Blog

Kenapa Emas Berharga? Berikut Sederet Alasannya!

danain-Kenapa emas berharga?-gambar sekeping emas

Kenapa emas berharga?

Minat masyarakat terhadap emas tak pernah lekang oleh waktu. Ini berlaku untuk emas batangan atau emas perhiasan. Yang jadi pertanyaan, kenapa emas berharga?

Emas adalah salah satu jenis investasi paling tua dalam sejarah umat manusia. Sebelum orang mengenal saham, reksa dana, atau obligasi, emas telah lebih dulu dipakai sebagai instrumen investasi.

Tak hanya itu, emas juga sudah lama dijadikan sebagai indikator dalam menilai kekayaan seseorang. Dari berbagai jenis emas yang ada di dunia, logam mulia dan emas perhiasan adalah dua jenis emas yang paling populer dipakai untuk berinvestasi.

Sekadar informasi, emas punya kelebihan dan kelemahan sebagai instrumen investasi. Kelebihannya adalah punya harga cenderung naik dari waktu ke waktu, tahan inflasi, mudah dicairkan, serta cocok untuk diversifikasi investasi. Sementara itu, kelemahannya adalah butuh tempat penyimpanan yang aman, risiko hilang cukup tinggi, dan tidak menghasilkan pendapatan pasif.

Baca juga: Investasi Emas Fisik Vs Emas Digital, Lebih Baik Mana?

Nah, bicara emas, pernahkah kamu bertanya-tanya, kenapa emas berharga? Apa yang melatarbelakangi hal tersebut? Untuk tahu jawabannya, simak ulasan berikut ini hingga tuntas!

Telah diakui sejak dulu

Eksistensi emas sudah diakui di mana-mana sejak zaman dahulu, bahkan ribuan tahun silam. Emas kerap digunakan sebagai alat bayar atau mata uang yang berlaku di seluruh dunia.

Meskipun saat ini banyak mata uang yang berlaku di setiap negara, tapi keberadaan emas tetap punya nilai tersendiri. Alhasil, orang-orang pun berlomba mengumpulkan emas dengan tujuan menyimpan nilai uang yang dimiliki.

Inilah alasan pertama kenapa emas berharga dan punya nilai yang tinggi.

Tak bisa diproduksi

Emas tak bisa diproduksi, sehingga nilainya sangat berharga. Emas berbeda dengan uang yang bisa dicetak, meski punya risiko tinggi, yakni inflasi.

Sejalan dengan itu, emas termasuk salah satu aset yang tahan terhadap inflasi, bahkan harganya pun cenderung naik dari waktu ke waktu. Tak heran saat terjadi krisis, emas jadi barang yang sering dicari.

Punya daya tahan yang tinggi

Kalau dibandingkan dengan perak atau tembaga, emas lebih istimewa karena lebih kuat. Emas tak mudah dihancurkan, sehingga bisa mempertahankan kemurniannya dalam waktu lama.

Baca juga: 10 Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia, Ada Indonesia?

Menurut kabar, jika emas dikubur selama ribuan tahun lalu digali kembali, maka emas akan tetap kokoh dan tidak hancur. Ini tentu sangat berbeda dengan besi yang mudah karat. Lebih lanjut, emas juga tidak mudah larut dengan cairan pelarut dan bisa dengan mudah dilapiskan ke logam lain untuk memberikan nilai tambah.

Sulit ditemukan

Alasan berikutnya kenapa emas berharga adalah karena emas sulit untuk ditemukan. Kita bisa sama-sama lihat, ada berapa jumlah tambang emas yang ada di dunia ini. Jumlahnya tentu bisa dihitung dengan jari.

Bisa dimanfaatkan untuk berbagai sektor

Selama ini, banyak orang beranggapan bahwa emas hanya bisa dijadikan sebagai perhiasan atau instrumen investasi saja. Padahal, emas punya manfaat lebih dari itu.

Sebut saja, emas bisa dipakai sebagai konduktor dalam ponsel, penambal gigi, pelapis bangunan, komponen pesawat luar angkasa, bahan produk kecantikan, dekorasi makanan, hingga bahan pembuat medali atau piala.

Baca juga: Sering jadi Pertanyaan, Berapa Sih Kadar Emas yang Bagus untuk Perhiasan?

Simbol kekayaan

Yang terakhir, emas sudah sejak lama dianggap sebagai simbol kekayaan. Dengan menggunakan emas perhiasan, seseorang bisa tampil elegan dan percaya diri.

Itulah sejumlah alasan kenapa emas berharga di dunia ini. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply