Blog

Sering jadi Pertanyaan, Berapa Sih Kadar Emas yang Bagus untuk Perhiasan?

danain-Kadar emas yang bagus untuk perhiasan-gambar emas perhiasan

Kadar emas yang bagus untuk perhiasan

Banyak orang beranggapan bahwa perhiasan yang bagus adalah perhiasan yang punya kandungan emas murni 24 karat. Benarkah demikian? Berikut kami beberkan fakta menarik tentang kadar emas yang bagus untuk perhiasan!

Minat masyarakat terhadap emas, baik batangan atau perhiasan, tak pernah lekang oleh zaman. Alasannya sederhana, masyarakat menganggap bahwa emas punya harga relatif stabil, bahkan cenderung naik dari waktu ke waktu.

Bicara emas, khususnya perhiasan, ada satu pertanyaan yang kerap mengemuka. Sebenarnya, berapa kadar emas yang bagus untuk perhiasan? Berikut ulasan lengkapnya, seperti dikutip dari berbagai sumber!

PENGERTIAN KADAR EMAS

Sebelum mengetahui kadar emas yang bagus untuk perhiasan, ada baiknya untuk tahu dulu pengertian kadar emas secara garis besar.

Seperti yang kita tahu, emas kerap dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan perhiasan, mulai dari kalung, cincin, gelang, hingga anting. Kandungan emas yang terdapat dalam perhiasan dapat diukur dengan satuan karat. Makin tinggi kadar emas, maka makin mahal pula harga jualnya. Begitu pun sebaliknya.

Baca juga: Tak Perlu ke Toko Emas, ini Cara Mengetahui Harga Emas Naik atau Turun dengan Mudah!

Adapun ukuran tertinggi jumlah karat dalam emas adalah 24 karat. Emas dengan satuan ini biasa disebut emas murni dan umumnya terdapat pada jenis emas batangan.

Perlu dipahami, emas 24 karat dianggap sebagai emas murni karena kadarnya adalah 99,9 persen. Emas batangan selalu dijual dengan sertifikat yang dikeluarkan langsung oleh pihak produsen.

Berikut rincian lengkap tingkat kemurnian emas dalam satuan karat:

– 10 karat = 41 persen

– 14 karat = 58 persen

– 15 karat = 62 persen

– 18 karat = 75 persen

– 19 karat = 78 persen

– 20 karat =  82 persen

– 21 karat = 86 persen

– 22 karat = 90 persen

– 23 karat = 94 persen

– 24 karat = 99 persen

Baca juga: Simak, ini Penyebab Emas Berubah Warna dan Cara Mengatasinya!

KADAR EMAS YANG BAGUS UNTUK PERHIASAN

Banyak orang menyangka, makin tinggi karat emas pada perhiasan, maka makin bagus dan bergengsi pula perhiasan tersebut. Jika kamu termasuk salah satu yang beranggapan demikian, kamu wajib tahu fakta sesungguhnya!

Usut punya usut, makin tinggi kadar emas dalam sebuah perhiasan, maka perhiasan tersebut justru akan semakin ‘buruk’. Buruk di sini punya makna semakin lunak.

Lunak yang dimaksud bukan empuk seperti makanan, melainkan tak kuat menahan adanya tambahan detail yang diberikan. Selain itu, logam mulia ini juga mudah leleh kalau terkena panas yang berlebih. Karena itulah, emas harus dicampur dengan logam lain agar lebih kuat dan mudah dibentuk.

Lantas, berapa kadar emas yang bagus untuk perhiasan?

Menurut ahli emas, perhiasan premium biasanya dibuat dari campuran 75 persen emas dan 25 persen perak. Kombinasi tersebut diklaim menghasilkan perhiasan yang sangat mengkilap dan cantik saat terkena cahaya.

Jika disimpulkan, emas 18 karat merupakan kadar yang ideal untuk dibuat perhiasan. Kadar tersebut dinilai sebagai bahan yang sempurna untuk mempertahankan perhiasan tetap cantik dan kuat dalam waktu yang lama.

Baca juga: Tak Melulu Emas, ini Macam-macam Logam Mulia yang Perlu Kamu Tahu!

Bagaimana, tertarik untuk membeli emas perhiasan dalam waktu dekat ini? Jika ya, pastikan kadar emas yang bagus untuk perhiasan di atas kamu jadikan pedoman sebelum membelinya!

Leave a Reply