Blog

Ada Banyak Jalan, Begini Cara Orang Miskin Menjadi Kaya di Era Digital!

danain-Cara orang miskin menjadi kaya-gambar orang menulis

Cara orang miskin menjadi kaya

Cara orang miskin menjadi kaya di era digital seperti sekarang bisa dilakukan lewat berbagai hal. Mulai dari menjalankan bisnis hingga yang paling sederhana, mengontrol keuangannya.

Siapa sih yang tak ingin menjadi kaya? Semua orang pasti mendambakan kehidupan yang berkecukupan dan bisa membeli barang tanpa harus melihat harga.

Sayangnya, tak semua orang terlahir beruntung di tengah keluarga yang berkecukupan. Tak heran jika mereka butuh usaha sedikit lebih ekstra untuk mencapai kesuksesan yang didambakan.

Nah, di era digital seperti sekarang, mereka yang terlahir dari keluarga miskin bisa mengubah nasib hidupnya lewat berbagai macam cara. Meski tidak menawarkan hasil yang instan, tapi jika ditekuni dengan benar, ragam cara orang miskin menjadi kaya berikut ini layak untuk dicoba. Apa saja itu?

  1. Belajar mengontrol keuangan

Cara orang miskin menjadi kaya yang pertama adalah dengan belajar dari hal paling dasar mengenai keuangan. Mulai dari mengontrol setiap pemasukan dan pengeluaran agar tidak terjadi besar pasak daripada tiang. Karena mustahil untuk menjadi kaya jika pengeluaranmu selalu lebih besar dari pendapatan yang kamu peroleh.

Baca juga: Daftar Negara Terkaya di Dunia, Indonesia Posisi Berapa?

  1. Menabung

Untuk menjadi kaya, kamu juga harus belajar menabung. Tidak harus menabung dalam nominal besar, kamu bisa memulainya dari nominal kecil namun dilakukan secara konsisten. Tujuannya adalah menciptakan kebiasaan baik agar kamu terbiasa untuk menyisihkan uang.

Setelah kebiasaan menabung terbentuk, kamu bisa mulai menambah nominal uang yang kamu sisihkan.

  1. Berinvestasi

Nah, cara orang miskin menjadi kaya yang selanjutnya adalah investasi. Ini adalah salah satu rahasia umum orang kaya menjadi semakin kaya.

Dengan berinvestasi, orang kaya tidak perlu bekerja karena uanglah yang akan bekerja untuk mereka. Bahkan, ketika mereka tidur atau sedang berlibur pun, uang tersebut masih bisa memberikan keuntungan.

Baca juga: Ingin Kaya di Usia 30 Tahun? Kamu harus Lakukan 3 hal ini saat Usia 20-an!

Jika kamu ingin hidup seperti mereka, maka kamu harus belajar berinvestasi sejak dini agar uang yang kamu investasikan dapat terus bertumbuh.

Apabila kamu berpikir bahwa investasi adalah hal yang hanya dilakukan oleh orang kaya, maka kamu salah besar. Saat ini, ada banyak platform investasi online yang bisa dimulai dengan modal Rp 100 ribu.

  1. Miliki pekerjaan sampingan

Jika saat ini kamu hanya memiliki satu sumber penghasilan dan seringkali tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan, maka sudah saatnya kamu berpikir untuk menambah penghasilan dari mencari pekerjaan sampingan.

Ada banyak peluang kerjaan sampingan yang bisa kamu coba. Mulai dari menjadi penulis lepas, penerjemah, graphic designer, copywriter, agen asuransi, agen properti, dan lain sebagainya. Kamu tinggal menyesuaikannya dengan passion atau minatmu.

  1. Menjalankan bisnis

Jangan salah sangka, di era digital seperti sekarang ada banyak peluang bisnis yang bisa kamu lakukan meskipun dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal sepeser pun. Di antaranya adalah menjadi reseller dan dropshipper.

Baca juga: Tips jadi Kaya di Usia Muda ala Steve Adcock, Patut Ditiru!

Reseller dapat dimulai dengan modal yang cukup minim karena kamu tidak perlu melakukan proses produksi. Kamu hanya perlu mencari supplier terpercaya yang menjual produk berkualitas untuk kemudian kamu jual kembali.

Sedangkan untuk dropshipper dapat dimulai tanpa modal karena kamu hanya perlu membantu mempromosikan barang yang ada di supplier sampai terjual. Nantinya, apabila terdapat orang yang ingin membeli barang tersebut, kamu berperan sebagai perantaranya.

Keuntungan yang kamu peroleh berasal dari selisih harga awal supplier dan harga jual yang kamu berikan ke pelanggan tangan terakhir.

Nah, itulah beberapa cara orang miskin menjadi kaya yang layak untuk dicoba. Sebagai penutup, kami akan mengutip kalimat legend dari Bill Gates, “Jika kamu terlahir miskin, itu bukan salahmu. Jika kamu mati masih dalam keadaan miskin, itu salahmu.”

Leave a Reply