Blog

Keren, Inilah Jenis Batu Ruby Termahal di Indonesia!

danain-Jenis batu ruby termahal-gambar batu ruby

Jenis batu ruby termahal

Apa saja jenis batu ruby termahal di Indonesia?

Di masa sekarang ini, mungkin belum banyak yang tahu tentang jenis batu ruby termahal yang ada di wilayah Indonesia. Memang, kecantikan dari warna merahnya selalu saja membuat batu ini banyak diminati oleh para kolektor.

Oleh sebab itu, untuk mengetahui jenis hingga manfaatnya, simak ulasan di bawah ini hingga tuntas!

Apa itu Batu Ruby?

Sebelum membahas lebih jauh terkait jenis batu ruby termahal, kamu perlu tahu dulu apa itu batu ruby. Pada dasarnya, jenis batu ruby merupakan kategori batu mulia yang memiliki beberapa jenis warna, di antaranya yaitu merah, merah darah, dan merah muda.

Keberadaan batu ini sejak dulu sering dikaitkan dengan sifat mistis, namun juga punya efek yang positif. Ketika menginjak abad 15 hingga pertengahan abad ke 16, permata ini dianggap mampu menetralkan racun. Selain itu, dapat pula mengembalikan kemudaan dan juga vitalitas manusia.

Baca juga: 5 Bunga Jenis Calathea Termahal, Harganya Sampai Jutaan!

Terlebih lagi, barang langka dan mahal satu ini juga selalu dikaitkan dengan matahari. Bahkan, ada pula yang menjadikannya sebagai ‘Tuhan’ di mana mampu mengobati berbagai macam jenis penyakit.

Jika ditinjau berdasarkan emosional, batuan tersebut dipercaya mampu meningkatkan pengaturan sekaligus memotivasi diri. Secara ilusi, memang dianggap mengundang mimpi yang positif, dalam mempertahankan kekayaan dengan semangat jelas.

Jenis Batu Ruby Termahal yang ada di Indonesia

Jika membahas terkait harga, prinsip utamanya yaitu ditentukan oleh faktor subyektif sang kolektor. Biasanya dapat ditemukan kolektor yang dapat membeli permata dengan harga cukup tinggi. Akan tetapi, pada dasarnya, harga batu ruby ditentukan berdasarkan warna, kekerasan, transparansi, serta segi olahan batu.

Untuk jenis permata yang masih belum diolah dan punya kualitas baik, biasanya diperjualbelikan dengan kisaran harga Rp 10 jutaan hingga Rp 20 jutaan. Adapun jenis batu ruby yang termasuk kategori mahal terbagi menjadi 4 jenis.

Baca juga: 5 Bunga Termahal di Dunia, Mulai dari Ratusan Juta sampai Miliaran Rupiah!

Pertama, yakni batu Ruby Tanzania. Jenis ini sudah sangat terkenal akan kualitasnya yang luar biasa. Dalam segi warna, batu ini cenderung lebih jernih dan terlihat sangat menyejukkan mata. Bahkan, jika dibedakan dengan batuan garmen, biasanya agak sulit untuk dibedakan.

Salah satu keunikan yang dimiliki, yaitu semakin kecil ukurannya, maka akan semakin terang pula pancaran cahayanya.

Kedua, yaitu batu Ruby Burma, dengan warna khas merah muda. Batu ini juga dianggap salah satu jenis batuan termahal di seluruh dunia. Hal tersebut karena keragaman warna yang sangat cantik dan cukup langka ditemukan.

Jenis ketiga, yaitu Batu Ruby Thailand dengan kualitas tidak kalah unggul. Meskipun popularitasnya cenderung lebih kecil dibandingkan jenis lainnya, akan tetapi permata ini juga selalu dimasukkan ke dalam daftar batuan yang banyak diburu oleh kolektor. Warna khasnya merah kecoklatan dengan kandungan utamanya yaitu kromium.

Untuk jenis keempat, yaitu batu Ruby Madagaskar. Jenis satu ini cenderung berwarna jauh lebih terang dibandingkan jenis batu ruby termahal lainnya. Permata ini termasuk ke dalam batuan yang mudah ditemukan dalam berbagai macam bentuk, kualitas, potongan, dan ukuran.

Baca juga: Bisa Sampai Miliaran Rupiah, Inilah 6 Jenis Pohon Bonsai Termahal yang Perlu Diketahui!

Mengenal jenis batu ruby termahal yang ada di Indonesia bahkan dunia, jadi persoalan penting untuk diketahui. Pasalnya, berbagai jenis permata tersebut dapat menjadi salah satu bagian dari investasi. Selain itu, informasi ini juga menjadi harapan agar kamu tidak salah pilih ketika ingin membeli berlian. Jangan sampai salah pilih permata palsu, ya!

Leave a Reply