Punya kekasih yang baik dan cantik atau ganteng memang menyenangkan. Tapi, akan lebih mantap lagi jika orang yang kamu sayangi itu juga pandai dalam mengelola keuangan. Tipikal kekasih seperti itu tentu saja tak akan merugikanmu, malah akan berdampak positif bagi kehidupan finansialmu.

Berikut kami jabarkan 6 prinsip keuangan yang mungkin saja dimiliki oleh kekasihmu, dan jika dirinya memegang teguh prinsip tersebut, sudah sepantasnya kamu pertahankan dia:

Pandai mengelola uang

Apakah kekasihmu pandai mengelola uang? Jika ya, itu artinya ia orang yang tepat mendampingimu.

Untuk mengetahui pandai-tidaknya kekasihmu mengelola keuangan, kamu bisa terapkan cara berikut ini: Minta dirinya untuk mengatur keuanganmu, sebab ada sesuatu yang ingin kamu beli.

Jika dalam prosesnya ia dapat dengan tegas dan logis menahan nafsumu untuk berbelanja sesuatu yang tak penting, dan pada akhirnya kamu mendapatkan apa yang ingin dibeli, berarti kekasihmu orang yang pandai mengelola keuangan. Ia tahu betul cara berhemat dan prinsip keuangan seperti itu akan sangat menguntungkan ketika ia telah menjadi pasangan hidupmu.

Baca juga: Sederet Nasihat tentang Karier dan Keuangan dari Sosok Ayah ini Sangat Luar Biasa

Bekerja keras dan tak mengandalkan orang tua

Meski berasal dari keluarga berada, kekasihmu tetap bekerja keras untuk mengumpulkan pundi-pundinya. Ia tak pernah mengandalkan orang tuanya dalam hal finansial. Sebaliknya, ia malah berusaha memberikan uang pada orang tuanya dari hasil kerja keras. Jika pasanganmu punya prinsip keuangan seperti itu, kamu wajib pertahankan.

Mau berbagi tagihan saat kencan

Pasangan yang mau berbagi tagihan saat kencan juga wajib dipertahankan. Pasalnya, ia paham betul bagaimana susahnya cari uang. Ia mengerti uang yang kamu miliki punya fungsi lain yang lebih bermanfaat. Meski demikian, ia juga tak menolak apabila kamu mengeluarkan uang lebih banyak pada momen-momen tertentu. Misalnya memberikan kejutan saat kamu ulang tahun.

Rajin menyisihkan uang untuk dana darurat

Setiap orang tentu punya hasrat untuk berbelanja. Akan tetapi, jika kekasihmu tidak mudah tergoda dengan hal itu dan ia lebih memilih untuk menyisihkan uangnya untuk dana darurat, itu berarti ia sosok yang tepat untuk jadi pendamping hidupmu.

Tidak menuntutmu untuk memenuhi gaya hidupnya

Ini juga tipe kekasih yang wajib dipertahankan. Dia sangat mengerti bahwa mencari uang itu tidak mudah, sehingga ia tak akan pernah menuntutmu untuk memenuhi gaya hidupnya. Ia lebih memilih hidup sederhana ketimbang memanfaatkan keuanganmu.

Baca juga: Hati-hati, ini 5 Tanda Kondisi Keuangan Anda Tidak Sehat, Segera Perbaiki!

Antusias melakukan pengembangan dana

Jika pasanganmu lebih antusias untuk melakukan pengembangan dana ketimbang menghabiskan uang untuk berbelanja barang konsumtif, pertahankan dia. Pasangan seperti itu akan membawa dampak yang sangat baik untuk kehidupanmu di masa depan. Ia sangat paham bahwa mengembangkan dana bisa membawa seseorang meraih kebebasan finansial.

 

Bicara pengembangan dana, ada fakta menarik yang perlu kamu tahu. Saat ini, sudah ada platform pengembangan dana yang aman, mudah, sekaligus menguntungkan, yakni Danain. Keunggulannya, baca: Catat, Ini Segudang Keuntungan Nabung di Danain Ketimbang di P2P Lending Lain!