Blog

Kebaikan dan Keburukan Pasar Persaingan Sempurna Berdasarkan Penerapannya

danain-pasar persaingan sempurna,pasar persaingan tidak sempurna,pasar persaingan sempurna ciri dan contoh,struktur pasar persaingan tidak sempurna,etika di pasar persaingan sempurna,perusahaan di pasar persaingan sempurna,pasar persaingan sempurna menurut islam,materi pasar persaingan sempurna,fungsi pasar persaingan sempurna,ekonomi pasar persaingan sempurna,pasar persaingan sempurna cirinya,harga di pasar persaingan sempurna,materi ekonomi pasar persaingan sempurna-gambar orang sedang bekerja

kekurangan dan kelebihan pasar persaingan sempurna

Apa saja kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna?

Dalam ilmu ekonomi, memahami kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna sangat penting untuk diperhatikan. Lantas, apa yang dimaksud pasar persaingan sempurna? Berikut penjelasan lengkapnya!

Definisi Pasar Persaingan Sempurna

Sebelum mengulas lebih lanjut terkait kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna, kami akan jelaskan terlebih dulu definisinya.

Secara umum, pasar persaingan sempurna merupakan tempat yang di dalamnya terdapat penjual dan pembeli yang sangat banyak. Dikenal pula dengan sebutan pasar.

Salah satu syarat pasar persaingan sempurna, yaitu adanya kesepakatan antara kedua pihak untuk tidak memengaruhi harga.

Baca juga: Penting, Inilah Manfaat Pasar Modal bagi Emiten dalam Investasi!

Pasalnya, harga akan ditentukan berdasarkan penawaran dari produsen dan banyaknya permintaan dari konsumen. Sehingga, harga dapat dicapai ketika adanya kesepakatan antara pedagang dan pembeli.

Hal ini sangat berbeda dengan pasar lainnya, di mana pasar lain memiliki sedikit penjual namun punya pembeli dalam jumlah banyak. Akan tetapi, harga pasar dapat ditentukan oleh penjual itu sendiri.

Ciri pasar persaingan sempurna, yakni ada banyak penjual dan pembeli, yang mana penjual dan pembeli tidak dapat menentukan harga. Penjual dapat keluar masuk dengan mudah, barang yang dijual homogen, dan pembeli paham betul mengenai harga pasar.

Kebaikan Pasar Persaingan Sempurna

Terkait kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna, berikut akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai kebaikannya. Pertama, pembeli dapat lebih paham dan mengerti harga pasar.

Hal tersebut karena informasi pasar bersifat jauh lebih sempurna. Selain itu, dapat juga memudahkan pembeli dalam memilih dan menentukan barang yang akan dibeli.

Kebebasan tersebut dapat dilakukan oleh penjual manapun dan dalam jumlah berapapun, tanpa khawatir adanya kenaikan harga.

Baca juga: Manfaat Pasar Modal bagi Perekonomian Negara

Sedangkan kebaikan pasar persaingan sempurna bagi produsen adalah dapat memproduksi barang sesuai dengan kemampuan perusahaan, tanpa khawatir adanya penurunan harga.

Dalam pasar ini, penjual tidak perlu melakukan iklan, sebab semua jenis barang hampir sama. Intinya, pasar bersifat homogen, baik dari segi jenis, kualitas, dan harga barangnya.

Keburukan Pasar Persaingan Sempurna

Keburukan pasar persaingan sempurna dapat diketahui dengan adanya pembatasan pilihan pembeli, karena semua produsen memiliki produk yang homogen. Oleh karena itu, banyak kebutuhan konsumen yang belum terpenuhi.

Selain itu, pembeli bisa merasa bosan dengan produk yang disediakan. Konsumen juga dapat menerima dampak akibat timbulnya biaya sosial dari perusahaan yang abai akan hal tersebut.

Keburukan bagi penjual, keuntungan yang diterima masih dalam jangkauan normal. Oleh sebab itu, banyak perusahaan yang sulit menyediakan dana untuk pengembangan.

Dalam pasar ini, penjual juga kurang termotivasi dalam menciptakan inovasi baru dalam produknya. Kemungkinan akan terjadinya peniruan produk dari penjual terdahulu.

Baca juga: Tak Main-main, ini Sederet Manfaat Pasar Modal bagi Investor!

Keburukan lainnya, dapat memicu perusahaan baru masuk ke pasar dan menghasilkan produk yang baru. Hal tersebut dapat berdampak pada penjual, karena ketika barang yang ditawarkan banyak, harga akan menurun.

Hal tersebut akan berdampak pada keuntungan yang diperoleh oleh penjual. Jika keuntungan menurun, maka tidak ada lagi perusahaan baru yang akan masuk.

Mengetahui kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna sangat baik untuk memahami lebih jauh bagaimana penerapan pasar persaingan sempurna saat ini, apakah sudah efektif atau belum. Hal tersebut dapat dipertimbangkan dengan melihat kebaikan dan keburukan yang ditimbulkan.

Leave a Reply