Blog

Apa Sih Kegunaan Informasi Akuntansi bagi Investor? Simak Jawabannya di Bawah ini!

danain-Kegunaan informasi akuntansi bagi investor-gambar grafik keuangan yang meningkat

Kegunaan informasi akuntansi bagi investor

Dalam dunia bisnis, istilah akuntansi sangat sering dijumpai. Yang jadi pertanyaan, apa kegunaan informasi akuntansi bagi investor?

Akuntansi merupakan suatu proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi untuk kemudian dilakukan penilaian dan pengambilan keputusan secara jelas dan tegas oleh pihak-pihak yang menggunakan informasi tersebut. Tujuan utama dari akuntansi adalah untuk menghasilkan atau menyajikan informasi ekonomi kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Pada prinsipnya, setiap rumah tangga konsumsi dan produksi memerlukan informasi keuangan untuk mencapai tujuan yang diharapkan, yakni menghasilkan laba maksimal dengan pengorbanan tertentu. Karenanya, dibutuhkan cara pencatatan yang sistematis agar dapat menganalisis transaksi keuangan menjadi informasi ekonomi yang berguna.

Adapun pihak-pihak yang memerlukan informasi akuntansi pada umumnya adalah investor, kreditur, pemerintah, manajer, hingga pemimpin perusahaan. Pihak-pihak tersebut menggunakan informasi akuntansi sebagai dasar dalam pengambilan keputusan dan sebagai bukti pertanggungjawaban manajemen kepada pemilik perusahaan. Manfaat lainnya, bisa mengetahui perkembangan perusahaan dari tahun ke tahun.

Baca juga: Butuh Modal Buat Usaha? Sederet Cara Mendapatkan Investor Berikut ini Bisa Kamu Coba!

Lantas, dalam konteks yang lebih spesifik, apa kegunaan informasi akuntansi bagi investor? Berikut ulasan lengkapnya, seperti dikutip dari berbagai sumber!

FUNGSI AKUNTANSI

Sebelum membahas kegunaan informasi akuntansi bagi investor, ada baiknya untuk tahu dulu tentang fungsi akuntansi secara keseluruhan, antara lain:

Rekaman laporan

Fungsi akuntansi yang pertama adalah sebagai rekaman laporan. Maksudnya, rekaman laporan yang mencatat atau merekam transaksi secara sistematis berdasarkan kronologis.

Menjaga dan melindungi properti

Akuntansi bisa menjaga dan melindungi properti perusahaan dengan sangat baik. Itu karena akuntansi dapat menghitung jumlah realitas dari penyusutan aset yang dimiliki perusahaan secara nyata.

Baca juga: Tipe Investor itu Bermacam-macam, Anda Masuk Kategori yang Mana?

Meeting legal

Akuntansi juga berfungsi untuk merancang dan mengembangkan sistem, seperti menjaga catatan dan pelaporan hasil, di mana nantinya bisa digunakan untuk memenuhi persyaratan hukum.

Klasifikasi

Fungsi ini berkaitan dengan analisis secara sistematis dari data yang sudah tercatat.

Meringkas

Akuntansi berfungsi untuk penyajian data rahasia yang berguna bagi internal maupun eksternal. Proses ini fokus pada pelaporan neraca saldo dan laporan laba rugi. Demikian dilansir laman Kompas.com.

KEGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI BAGI INVESTOR

Seperti yang kita tahu, investor merupakan orang atau badan yang menanamkan modal pada suatu perusahaan. Investor bukan hanya pemilik perusahaan, namun juga bisa pihak lain yang ingin bergabung.

Berikut kegunaan informasi akuntansi bagi investor yang perlu kamu tahu:

Pemberi informasi keuangan

Laporan keuangan yang tepat bisa memberikan informasi kepada berbagai pihak yang membutuhkannya, salah satunya investor. Dengan adanya akuntansi, investor bisa melihat laporan keuangan secara jelas, termasuk menilai kemajuan perusahaan.

Sebagai alat kontrol dan bukti keuangan

Manfaat akuntansi yang berikutnya adalah sebagai alat kontrol dan bukti keuangan. Jika keuangan dicatat dengan baik, maka akan lebih mudah untuk mempertanggungjawabkan tanpa harus mengira-ngira pengeluaran.

Baca juga: Hati-hati, Investor Pemula Sering Lakukan 5 Kesalahan Ini, Jangan Ulangi!

Sebagai bahan evaluasi

Akuntansi juga berguna sebagai bahan evaluasi bagi perusahaan maupun investor. Dengan adanya akuntansi, investor bisa mempertimbangkan apakah akan menambah jumlah investasi, bertahan, atau malah mundur di kemudian hari.

Alat pengelola keuangan

Kegunaan yang terakhir adalah sebagai alat pengelola keuangan. Data yang tersaji dalam akuntansi akan sangat bermanfaat dalam mengelola finansial, termasuk bagi investor. Dengan begitu, investor bisa melakukan persiapan terlebih dulu jika nantinya mereka berencana untuk menambah modal.

Bagaimana, sudah jelas kan kegunaan informasi akuntansi bagi investor dalam dunia bisnis? Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply