Blog

Sangat Memprihatinkan, ini Daftar 10 Negara Termiskin di Dunia Tahun 2021!

Danain-10_negara_termiskin_di_dunia

10 negara termiskin di dunia

Pandemi covid-19 membuat perekonomian di banyak negara mengalami guncangan yang sangat hebat. Berikut daftar negara termiskin di dunia yang perlu kamu tahu.

Masing-masing negara di berbagai penjuru dunia telah berdiri dengan kondisi geografis dan demografis yang sangat beragam. Banyak di antara mereka yang mampu memanfaatkan kondisi tersebut dengan baik, tapi ada pula yang sebaliknya, justru malah dirugikan.

Selama ini, Amerika Serikat, Jepang, dan China kerap dianggap sebagai negara yang unggul dalam berbagai hal, terutama perekonomiannya. Namun, di sisi lain, ada beberapa negara yang mengalami nasib sebaliknya, bahkan mendapat predikat sebagai negara termiskin di dunia.

Pada umumnya, negara-negara yang paling terpukul oleh kemiskinan adalah negara yang juga terjebak dalam krisis politik, konflik, kelaparan, hingga perubahan iklim. Dalam banyak kasus, sumber ekonomi mereka yang meliputi pertanian, industri, serta jasa tidak memiliki infrastruktur yang memadai untuk menopang produktivitas masyarakatnya.

Adapun untuk menilai kemampuan sebuah negara, ada sejumlah indikator yang biasanya digunakan. Di antaranya sebut saja dari besarnya pendapatan per kapita warga negara hingga Produk Domestik Bruto (PDB).

Baca juga: Daftar Negara Terkaya di Dunia, Indonesia Posisi Berapa?

Lantas, negara mana saja yang masuk dalam jajaran negara termiskin di dunia tahun 2021? Berikut daftar lengkap yang dirilis oleh International Monetary Fund (IMF), seperti dikutip dari berbagai sumber.

  1. Burundi

Negara termiskin di dunia yang pertama adalah Burundi, sebuah negara kecil yang masih diliputi oleh konflik etnis Hutu-Tutsi. Sekitar 90 persen dari hampir 12 juta warganya sangat bergantung pada pertanian subsisten, di mana kelangkaan pangan masih menjadi perhatian utama di negara tersebut.

Burundi juga menghadapi banyak masalah lain, seperti kurangnya infrastruktur, korupsi endemik, hingga masalah keamanan yang sangat ekstrem. Adapun pendapatan per kapita penduduk di sana hanya sebesar 760 dolar AS per tahun.

  1. Sudan Selatan

Negara yang baru merdeka pada 9 Juli 2011 ini merupakan rumah bagi 60 kelompok etnis pribumi. Konflik politik, jatuhnya harga minyak, dan naiknya biaya terkait keamanan menyebabkan Sudan Selatan masuk dalam jajaran negara paling miskin di dunia dengan pendapatan per kapita sebesar 791 dolar AS per tahun.

  1. Somalia

Pendapatan per kapita penduduk Somalia yang hanya sebesar 925 dolar AS per tahun menjadikan negara ini masuk dalam daftar negara termiskin di dunia. Selama tiga dekade, Somalia mengalami banyak masalah, mulai dari konflik internal, kekeringan, banjir, kurangnya layanan kesehatan, penyebaran penyakit menular yang sangat cepat, dan tingkat pengangguran yang sangat tinggi di kalangan anak muda.

Baca juga: Wah, 5 Negara ini Cocok Banget buat Kamu Kunjungi di Masa Pensiun Nanti!

  1. Republik Afrika Tengah

Meskipun negaranya kaya akan emas, minyak, uranium, dan berlian, namun penduduk Republik Afrika Tengah masih hidup di bawah garis kemiskinan. Penyebab utamanya adalah masalah politik di dalam negeri. Pendapatan per kapita penduduk di sana hanya sebesar 979 dolar AS per tahun.

  1. Malawi

Malawi adalah salah satu negara terkecil di kawasan Afrika. Kemiskinan dan ekonomi negara yang mayoritas bergantung pada tanaman tadah hujan sangat rentan terhadap guncangan akibat cuaca. Alhasil, meski standar hidup di perkotaan cenderung meningkat, namun kerawanan pangan di desa masih sangat tinggi. Pendapatan per kapita penduduk di sana sebesar 993 dolar AS per tahun.

  1. Kongo

Negara termiskin di dunia yang selanjutnya adalah Kongo. Pendapatan per kapita penduduk di sana sebesar 1.106 dolar AS per tahun. Padahal, menurut Bank Dunia, Kongo berpotensi menjadi salah satu negara terkaya di Afrika, sebab memiliki 80 juta hektare lahan subur, lebih dari seribu mineral, dan logam berharga. Meski begitu, ketidakstabilan politik, korupsi endemik, pandemi covid, dan wabah ebola di Kongo menggagalkan potensi tersebut.

  1. Nigeria

Nigeria berada di bawah ancaman penggurunan dan perubahan iklim. Kerawanan pangan yang tinggi, tingkat penyakit dan kematian yang juga tinggi, serta bentrokan militer yang terus berulang telah menyebabkan ribuan orang pergi mengungsi. Salah satu pendorong ekonomi di sana adalah ekstraksi emas dan uranium. Adapun pendapatan per kapita penduduk di Nigeria sebesar 1.256 dolar AS per tahun.

  1. Mozambik

Mozambik punya banyak air dan tanah yang subur serta sumber daya energi dan mineral yang melimpah. Sayangnya, perang saudara, iklim yang buruk, korupsi, dan ketidakstabilan politik terus terjadi di negara ini. Pendapatan per kapita penduduk di sana sebesar 1.277 dolar AS per tahun.

Baca juga: Keren, 10 Negara ini Punya Jaminan Pensiun Terbaik di Dunia! Ada Indonesia?

  1. Liberia

Liberia telah menikmati perdamaian dan stabilitas sejak akhir perang saudara pada tahun 2003 lalu. Meski begitu, negara berpenduduk 5 juta orang ini masih menderita akibat penurunan harga komoditas dan wabah ebola pada tahun 2014. Pendapatan per kapita penduduk Liberia adalah sebesar 1.557 dolar AS per tahun.

  1. Madagaskar

Negara termiskin di dunia yang kesepuluh adalah Madagaskar. Pendapatan per kapita penduduk di sana sebesar 1.599 dolar AS per tahun. Sejak merdeka, negara ini mengalami ketidakstabilan politik, namun dalam beberapa tahun terakhir kondisinya sudah membaik.

Leave a Reply