Blog

Mana Saja Kota Industri Terbesar di Indonesia? Simak Daftar Lengkapnya di Bawah ini!

danain-Kota industri terbesar di Indonesia-gambar ilustrasi kota industri

Kota industri terbesar di Indonesia

Apa saja daftar kota industri terbesar di Indonesia?

Kota industri terbesar di Indonesia jadi salah satu kawasan sangat prospektif untuk jangka panjang. Indonesia memiliki berbagai kota industri. Peran kota-kota industri di Indonesia mencakup berbagai kebutuhan.

Pada kesempatan ini, kami akan mengulas tentang kota-kota industri di Indonesia yang skalanya terbilang besar. Berikut daftar lengkapnya:

Jakarta

Jakarta jadi salah satu kota industri terbesar di Indonesia, dengan kawasan industri yang dimaksud adalah Pulogadung. Pulogadung jadi salah satu area industri dengan gaji tertinggi, bahkan UMR Pulogadung pada 2016 mencapai Rp 3,1 juta.

Pulogadung merupakan salah satu kecamatan yang ada di Jakarta Timur. Batas bagian utara Pulogadung adalah Kelapa Gading, batas bagian baratnya adalah Cempaka Putih. Sementara itu, bagian timur dibatasi Cakung dan bagian selatan dibatasi Jatinegara.

Baca juga: 10 Kota dengan Jumlah Miliarder Paling Banyak di Dunia, ada Jakarta?

Pulogadung jadi area industri sangat penting bagi Jakarta, ada lebih dari 40 perusahaan di kawasan ini. Perusahaan-perusahaan tersebut bergerak pada sektor makanan, minuman, otomotif, hingga obat-obatan. Namun, biaya hidup yang ditawarkan di daerah Pulogadung terbilang tinggi atau relatif mahal.

Karawang

Karawang juga menjadi salah satu kota industri terbesar di Indonesia. Gaji yang ditawarkan perusahaan di kawasan industri Karawang terbilang tinggi. Karawang menjadi tempat bernaung lebih dari 78 perusahaan yang bergerak pada bagian produksi.

Sebagian besar perusahaan yang ada di kawasan ini adalah perusahaan sektor otomotif dari negeri matahari terbit. Sementara itu, kawasan industri yang berada di wilayah Karawang mencapai 12 kawasan, dengan luas kurang lebih 13.756.358 hektar. Menurut data Disnakertrans Karawang, pabrik yang beroperasi di wilayah tersebut sekitar 1.762 pada tahun 2018.

Surabaya

Kota ini jadi kota industri terbesar nomor dua di Indonesia, terletak di Jawa Timur. Biaya hidup di Surabaya terbilang murah jika dibandingkan dengan biaya hidup di Jakarta atau kota industri lainnya.

Bidang-bidang perusahaan di Kota Pahlawan ini meliputi elektronik, makanan, sampai garmen.

Bekasi

Bekasi juga menjadi wilayah industri yang menawarkan gaji tinggi di Indonesia. Hampir sama seperti Karawang, perusahaan yang ada di Bekasi lebih dari 75, yang bergerak di bidang produksi.

Baca juga: Lezatnya Luar Biasa, ini 5 Makanan Indonesia yang Mendunia!

Kawasan industri terbesar di Bekasi terletak di daerah Cikarang, dengan jumlah kawasan industri sekitar 10. Adapun luas lahan kawasan industri di sana mencapai 9.946 hektar, dengan 4.000 pabrik yang beroperasi pada sektor produksi.

Batam

Kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau adalah Batam. Kota ini punya lokasi yang sangat strategis. Menurut data Badan Pengusaha Batam tahun 2020, ada 17 jenis industri yang beroperasi di wilayah tersebut, dengan jumlah perusahaan mencapai 1.309.

Sebagian besar perusahaan tersebut bergerak di bidang industri logam dan mesin. Kini, terdapat sekitar 25 kawasan industri di wilayah Batam, luas lahannya mencapai 2.002 hektar bagi keseluruhan kawasan.

Pasuruan

Luas kawasan industri di Pasuruan mencapai 518 hektar. Terdapat 119 perusahaan di salah satu kota industri terbesar di Indonesia ini. Pasuruan merupakan salah satu kota di Jawa Timur. Jumlah tenaga kerja di sana mencapai 23.000 orang.

Baca juga: Punya Harta Berlimpah, Inilah Sederet Orang Terkaya di Indonesia!

Perusahaan yang dominan di Pasuruan beroperasi pada bidang industri makanan serta minuman, sementara sebagian kecilnya adalah sektor otomotif. Meskipun Pasuruan termasuk kota yang dekat dengan Malang, namun UMR yang ditawarkan Pasuruan lebih tinggi kisaran Rp 1 juta dibandingkan Malang.

Itulah daftar kota industri terbesar di Indonesia yang perlu diketahui. Intinya, setiap daerah memiliki sektor industri masing-masing yang berperan penting pada roda perekonomian Indonesia.

Leave a Reply