Blog

Mau Bisnis di Usia Muda? Simak 10 Tips ini agar bisa Sukses!

danain-sukses_di_usia_muda-gambar orang berjabat tangan

Tak harus menunggu mapan untuk memulai sebuah bisnis. Saat ini, banyak anak muda usia 20-an yang sukses menjalankan bisnis di berbagai bidang, mulai dari kuliner, fashion, properti, dan lain sebagainya.

Jika kamu tertarik untuk terjun ke dunia bisnis di usia muda, simak 10 tips berikut agar bisa sukses menjalaninya:

Pilih bisnis yang sesuai minat

Mungkin terdengar klasik. Tapi, menjalani bisnis yang sesuai minat memang terbukti ampuh membuat seseorang jadi sukses. Ketertarikan yang tinggi terhadap suatu hal akan membuat kamu tetap berenergi saat menekuninya.

Misal: Kamu sangat tertarik dengan dunia travelling, tiap hari ingin selalu menjelajah tempat-tempat yang eksotis dan mengumpulkan informasi tentang lokasi-lokasi wisata baru. Jika demikian, bisnis di bidang Tour & Travel bisa jadi pilihan tepat.

Jangan takut ambil risiko

Pebisnis yang sukses harus bekerja keras dan berani hadapi risiko dengan analisis yang sudah matang. Sebagai pebisnis muda, pikirkanlah dengan cermat bagaimana agar risiko ini bisa dimitigasi.

Baca juga: Pandemi Covid-19 adalah Waktu Terbaik untuk Memulai Bisnis, ini Alasannya!

Siap untuk berkorban

Meraih kesuksesan bukanlah perkara mudah. Butuh perjuangan ekstra untuk bisa mewujudkannya. Jika ingin sukses dalam berbisnis, kamu harus mengorbankan waktu dan uang yang dimiliki.

Manfaatkan dunia maya

Di era serba canggih seperti saat ini, mencari informasi jadi suatu hal yang sangat mudah. Karena itu, manfaatkanlah dunia maya untuk mencari info sebanyak mungkin, sehingga bisa menginspirasi dan memotivasi kamu untuk segera memulai bisnis.

Pelajari strategi promosi

Sebuah bisnis akan bisa sukses jika kamu tahu cara mempromosikannya. Dengan strategi promosi yang tepat, masyarakat luas akan tahu tentang jenis bisnis yang sedang kamu jalankan. Di masa sekarang, memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi bisa jadi pilihan tepat.

Latih kemampuan komunikasi

Kesuksesan sebuah bisnis juga dipengaruhi oleh kemampuan komunikasi sang pemilik. Coba pikir baik-baik: Bagaimana bisa kamu menawarkan sebuah produk jika kamu sendiri tak tahu cara mengomunikasikannya?

Intinya, dengan kemampuan komunikasi yang baik, maka barang atau produk yang kamu tawarkan akan jadi sesuatu yang bernilai jual tinggi.

Baca juga: Catat, Sederet Bisnis ini Diklaim Menjanjikan di Tahun 2021!

Perluas jaringan

Dalam dunia bisnis, networking alias jaringan harus selalu diperluas dan dijaga kedekatannya. Tujuannya hanya satu, agar bisnis kamu selalu mendapatkan banyak peluang.

Selalu berpikir positif

Berpikir positif adalah langkah awal untuk menuju kesuksesan. Dengan memiliki sikap tersebut, kamu akan mampu menghadapi semua masalah yang ada di depan mata dengan kepala dingin.

Pilih tim yang berkualitas

Dalam berbisnis, kamu tak akan bisa kerja sendiri. Kamu butuh tim yang solid untuk dapat menjalankannya dengan baik. Karena itu, pilihlah tim yang benar-benar berkualitas agar bisnis kamu bisa maju dan lebih kuat.

Baca juga: Simak Baik-baik, ini 7 Tanda jika Anda Belum Siap untuk Memulai Bisnis!

Temukan mentor yang tepat

Menjalankan bisnis butuh keterampilan dan keahlian yang mungkin saja belum kamu kuasai. Sebagai pengusaha muda, tak ada salahnya untuk mencari mentor yang tepat agar bisa membimbing kamu dalam menjalankan bisnis.

Bertemanlah dengan pengusaha yang telah lebih dulu berhasil. Jadikan mereka panutan dan minta saran mereka tiap kali ingin mengambil keputusan yang besar.

Ya, itulah sederet tips cerdas agar bisa sukses berbisnis di usia muda. Pertanyaannya: Apa sih keuntungan memulai bisnis di usia muda?

Secara garis besar, kamu memiliki banyak kesempatan untuk belajar jika terjadi kegagalan, kamu lebih berani ambil risiko, memiliki banyak energi, lebih kreatif, paham teknologi, dan lebih mudah untuk beradaptasi.

Leave a Reply