menghelat acara pernikahan?

Secara garis besar, tak ada aturan baku soal biaya pernikahan. Prinsipnya adalah tergantung seberapa besar resepsi akan digelar dan jumlah tamu yang akan diundang. Makin mewah pesta pernikahan, maka makin besar pula dana yang harus dikucurkan.

Namun, seperti yang kita tahu, pandemi covid-19 saat ini masih bergulir dan hal itu tentu berpengaruh terhadap acara pernikahan yang akan digelar. Info terbaru, pemerintah telah mengizinkan resepsi pernikahan dihelat di gedung atau hotel, dengan catatan harus menerapkan kapasitas maksimal sebesar 25% serta menegakkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Lantas, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menggelar pesta pernikahan di tahun 2020 yang notabene masih berstatus pandemi? Berikut rincian dan estimasinya, sebagaimana dikutip dari berbagai sumber!

Biaya seserahan

Sebagian orang menganggap bahwa seserahan adalah salah satu tradisi yang harus ada dalam prosesi pernikahan. Umumnya, isi seserahan adalah perlengkapan ibadah, pakaian, sepatu, jam, hingga makanan atau buah-buahan. Biaya seserahan tentu bervariasi, tergantung pada jumlah barang yang ingin diberikan. Untuk versi sederhana, estimasinya bisa sekitar Rp 3 juta – Rp 5 juta.

Cincin kawin

Biasanya, cincin kawin berbahan emas putih atau emas kuning dengan harga yang bervariasi. Untuk sepasang cincin kawin, kamu bisa menyiapkan anggaran sekitar Rp 4 juta – Rp 6 juta.

Baca juga: Penting, 6 Masalah Finansial ini Harus Dibicarakan dengan Pasangan Sebelum Menikah!

Biaya KUA

Berdasarkan peraturan pemerintah, menikah di Kantor Urusan Agama (KUA) pada hari kerja (Senin-Jumat) sama sekali tidak dipungut biaya. Sementara di luar itu akan dikenakan tarif sebesar Rp 600 ribu.

Gedung

Menggelar pesta pernikahan di gedung masih menjadi favorit banyak orang. Karena masih dalam masa pandemi, cobalah untuk memilih gedung yang tak terlalu besar, mengingat tamu undangan yang datang tentu akan dibatasi.

Terkait biaya, lagi-lagi nominalnya bervariasi. Estimasinya mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 30 juta, tergantung luas dan lokasi gedung berada.

Dekorasi

Untuk mempercantik venue acara, sentuhan dekorasi sangat diperlukan. Tentu saja, ada biaya tambahan yang perlu dikeluarkan. Estimasinya, kamu perlu menggelontorkan biaya mulai dari Rp 10 juta untuk keperluan ini.

Catering

Urusan catering jadi hal penting dalam sebuah pesta pernikahan. Biaya yang dikeluarkan pun tidak sedikit, apalagi jika yang disajikan adalah menu lezat bercita rasa tinggi.

Sebagai gambaran, biaya catering dengan paket yang murah berkisar di angka Rp 60 ribu setiap porsinya. Jika total undangan kamu misalnya 200 orang, maka biaya yang perlu digelontorkan adalah: Rp 60 ribu x 200 = Rp 12 juta.

Baca juga: Pasangan Muda, Ini Trik Jitu Rencanakan Keuangan Rumah Tangga agar Bisa Hidup Sejahtera!

Cetak undangan dan souvenir

Kurang lengkap rasanya jika tak ada undangan dan souvenir dalam sebuah pesta pernikahan. Dalam hal ini, kamu harus pintar-pintar mencari vendor yang bisa memberikan harga murah, namun dengan kualitas yang tetap baik.

Estimasinya kurang-lebih seperti ini: Misal, jumlah undangan kamu 200 orang. Maka, biaya yang harus kamu keluarkan untuk cetak undangan adalah Rp 3 ribu x 200 = Rp 600 ribu. Sementara untuk souvenir, Rp 5 ribu x 200 = Rp 1 juta.

Rias dan baju pengantin

Baju pengantin hanya dipakai sekali dalam seumur hidup. Karena itu, tak ada salahnya untuk menyewa saja demi menghemat biaya pernikahan.

Umumnya, harga yang dibandrol vendor untuk jasa rias dan sewa baju pengantin berkisar di angka Rp 8 juta. Angka ini tentu akan melambung jika kamu memutuskan untuk membuat baju pengantin sendiri dan menggunakan jasa make up artist yang profesional.

Dokumentasi

Agar bisa dikenang, momen pernikahan tentu perlu didokumentasikan, baik dalam bentuk foto maupun video. Lakukanlah riset dan perbandingan untuk mencari jasa dokumentasi yang keren dengan harga yang terbaik. Di tengah pandemi ini, kisaran paket foto dan video versi murah untuk pesta pernikahan ada di kisaran Rp 5 juta.

Biaya lainnya

Biaya tambahan juga perlu kamu siapkan untuk melangsungkan pernikahan di tahun ini. Misal: untuk hiburan musik yang angkanya mulai dari Rp 3 juta. Selain itu, karena masuk era new normal, kamu juga wajib menyediakan perlengkapan untuk protokol kesehatan, seperti alat pengecek suhu tubuh dan hand sanitizer. Kisaran biayanya: Alat cek suhu tubuh Rp 300 ribu dan hand sanitizer Rp 50 ribu/botol.

Secara garis besar, biaya pernikahan di era new normal sejatinya bisa lebih hemat ketimbang melangsungkan pernikahan di masa sebelum pandemi. Hal ini tentu jadi kabar baik bagi pasangan yang memiliki budget terbatas untuk menikah. Adapun jumlah undangan dan beberapa item di atas masih bisa kamu tekan sesuai kesepakatan dengan pasangan.

Gimana, siap melangsungkan pernikahan di tahun 2020 ini?

Oh ya, bicara pernikahan, kami punya cara cerdas yang bisa kamu terapkan untuk mempersiapkan biaya nikah yang makin mahal setiap tahunnya. Cek selengkapnya di sini ya: Jangan Menabung, Ini Cara Paling Ampuh untuk Persiapkan Biaya Nikah yang Makin Mahal!

Leave a Reply