Blog

Jadi Salah Satu Masalah Sosial, Apa itu Kemiskinan Struktural?

danain-Apa itu kemiskinan struktural?-gambar ilustrasi kota

Apa itu kemiskinan struktural?

Kemiskinan struktural merupakan salah satu masalah sosial yang sudah lama terjadi di negara kita. Lantas, apa itu kemiskinan struktural?

Istilah kemiskinan tentu sudah sangat familiar di telinga kita. Secara garis besar, kemiskinan adalah ketidakmampuan seseorang atau kelompok untuk memenuhi standar minimum kebutuhan dasar yang meliputi kebutuhan makanan maupun non-makanan.

Menurut literatur, kemiskinan terbagi dalam empat jenis, yakni kemiskinan relatif, kemiskinan absolut, kemiskinan kultural, dan kemiskinan struktural. Berikut penjelasan lengkapnya, seperti dilansir laman Kompas.com.

Kemiskinan relatif

Kemiskinan relatif adalah jenis kemiskinan yang terjadi karena pengaruh kebijakan pembangunan yang belum menjangkau seluruh masyarakat. Akibatnya, terjadi ketimpangan pada sisi pendapatan.

Baca juga: Jangan Terlalu Lama Terpuruk, Ini Cara Mengubah Nasib dari Kemiskinan!

Kemiskinan absolut

Kemiskinan absolut merupakan jenis kemiskinan, di mana seseorang punya tingkat pendapatan di bawah garis kemiskinan atau dengan kata lain, jumlah pendapatannya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok hidup, seperti pangan, pakaian, dan tempat tinggal.

Kemiskinan kultural

Kemiskinan kultural adalah jenis kemiskinan yang disebabkan oleh faktor budaya, seperti malas, tidak berusaha untuk memperbaiki kehidupan, pemborosan, dan lain sebagainya. Penjelasan lainnya, kemiskinan kultural merupakan kemiskinan mental atau budaya yang disebabkan oleh pengaruh kebudayaan yang dianut seseorang.

Kemiskinan struktural

Terakhir, apa itu kemiskinan struktural yang jadi fokus pembahasan kita?

Dijelaskan Selo Soemardjan, kemiskinan struktural merupakan kemiskinan yang dialami oleh suatu golongan masyarakat karena suatu struktur sosial masyarakat yang tidak bisa ikut menggunakan sumber-sumber pendapatan yang sebenarnya tersedia bagi mereka.

Baca juga: Ada Banyak Jalan, Begini Cara Orang Miskin Menjadi Kaya di Era Digital!

Adapun menurut Jurnal Kemiskinan Struktural Informasi (2010) karya Tuti Widiastuti, kemiskinan struktural adalah kemiskinan yang dialami oleh kelompok masyarakat karena struktur sosial masyarakat tersebut tidak bisa menggunakan sumber pendapatannya. Dengan kata lain, bentuk kemiskinan ini akan selalu terjadi karena kelompok atau individu tersebut terus berada di kondisi yang sama.

CIRI-CIRI KEMISKINAN STRUKTURAL

Sebagai fenomena sosial, kemiskinan struktural punya ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Tidak adanya mobilitas sosial secara vertikal. Mereka yang miskin akan tetap hidup dengan kemiskinannya.
  2. Munculnya ketergantungan yang kuat dari golongan masyarakat miskin terhadap kelompok masyarakat yang lebih mampu, baik dalam hal sosial maupun ekonomi.

PENYEBAB KEMISKINAN STRUKTURAL

Setelah mengetahui apa itu kemiskinan struktural dan ciri-cirinya, kamu mungkin bertanya-tanya. Sebenarnya, apa faktor penyebab terjadinya fenomena tersebut?

Mengutip Jurnal Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat Miskin karya Bagong Suyanto, penyebab kemiskinan struktural adalah struktur sosial yang ada membuat anggota atau kelompok masyarakat tidak menguasai sarana ekonomi dan fasilitas-fasilitas yang ada secara merata.

Baca juga: Sangat Memprihatinkan, ini Daftar 10 Negara Termiskin di Dunia Tahun 2021!

Kemudian, ada perbedaan tajam antara kelompok masyarakat yang hidup berkekurangan dengan kelompok masyarakat yang hidup dalam kemewahan. Hal ini terjadi karena kelompok masyarakat kaya biasanya berhasil memonopoli dan mengontrol berbagai aspek kehidupan, terutama dalam hal ekonomi dan politik.

Dengan begitu, kelompok masyarakat miskin tidak punya kekuatan untuk memperbaiki kehidupannya, sehingga terjadilah kemiskinan struktural yang berulang.

CONTOH KEMISKINAN STRUKTURAL

Pada dasarnya, fenomena kemiskinan struktural dapat dengan mudah ditemui di sekitar kita. Berikut contohnya:

  1. Petani yang tidak memiliki tanah pribadi atau petani dengan kepemilikan lahan yang kecil, sehingga hasilnya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
  2. Kelompok buruh yang tidak terpelajar dan terlatih atau biasa disebut unskilled labour. Demikian dilansir Detik.com.

Ya, itulah ulasan singkat mengenai apa itu kemiskinan struktural dan seluk beluknya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply