Blog

Punya Harta Ratusan Triliun Rupiah, ini Sumber Kekayaan Robert Budi Hartono!

danain-Sumber kekayaan Robert Budi Hartono-gambar robert budi hartono

Sumber kekayaan Robert Budi Hartono

Nama Robert Budi Hartono tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Ia merupakan seorang pengusaha asal Indonesia dengan total kekayaan mencapai ratusan triliun rupiah. Yang jadi pertanyaan, dari mana saja sumber kekayaan Robert Budi Hartono?

Seperti yang kita tahu, Majalah Forbes rutin merilis daftar orang terkaya di dunia setiap tahunnya. Majalah tersebut menghitung kekayaan seseorang berdasarkan komposisi kepemilikan saham dan sumber-sumber lainnya.

Dalam hal ini, Indonesia tak pernah ketinggalan dalam menyumbang daftar nama miliarder yang punya kekayaan selangit. Salah satu yang jadi langgangan sebut saja Robert Budi Hartono, yang juga menyandang predikat sebagai orang terkaya di Indonesia.

Sebagaimana dilansir Sindonews.com, Robert Budi Hartono diketahui punya total kekayaan mencapai 21,5 miliar dolar AS atau setara Rp 313,9 triliun. Kekayaan tersebut diperoleh dari berbagai jenis bisnis yang ia jalankan bersama sang kakak, Michael Bambang Hartono, yang juga memiliki harta fantastis sebesar 20,4 miliar dolar AS atau setara Rp 302,22 triliun.

Berikut kami beberkan sumber kekayaan Robert Budi Hartono, seperti dikutip dari laman Inews.id:

Perusahaan rokok

Sumber kekayaan Robert Budi Hartono yang pertama adalah dari perusahaan rokok yang bernama PT Djarum. Bisnis ini dimulai oleh ayahnya, Oei Wie Gwan, yang mengakuisisi perusahaan rokok Indonesia yang bangkrut pada tahun 1951. Seiring berjalannya waktu, PT Djarum pun terus berkembang dan menjadi salah satu produsen rokok terbesar di Tanah Air.

Baca juga: Daftar Negara Terkaya di Dunia, Indonesia Posisi Berapa?

Perbankan

Selain tembakau, Robert Budi Hartono juga memiliki bisnis di bidang perbankan. Ia mengakuisisi BCA setelah terjadi krisis moneter pada tahun 1998 lalu.

Saat ini, Hartono bersaudara menguasai BCA melalui PT Dwimuria Investama Andalan dengan kepemilikan 54,94 persen atau 67,72 miliar saham. Adapun per awal tahun ini, kapitalisasi pasar emiten dengan kode saham BBCA ini telah mencapai Rp 946,14 triliun.

Menara telekomunikasi

Bisnis Robert Budi Hartono yang berikutnya bergerak di bidang telekomunikasi. Ia diketahui memiliki perusahaan menara telekomunikasi, yakni PT Sarana Menara Nusantara Tbk. Menurut data, kepemilikan saham Robert Budi Hartono mencapai 54,35 persen atau 27,73 miliar saham.

Digital

Robert Budi Hartono tak mau ketinggalan di bidang teknologi. Melalui PT Global Digital Niaga, ia mendirikan Blibli.com pada tahun 2010 lalu. Terbaru, Blibli resmi mengakuisisi 70,56 persen emiten pengelola Farmers Market dan Ranc Market, PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC).

Tak hanya itu, melalui GDP Venture, Grup Djarum tersebut juga perlahan mengakuisisi sejumlah startup digital, seperti Kaskus dan Tiket.com. Mereka juga menyuntikkan dana ke beberapa startup lain, mulai dari Garasi.id, Gojek, IDN Media, Kumparan, hingga Halodoc.

Baca juga: Saling Balap Posisi, Inilah Orang Terkaya di Dunia Versi Forbes!

Elektronik

Di bidang elektronik, Robert Budi Hartono memiliki Polytron. Produk yang dijual beraneka ragam, mulai dari televisi, AC, telepon seluler, hingga kulkas. Polytron punya tiga lokasi pabrik di Jawa Tengah, dengan total karyawan lebih dari 10.000 orang.

Properti

Grup Djarum juga diketahui memiliki sederet properti mewah di kawasan ibu kota. Di antaranya sebut saja Menara BCA, Grand Indonesia, Hotel Indonesia Kempinski, dan Kempinski Residence.

Agribisnis

Sumber kekayaan Robert Budi Hartono selanjutnya berasal dari sektor agribisnis. Melalui PT Hartono Plantation Indonesia, ia menjalankan usaha pengadaan kelapa sawit dan sejumlah komoditas lain, seperti cengkeh, tembakau, tebu, hingga minyak atsiri.

Makanan dan minuman

Makanan dan minuman tak ketinggalan jadi bagian dari kegiatan bisnis yang dilakoni Robert Budi Hartono. Setidaknya, ada beberapa jenis minuman yang diproduksi oleh PT Savoria Kreasi Rasa, seperti Yuzu dan Delizio Caffino.

Baca juga: Milenial Punya Potensi Besar jadi Generasi Terkaya pada 2030, Benarkah?

Media

Di daftar terakhir ada bisnis media. Robert Budi Hartono diketahui memiliki sejumlah channel, seperti Djarum Super Soccer dan Mola TV.

Ya, itulah sumber kekayaan Robert Budi Hartono yang perlu diketahui. Tertarik menjalankan salah satunya?

Leave a Reply