Blog

Jadi Bos Jalan Tol, Berapa Kekayaan Jusuf Hamka?

danain-Berapa Kekayaan Jusuf Hamka-Yusuf Hamka

Berapa Kekayaan Jusuf Hamka

Nama Jusuf Hamka kerap jadi perbincangan di kalangan warganet. Ia mendapat label crazy rich sejati, lantaran sosoknya yang tak suka pamer, meski dirinya punya harta yang melimpah. Penasaran, berapa kekayaan Jusuf Hamka?

Jusuf Hamka dikenal sebagai sosok pengusaha sukses yang rendah hati. Meski punya kekayaan selangit, ia tetap berpenampilan sederhana dan tak suka pamer.

Siapakah Jusuf Hamka?

Untuk diketahui, Jusuf Hamka merupakan seorang pengusaha di bidang konstruksi, khususnya di sektor pembangunan jalan tol. Ia merupakan pemegang saham mayoritas di PT Citra Marga Nusaphala Persada yang mengoperasikan beberapa jalan tol besar di Indonesia.

Bicara Jusuf Hamka, ada satu pertanyaan yang kerap mengemuka. Sebenarnya, berapa kekayaan Jusuf Hamka?

Nah, untuk menggambarkan jumlah kekayaan Jusuf Hamka, belum lama ini beredar cuplikan video yang membeberkan hal tersebut. Dalam video yang beredar, tampak seorang pria menjawab pertanyaan warganet tentang seberapa kaya Jusuf Hamka.

Baca juga: Punya Harta Ratusan Triliun Rupiah, ini Sumber Kekayaan Robert Budi Hartono!

“Bos jalan tol ini diketahui memiliki kekayaan mencapai Rp 15 triliun,” ucap pria tersebut, seperti dilansir laman Suara.com.

Menurut kabar yang beredar, Jusuf Hamka diketahui mengerjakan sejumlah proyek tol dengan nilai total mencapai Rp 25 triliun. Beberapa proyek yang dikerjakan sebut saja Harbour Road 2 di Jakarta senilai Rp 16 triliun dan NS LINK di Bandung senilai Rp 9 triliun.

Jusuf Hamka mengatakan bahwa tak semua orang bisa menjalankan usaha jalan tol seperti yang ia lakukan saat ini. Alasannya, modal yang dibutuhkan sangat besar. Untuk satu kilometer jalan tol saja, kata Jusuf Hamka, dibutuhkan biaya mencapai Rp 700 miliar.

Berikut sejumlah ruas tol yang dikelola oleh perusahaan Jusuf Hamka:

  1. Tol Ir. Wiyoto Wiyono Cawang – Tanjung Priok.
  2. Tol Pelabuhan.
  3. Tol Depok – Antasari.
  4. Tol Bogor Outer Ring Road.
  5. Tol Soreang – Pasirkoja.
  6. Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan.
  7. Tol Waru – Juanda.

Baca juga: Jadi Sosok Inspiratif, ini 12 Sumber Kekayaan Tom Liwafa yang Perlu Kamu Tahu!

Sementara itu, Jusuf Hamka juga menduduki jabatan lain di luar bidang konstruksi. Ia diketahui menjabat sebagai komisaris utama di PT Mandara Permai dan komisaris independen di PT Indomobil Sukses Internasional Tbk.

FAKTA MENARIK JUSUF HAMKA

Setelah mengetahui berapa kekayaan Jusuf Hamka, kurang lengkap rasanya jika kita tak mengulas tentang sisi lain dari kehidupannya. Yuk, simak fakta-faktanya berikut ini!

Mohammad Jusuf Hamka, atau yang juga dikenal sebagai Babah Alun, lahir pada 5 Desember 1957. Ia merupakan seorang pengusaha Muslim keturunan Tionghoa.

Jauh sebelum sukses seperti sekarang, Jusuf Hamka telah menjalani kehidupan yang keras sejak masih kecil. Ia menghabiskan masa kecil di daerah Pasar Baru dengan berjualan keliling sepulang dari sekolah. Segala jenis makanan dan minuman, mulai dari es mambo hingga kacang-kacangan pernah ia jual di sekitar Masjid Istiqlal.

Beranjak dewasa, ia melanjutkan pendidikan di sejumlah perguruan tinggi, namun tidak selesai. Di beberapa kesempatan, Jusuf Hamka mengaku bahwa ia tidak menyelesaikan kuliah karena tidak suka dengan formalitas.

Baca juga: Jadi Orang Super Tajir, Berapa Sih Total Kekayaan Elon Musk?

Pada tahun 2018, Jusuf Hamka sempat menjadi sorotan karena menjual nasi kuning beserta lauknya dengan harga Rp 3 ribu per porsi. Makanan tersebut ia jual di sebuah tenda bernama Warung Nasi Kuning Podjok Halal. Selain itu, ia juga menyerahkan tanah pribadi seluas 10 hektar untuk dijadikan lokasi pemakaman jenazah korban covid-19.

Di sisi lain, Jusuf Hamka rupanya gemar mengoleksi mobil mewah. Sejumlah kendaraan seperti SUV Premium Audi Q7, SUV Premium Audi E4, hingga Range Rover berkapasitas mesin 5000 cc diketahui terparkir rapi di garasi rumahnya.

Bagaimana, sudah tahu kan berapa kekayaan Jusuf Hamka?

Leave a Reply