Blog

Jangan Anggap Remeh, Inilah Pentingnya Pendidikan bagi Setiap Warga Negara!

Danain-Pentingnya_pendidikan-gambar topi toga

Pentingnya pendidikan buat semua orang

Setiap orang punya pandangan yang berbeda terkait berbagai hal, termasuk soal pendidikan. Ada orang yang menganggap pendidikan sesuatu hal yang penting, ada pula yang menilai sebaliknya.

Bagi mereka yang beranggapan pendidikan itu tidak penting, alasan yang mereka kemukakan biasanya sudah bisa ditebak, yakni terkait finansial. Mereka menilai bahwa menempuh pendidikan hanya buang-buang uang saja, sedangkan jika bekerja mereka justru bisa menghasilkan uang. Ya, apapun alasannya, setiap orang sejatinya perlu mendapatkan pendidikan yang layak agar kehidupannya bisa lebih baik.

Secara garis besar, pendidikan bisa diartikan sebagai proses belajar untuk memperoleh pengetahuan. Proses belajar yang dimaksud tak hanya bisa didapat dari sekolah atau lembaga pendidikan, melainkan juga bisa diperoleh dari lingkungan yang terdekat, yaitu dari rumah dan keluarga.

Lantas, apa sih pentingnya pendidikan buat kita umat manusia? Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dikutip dari berbagai sumber:

Membangun karakter yang baik

Pendidikan tak hanya memberikan pengetahuan, tapi juga bisa membentuk karakter seseorang menjadi lebih baik. Orang yang berpendidikan cenderung bijak dan dewasa dalam menyikapi berbagai hal. Mereka juga mampu merencanakan masa depan yang lebih baik dan mengambil keputusan yang terbilang tepat. Satu hal yang pasti, pendidikan membuat kita jadi pribadi yang manusiawi. Itulah pentingnya pendidikan yang pertama.

Baca juga: Jangan Menabung, Ini Cara Paling Mujarab untuk Persiapkan Dana Pendidikan Anak yang Makin Mahal di Masa Depan!

Berpotensi dapatkan penghasilan yang lebih tinggi

Orang yang berpendidikan lebih berpeluang mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang tinggi ketimbang yang tidak memiliki pendidikan. Dengan penghasilan yang tinggi, kehidupan kamu tentu akan lebih nyaman karena semua kebutuhan bisa dipenuhi. Semakin tinggi pendidikan kamu, maka pilihan karier pun akan semakin banyak.

Mewujudkan mimpi

Pentingnya pendidikan yang selanjutnya adalah untuk mengubah impian jadi kenyataan. Saat masih kecil, kamu mungkin bercita-cita ingin menjadi dokter, pilot, atau arsitek. Ya, semua itu bisa kamu wujudkan dengan pendidikan.

Kurangi angka kemiskinan

Kurangnya pendidikan merupakan penyebab utama meningkatnya kemiskinan. Kita tentu sama-sama tahu, banyak anak yang hidup dalam kemiskinan tidak punya akses terhadap pendidikan. Karena itu, pendidikan perlu ditingkatkan untuk mengatasi kemiskinan.

Tingkatkan kesehatan

Manfaat pendidikan yang berikutnya adalah mampu meningkatkan kesehatan bagi orang yang bersangkutan. Perlu kamu tahu, anak-anak yang lahir dari ibu berpendidikan punya peluang lebih besar untuk menjalani kehidupan yang lebih sehat. Pertumbuhan mereka cenderung lebih baik karena memperoleh asupan gizi yang cukup lengkap.

Baca juga: Jurus Ampuh untuk Persiapkan Dana Pendidikan Anak di Masa Depan

Mampu tingkatkan perekonomian

Pentingnya pendidikan yang keenam adalah mampu meningkatkan perekonomian di suatu negara. Faktanya, negara dengan angka melek huruf yang tinggi, masyarakatnya cenderung memiliki pendapatan per kapita yang tinggi pula. Sebaliknya, negara yang sebagian besar penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan, umumnya memiliki tingkat buta huruf yang sangat tinggi.

Mengurangi tingkat kejahatan

Orang yang berpendidikan paham betul perbedaan antara benar dan salah dalam menjalani kehidupan. Dalam hal ini, orang yang kurang pendidikan sangat rentan melakukan kegiatan-kegiatan ilegal yang bisa merugikan dirinya sendiri. Inti dari penjelasan ini, pendidikan berpengaruh besar dalam mengurangi tingkat kejahatan di suatu wilayah.

Turunkan angka pernikahan anak

Seperti yang kita tahu, pernikahan di kalangan anak jadi perhatian besar di banyak negara. Menariknya, faktor pendidikan bisa mengurangi praktik ini dengan signifikan.

Baca juga: Pernah Putus Sekolah, Pria ini Sukses jadi Pengusaha Bergelar Miliarder!

Setiap tahun, menurut data, pendidikan menengah mampu mengurangi kemungkinan terjadinya pernikahan pada anak sebesar lima persen. Fakta lainnya, penyelesaian pendidikan menengah sangat berkorelasi dengan tertundanya pernikahan pada anak perempuan.

Ya, itulah pentingnya pendidikan bagi setiap warga negara. Mulai saat ini, jangan pernah lagi ya menyepelekan pendidikan!

Leave a Reply