Blog

Penting, Inilah Manfaat Pasar Modal bagi Emiten dalam Investasi!

danain-Manfaat pasar modal bagi emiten-gambar charts pasar modal

Manfaat pasar modal bagi emiten

Apa saja manfaat pasar modal bagi emiten?

Memahami apa saja manfaat pasar modal bagi emiten jadi salah satu hal yang harus diketahui terlebih dahulu sebelum terjun ke dunia investasi. Pasalnya, setiap manfaat tersebut harus dipertimbangkan dengan baik-baik, apakah cocok dengan perkembangan perusahaan atau tidak.

Untuk penjelasan lebih lanjut terkait dengan manfaat pasar modal, simak ulasan berikut ini!

Apa Sih Emiten itu?

Sebelum beranjak ke manfaat pasar modal bagi emiten, perlu diketahui terlebih dahulu apa pengertian dari emiten. Pada dasarnya, istilah tersebut dapat digunakan untuk menyebut perusahaan yang tengah mencari modal atau disebut dengan penjual saham. Dapat dijelaskan pula bahwa emiten merupakan salah satu lembaga yang membuat kegiatan di bursa efek.

Oleh sebab itu, saat kegiatan investasi tidak ada perusahaan emiten, maka para investor tidak dapat melakukan kegiatan investasi. Di samping itu, emiten juga mempunyai fungsi serta tujuan tertentu sebagai pelaku dalam pasar modal.

Baca juga: Tak Main-main, ini Sederet Manfaat Pasar Modal bagi Investor!

Akan tetapi, segala tindakan yang dilakukan harus berdasarkan perundang-undangan, mulai dari surat utang, saham, unit penyertaan, dan lain sebagainya.

Syarat Menjadi Perusahaan Emiten

Pada dasarnya, tidak semua jenis perusahaan dapat mengajukan diri sebagai emiten saham. Pasalnya, terdapat berbagai macam ketentuan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Salah satunya yaitu mempunyai komisaris independen berjumlah 30% yang berasal dari dewan komisaris.

Syarat yang kedua yakni mempunyai komite audit, baik eksternal atau internal, serta dilengkapi dengan sekretaris internal perusahaan. Perusahaan juga harus berbentuk Perseroan Terbatas dan tidak berbentuk CV atau badan usaha lainnya.

Apabila didasarkan dari segi kelembagaan, salah satu syarat agar dapat menjadi perusahaan emiten adalah telah beroperasi pada core business kurang lebih selama 3 tahun. Di samping itu, perusahaan juga harus menunjukkan bukti laba usaha dalam jangka waktu 1 tahun terakhir.

Baca juga: Selain Instrumen Investasi, ini Manfaat Emas bagi Manusia yang Jarang Diketahui!

Inilah Manfaat Pasar Modal bagi Emiten

Manfaat pasar modal bagi emiten salah satunya dapat berperan sebagai tempat ditemukannya para investor. Keberadaan pasar modal tentu jadi kesempatan besar emiten untuk bisa mendapatkan investor sebanyak-banyaknya. Sehingga, setiap saham yang dijual dapat laku dan terus berkembang lebih baik.

Selain itu, dapat bermanfaat sebagai penjamin keamanan transaksi permodalan. Pada dasarnya, pasar modal telah diawasi serta dilindungi oleh Badan Pengawas Pasar Modal alias BAPEPAM. Tak hanya itu, pasar ini juga telah diawasi secara langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sehingga, setiap kegiatan transaksi yang berlaku dapat terjaga dengan baik antara investor dan emiten. Untuk manfaat selanjutnya, yaitu dapat menjadi penyedia institusi penunjang kegiatan investasi. Hal ini dapat berlaku mulai dari pialang, bank kustodian, agen, lembaga kliring, dan lain sebagainya.

Baca juga: Kerap jadi Primadona dalam Investasi, Apakah Harga Emas bisa Turun?

Manfaat Pasar Modal bagi Emiten yang Dirasakan Secara Kompleks

Perlu diketahui, proses kegiatan penawaran umum emiten tersebut merupakan bagian dari proses kompleks yang tidak dapat terselesaikan secara sepihak. Oleh sebab itu, adanya berbagai macam lembaga penunjang investasi tersebut merupakan bentuk dari bantuan demi berlangsungnya kegiatan secara optimal.

Mengetahui pengertian hingga manfaat pasar modal bagi emiten merupakan langkah penting yang harus diketahui. Selain itu, sebagian besar perusahaan emiten merupakan bisnis yang mempunyai kinerja profesional. Hal tersebut telah terbukti dan dapat dipercaya, sehingga ketika ingin menjadi emiten saham, perlu untuk memastikan apakah perusahaan telah mempunyai reputasi baik atau tidak.

Leave a Reply