Blog

Manfaat Pasar Modal bagi Perekonomian Negara

danain-Manfaat pasar modal bagi perekonomian-gambar seorang investor

Apa saja manfaat pasar modal bagi perekonomian suatu negara?

Investasi jadi salah satu topik hangat yang banyak diperbincangkan beberapa tahun belakangan. Hal ini membuktikan bahwa kesadaran masyarakat terhadap literasi finansial mulai meningkat. Terlebih dengan banyaknya kemudahan teknologi untuk berinvestasi melalui aplikasi.

Salah satu istilah dalam dunia investasi yang mungkin tak asing di telinga para investor adalah pasar modal. Apa itu pasar modal?

Pasar modal adalah sebuah pasar yang mempertemukan antara investor dengan perusahaan atau institusi lain yang membutuhkan dana dalam jumlah besar. Nantinya, transaksi pendanaan dilakukan melalui berbagai macam instrumen keuangan jangka panjang yang diperjualbelikan, seperti obligasi, saham, reksa dana, dan lain sebagainya.

 

Baca juga: Tak Main-main, ini Sederet Manfaat Pasar Modal bagi Investor!

Nah, dalam praktiknya, pasar modal memberikan manfaat bagi banyak pihak, baik investor, perusahaan atau institusi yang membutuhkan pendanaan, bahkan dalam skala besar, seperti perekonomian suatu negara.

Kira-kira, apa saja manfaat pasar modal bagi perekonomian negara, khususnya di Indonesia? Berikut di antaranya:

Manfaat Pasar Modal bagi Perekonomian Indonesia

1. Sumber pendapatan negara

Manfaat pasar modal bagi perekonomian yang pertama adalah menjadi salah satu sumber pemasukan negara. Pasalnya, setiap transaksi yang terjadi dalam pasar modal akan dikenakan pajak.

Nantinya, pajak inilah yang akan masuk ke kas negara untuk digunakan memenuhi kebutuhan belanja negara atau membiayai operasional yang ada.

Jadi, dengan berinvestasi di pasar modal, secara tidak langsung para investor juga turut membantu memberikan pemasukan bagi negara agar dapat menjalankan operasionalnya di berbagai sektor.

2. Menggerakkan roda perekonomian

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pasar modal dapat mempertemukan antara investor dengan perusahaan maupun institusi yang membutuhkan dana besar untuk mengembangkan bisnis atau menjalankan operasional mereka.

Baca juga: 6 Inspirasi dan Contoh Bisnis Ekspor Modal Kecil yang Perlu Kamu Tahu

Nah, dengan adanya pasar modal, perusahaan yang ingin mengembangkan bisnisnya bisa memperoleh pendanaan lebih mudah. Nantinya, dana yang diperoleh bisa digunakan untuk memajukan operasional bisnis, entah untuk membuka cabang, memperluas jangkauan pasar, bahkan membuka peluang bisnis baru yang lebih menguntungkan.

Dengan makin berkembangnya perusahaan-perusahaan tersebut, maka akan membutuhkan banyak tenaga kerja dan membuka banyak lapangan pekerjaan yang dapat membantu negara dalam mengurangi pengangguran.

3. Menarik investor asing untuk masuk

Manfaat pasar modal bagi perekonomian yang berikutnya adalah dapat menarik minat investor asing agar mau menanamkan modal mereka di dalam negeri. Semakin banyak investor asing yang masuk, maka perusahaan-perusahaan di dalam negeri bisa berkembang lebih pesat.

Terlebih investor asing biasanya menyuntikkan dana yang cukup besar. Hal ini dapat berdampak baik bagi kondisi perusahaan yang mendapatkan suntikan dana maupun untuk perekonomian Indonesia ke depannya.

Adapun perusahaan yang memperoleh suntikan dana besar pada umumnya akan membuka banyak lowongan pekerjaan untuk memudahkan mereka naik level pada jenjang bisnis yang berikutnya.

Siapa yang Dapat Berinvestasi di Pasar Modal?

Setelah mengetahui manfaat pasar modal bagi perekonomian suatu negara, sekarang saatnya untuk berinvestasi!

Jika kamu berpikir bahwa investasi di pasar modal hanya dapat dilakukan oleh investor kakap, maka anggapan tersebut salah besar!

Baca juga: Untung Menjanjikan, 7 Ide Jualan Makanan dengan Modal 20 Ribu Rupiah ini Wajib Banget untuk Kamu Coba!

Untuk diketahui, semua orang bisa berinvestasi di pasar modal dengan berbagai macam instrumen yang dapat disesuaikan dengan tujuan keuangan jangka panjang masing-masing.

Modal untuk mulai berinvestasi pun bisa disesuaikan dengan preferensi atau platform investasi yang akan digunakan. Jadi, tidak perlu takut untuk berinvestasi, sebab kamu bisa memulainya dengan nominal bervariasi, mulai dari puluhan atau ratusan ribu rupiah.

Leave a Reply