Blog

10 Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia, Ada Indonesia?

danain-Negara penghasil emas terbesar di dunia-gambar bongkahan emas

Negara penghasil emas terbesar di dunia

Penambangan emas adalah bisnis global yang dioperasikan di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Lantas, mana saja negara penghasil emas terbesar di dunia?

Emas merupakan logam mulia yang banyak dicari. Penyebabnya, harga emas cenderung naik dari waktu ke waktu, sehingga kerap dijadikan sebagai instrumen investasi.

Bicara emas, ada satu pertanyaan yang kerap mengemuka. Sebenarnya, mana saja negara penghasil emas terbesar di dunia?

Sekadar informasi, Indonesia menempati posisi pertama sebagai negara penghasil emas terbesar untuk kawasan Asia Tenggara. Adapun untuk tingkat global, China jadi yang teratas. Menurut data, Negeri Tirai Bambu tersebut menyumbang sekitar 11 persen dari total produksi emas dunia pada tahun 2020 lalu.

Langsung saja, berikut kami beberkan 10 negara penghasil emas terbesar di dunia, seperti dikutip dari laman Kompas.com.

China (368,3 ton)

China sudah sejak lama jadi negara penghasil emas terbesar di dunia. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, negara tersebut menyumbang sekitar 11 persen dari total produksi global.

Baca juga: Sering jadi Pertanyaan, Berapa Sih Kadar Emas yang Bagus untuk Perhiasan?

Kendati mengalami penurunan dari 383 ton menjadi 368 ton dari tahun lalu, namun posisi China belum juga terkalahkan selama empat tahun berturut-turut. Dilansir Forbes, penurunan tersebut disebabkan oleh kebijakan terkait lingkungan yang lebih ketat dari pemerintah setempat.

Rusia (331,1 ton) 

Di posisi kedua ada Rusia. Sebagian besar emas di Eropa kabarnya berasal dari negara tersebut. Pembeli emas terbesar di Rusia adalah pemerintahnya sendiri, di mana mereka membeli sekitar dua pertiga hasil emas yang dihasilkan.

Australia (327,8 ton)

Penghasilan emas di Australia terus mengalami peningkatan selama delapan tahun berturut-turut. Kenaikan tersebut disebabkan karena beberapa tambang melakukan peningkatan proyek, seperti di Mount Morgans dan Cadia Valley. Untuk diketahui, industri mineral di Australia menghasilkan lebih dari setengah total ekspor dan menghasilkan sekitar 8 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Amerika Serikat (190,2 ton)

Negeri Paman Sam ada di posisi empat. Pada tahun 2021, negara ini mengalami penurunan hasil emas hingga di bawah 200 ton untuk pertama kalinya sejak beberapa tahun terakhir. Nevada jadi wilayah penyumbang emas terbanyak di Amerika Serikat dengan angka mencapai 80 persen.

Baca juga: Simak, ini Penyebab Emas Berubah Warna dan Cara Mengatasinya!

Kanada (170,6 ton)

Negara penghasil emas terbesar di dunia berikutnya adalah Kanada. Canadian Malartic jadi tambang emas terbesar di negara tersebut yang dimiliki oleh Yamana Gold dan Agnico Eagle. Diketahui, tambang tersebut bertanggung jawab untuk memproduksi lebih dari 16 ton emas pada tahun lalu.

Ghana (138,7 ton)

Sebagai penghasil emas terbesar di Afrika, untuk pertama kalinya Ghana berhasil mengalahkan Afrika Selatan pada tahun 2019. Negara ini juga dikenal sebagai daerah yang punya cadangan mineral tinggi untuk keperluan industri.

Brasil (107,0 ton)

Brasil sukses meningkatkan output emasnya dalam tiga tahun berturut-turut. Sayangnya, aktivitas penambangan ilegal meningkat tajam dalam enam tahun terakhir di jantung hutan hujan Amazon. Untuk mengatasinya, pemerintah setempat mendorong Brasil untuk mengembangkan Amazon secara ekonomi dan memanfaatkan kekayaan mineralnya.

Uzbekistan (101,6 ton)

Di posisi kedelapan ada Uzbekistan yang berhasil meningkatkan penghasilan emasnya dari sebelumnya 94,6 ton jadi 101,6 ton pada tahun 2019. Negara tersebut merupakan rumah dari Muruntau yang merupakan tambang emas terbuka terbesar di dunia berdasarkan wilayah.

Meksiko (101,6 ton)

Meksiko jadi negara penghasil emas terbesar di dunia selanjutnya, dengan total produksi mencapai 101,6 ton. Negara tersebut dinilai sebagai tempat yang menarik untuk pertambangan lantaran biaya regulasi yang relatif rendah.

Baca juga: Sebelum Beli, Ketahui Macam-macam Kadar Emas Berikut ini!

Indonesia (100,9 ton)

Di posisi terakhir ada Indonesia, yang merupakan rumah bagi tambang emas terbesar kedua dan tertinggi di dunia, Grasberg. Indonesia bertanggung jawab atas sekitar 3 persen produksi emas untuk pasokan global.

Bagaimana, sudah tahu kan mana saja negara penghasil emas terbesar di dunia? Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply