Blog

Manfaat Kuliah di Luar Negeri yang Perlu Kamu Tahu, Banyak Privilege-nya!

danain-Manfaat kuliah di luar negeri-gambar orang kuliah di luar negeri

Manfaat kuliah di luar negeri

Pernah bertanya-tanya, apa manfaat kuliah di luar negeri? Benarkah banyak pengaruh terhadap jenjang karier ke depannya?

Kuliah di luar negeri seringkali identik dengan mereka yang berasal dari kalangan atas. Padahal, tak sedikit juga orang yang dapat berkuliah ke luar negeri karena kesempatan beasiswa.

Meski kerap menimbulkan pro dan kontra, bagaimana pun kuliah di luar negeri sering dianggap sebagai hal yang ‘wah’, sebab tak semua orang dapat memiliki kesempatan menempuh pendidikan di negeri orang.

Nah, jika kamu tertarik untuk berkuliah atau melanjutkan pendidikan di luar negeri, pada artikel kali ini, kami akan memberikan sekilas informasi mengenai manfaat kuliah di luar negeri. Berikut ulasan lengkapnya!

  1. Belajar banyak hal baru

Dengan menempuh pendidikan di luar negeri, kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan baru seputar negara tempat kamu menuntut ilmu. Kamu akan tinggal di sana cukup lama dan mau tak mau harus beradaptasi dengan lingkungannya.

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Apa Perbedaan antara Pendidikan Formal dan Pendidikan Nonformal?

Kamu akan belajar banyak mengenai budaya, kebiasaan, dan hal unik lainnya. Selain itu, untuk memudahkan komunikasi di sana, kamu juga harus mempelajari bahasanya. Seiring berjalannya waktu, kamu akan mulai mahir dan terbiasa, sehingga memiliki kemampuan bahasa asing yang oke dan dapat menjadi nilai tambah di masa mendatang.

  1. Memperluas relasi di cakupan internasional

Manfaat kuliah di luar negeri yang berikutnya adalah kamu akan memiliki banyak teman dari berbagai penjuru dunia. Tak heran jika kemudian, kamu bisa belajar banyak dari mereka dan memperluas relasimu.

Relasi yang semakin luas akan memperbesar peluangmu untuk sukses dalam berkarier atau menjalankan sebuah bisnis. Siapa tahu, salah satu teman kuliahmu bisa menjadi partner bisnis di masa yang akan datang atau jadi orang yang merekomendasikanmu ke perusahaan atau pemodal.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Inilah Pentingnya Pendidikan bagi Setiap Warga Negara!

Jadi, jika kamu memiliki kesempatan untuk berkuliah di luar negeri, jangan pernah malu untuk memperbanyak teman atau memperluas relasi sebesar-besarnya.

  1. Kesempatan bekerja dan jenjang karier yang lebih besar

Tak hanya dua poin di atas, manfaat kuliah di luar negeri yang lain adalah memperbesar peluangmu diterima bekerja di perusahaan dalam negeri. Banyak perusahaan di sini yang mengutamakan lulusan dari luar negeri agar dapat membantu mengembangkan perusahaan mereka.

Tentu, kamu tak hanya bisa mengandalkan ijazah dari negeri orang, melainkan juga harus bisa memberikan bukti lewat berbagai macam cara, mulai dari aktivitas organisasi sebelumnya, prestasi dalam kuliah, dan lain sebagainya, sehingga bisa menjadi nilai plus dalam pertimbangan perusahaan untuk menerimamu bekerja.

  1. Belajar hidup mandiri

Kuliah di luar negeri secara tidak langsung akan mengajarimu untuk hidup mandiri. Terlebih, jika kamu benar-benar tinggal sendiri tanpa keluarga atau sanak saudara.

Kamu dituntut untuk dapat mengelola waktu dengan baik antara belajar dan bersenang-senang. Kamu juga harus mampu mengurus diri sendiri, termasuk memasak makanan, rutin membersihkan kamar, belanja bulanan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Pernah Putus Sekolah, Pria ini Sukses jadi Pengusaha Bergelar Miliarder!

Bahkan, ketika sakit, kamu harus bisa mengurus diri sendiri karena tidak ada keluarga yang dapat membantu, selain teman sekamar atau teman dekat di kampus. Tak heran jika mereka yang kuliah di luar negeri kerap dianggap sebagai orang yang cakap dalam memecahkan masalah dan mencari solusi.

Ya, itulah beberapa manfaat kuliah di luar negeri yang perlu kamu tahu. Meski kerap dibangga-banggakan, namun jika kamu tidak menempuh pendidikan dengan baik di negeri orang, tentu privilege yang kamu dapat akan berbeda dari orang kebanyakan.

Maka dari itu, jangan pernah sia-siakan kesempatan yang ada saat ini. Jika kamu memiliki kesempatan untuk kuliah di luar negeri, berusahalah dengan giat, perluas relasimu, dan jangan lelah belajar dari banyak orang.

Leave a Reply