Blog

Jangan Terlalu Lama Terpuruk, Ini Cara Mengubah Nasib dari Kemiskinan!

danain-Cara mengubah nasib dari kemiskinan-gambar orang yang sedang terpuruk

Cara mengubah nasib dari kemiskinan

Cara mengubah nasib dari kemiskinan bisa kamu lakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya dengan mengubah kebiasaan dan mindset-mu dalam menjalani kehidupan.

Tak ada orang yang mau lahir dalam kondisi miskin dan serba tidak kecukupan. Jika boleh memilih, semua orang pasti akan memilih untuk terlahir dari keluarga berada yang dapat memenuhi kebutuhannya.

Namun, takdir Tuhan tak sepantasnya disesali, sebab jika memiliki kemauan, seseorang dapat mengubah nasib hidupnya yang semula miskin menjadi kaya raya. Seperti yang pernah dikatakan Bill Gates, “Jika kamu terlahir miskin, itu bukan salahmu. Jika kamu mati masih dalam kondisi miskin, itu kesalahanmu.”

Maka dari itu, alih-alih terpuruk dan meratapi nasib berkepanjangan, ada baiknya untuk mengubah kebiasaan dan pola pikirmu dalam menjalani kehidupan. Berikut kami beberkan cara mengubah nasib dari kemiskinan yang bisa kamu terapkan mulai dari sekarang. Simak sampai tuntas!

  1. Ubah mindset-mu

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengubah cara pandang dan pola pikirmu terhadap berbagai hal, khususnya dalam memandang kehidupan.

Baca juga: Sangat Memprihatinkan, ini Daftar 10 Negara Termiskin di Dunia Tahun 2021!

Jika sebelumnya kamu berpikir bahwa miskin adalah hal yang mutlak, maka kamu harus segera mengubah pemikiran tersebut dan membuangnya jauh-jauh. Setiap orang yang terlahir dari keluarga miskin masih bisa mengubah nasib mereka selama ada kemauan untuk belajar dan mencoba hal baru.

Memang kamu tidak memiliki privilege seperti mereka yang sudah terlahir kaya, tapi bukan berarti jalanmu menuju kesuksesan tertutup seluruhnya. Kamu hanya perlu berusaha lebih ekstra dan memperluas relasi agar memperbesar peluangmu untuk sukses ke depannya.

  1. Mengubah kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk terkadang lebih menyenangkan untuk dilakukan. Namun, jika diteruskan, hal ini justru dapat membuatmu melewatkan banyak kesempatan.

Seperti ketika kamu bermalas-malasan untuk mencari kerja atau membuka usaha, sedangkan di luar sana banyak orang sedang mencari lowongan kerja dan mencari peluang untuk berbisnis.

Mungkin saat ini, seharusnya kamu sudah diterima di tempat kerja baru atau mungkin seharusnya usaha yang kamu jalankan sudah mendapatkan omset jutaan. Sayangnya, hal tersebut tidak terjadi karena kamu terus menunda, bermalas-malasan, atau memiliki terlalu banyak alasan.

Baca juga: Pernah jadi Miliarder, 5 Orang ini Akhirnya Jatuh Miskin, ada yang karena Foya-foya!

Semakin lama kamu menunda untuk melakukan langkah maju, semakin banyak juga kesempatan emas yang akan kamu lewatkan. Buang jauh-jauh pikiran tentang gagal. Selama kamu belum mencobanya, maka kamu tidak akan pernah tahu apa hasilnya.

  1. Perluas relasi

Cara mengubah nasib dari kemiskinan berikutnya adalah dengan memperluas relasimu dengan banyak orang. Khususnya dengan mereka yang sudah mapan dalam karier atau sukses dalam menjalankan bisnisnya. Dengan demikian, kamu bisa belajar banyak dari mereka mengenai hal-hal baru maupun belajar dari kesalahan yang sudah mereka lakukan sebelumnya.

  1. Kelola keuangan dengan baik

Ketika memiliki banyak uang, orang miskin cenderung akan langsung membelanjakannya untuk memenuhi berbagai macam keinginannya. Sedangkan orang kaya ketika mendapatkan banyak uang, biasanya akan menyisihkan sebagian untuk ditabung dan diinvestasikan.

Tak heran jika mereka yang kaya dan pandai dalam mengelola asetnya akan terus bertambah kaya. Sedangkan orang miskin hanya akan berada di titik itu-itu saja.

Baca juga: Terkuak, ini 5 Penyebab Orang Kaya Sulit Jatuh Miskin!

Jika kamu ingin mengubah nasib dari kemiskinan, cobalah untuk belajar mengelola keuangan dengan bijak. Seperti dengan menyisihkan sedikit uang di awal setelah menerima gaji untuk ditabung atau diinvestasikan, menghindari belanja hal-hal yang tidak perlu, mengurangi nongkrong di kafe atau hangout terlalu sering, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa cara mengubah nasib dari kemiskinan yang bisa kamu lakukan. Tak perlu terus menerus menyalahkan takdirmu yang terlahir dari keluarga kurang berada. Memang kamu tidak memiliki banyak privilege seperti yang dimiliki oleh orang kaya. Tapi, jika kamu memiliki tekad dan kemauan keras untuk mengubah kehidupan, maka Tuhan akan memberi jalannya.

Leave a Reply