Blog

Punya Prospek Bagus, Ini Jenis Pekerjaan di Dataran Tinggi yang Menjanjikan!

danain-Jenis pekerjaan di dataran tinggi-gambar petani modern

Jenis pekerjaan di dataran tinggi

Jenis pekerjaan di dataran tinggi tentunya berbeda dengan yang ada di dataran rendah seperti perkotaan. Nah, kira-kira, apa saja prospek pekerjaan di dataran tinggi yang menjanjikan?

Seperti yang kita tahu, setiap daerah atau wilayah punya ciri khas masyarakatnya tersendiri, khususnya dalam hal profesi. Sebagai contoh, masyarakat yang tinggal di sekitaran pantai, rata-rata berprofesi sebagai nelayan, sedangkan mereka yang tinggal di perkotaan biasanya bekerja kantoran.

Hal ini juga berlaku bagi kamu yang mungkin tinggal di daerah dataran tinggi atau pegunungan. Pekerjaan atau profesi yang cocok untuk dilakukan pastinya juga berkaitan dengan sumber daya alam di sekitar daerah tersebut.

Berikut beberapa contoh jenis pekerjaan di dataran tinggi yang menjanjikan dan memiliki prospek cerah ke depannya. Apa saja itu?

  1. Pertanian

Jenis pekerjaan di dataran tinggi yang pertama sudah pasti berkaitan dengan pertanian. Mengingat daerah di dataran tinggi biasanya memiliki tanah yang subur dan cocok ditanami berbagai macam sayuran.

Baca juga: 5 Jenis Pekerjaan Mudah Gaji Tinggi yang Bisa Kamu Coba

Nantinya, hasil panen tersebut bisa kamu jual ke wilayah kota. Kamu juga bisa memanfaatkan marketplace, seperti Tokopedia untuk membantu meningkatkan hasil penjualan sayurmu.

  1. Perkebunan

Setiap daerah di dataran tinggi juga memiliki iklim yang sesuai untuk ditanami tanaman tertentu. Seperti teh, kopi, cengkeh, dan lain sebagainya.

Nah, jika kamu memiliki lahan yang cukup luas, kamu bisa memanfaatkannya untuk disulap menjadi kebun teh, kopi, atau tanaman yang lain. Nantinya, kamu juga bisa menjual produk hasil perkebunanmu tersebut ke daerah lain atau ke perusahaan produsen yang membutuhkannya dalam jumlah banyak.

  1. Ternak hewan

Jenis pekerjaan di dataran tinggi yang selanjutnya adalah menjadi seorang peternak. Profesi ini cocok buat kamu yang memang senang berkutat dengan binatang. Kamu bisa beternak hewan apa saja, mulai dari ayam, kambing, sapi potong, maupun sapi perah.

Baca juga: Kamu Harus Tahu, Ini 5 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi untuk Wanita!

Suasana dataran tinggi yang sejuk dianggap lebih cocok untuk mengembangbiakkan hewan ternak. Selain itu, lebih mudah juga untuk mencari tanaman yang akan dijadikan pakan ternak.

  1. Pemandu wisata

Banyak kawasan di dataran tinggi yang disulap jadi tempat wisata. Terlebih jika kawasan dataran tinggi tempat kamu tinggal memiliki hidden gems yang cocok untuk dijadikan tempat healing.

Nah, kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk menjadi seorang pemandu wisata di sekitar lingkungan dataran tinggi. Mungkin kamu bisa menjadi pemandu yang menuntun orang-orang ke tempat-tempat indah dan tersembunyi yang jarang dijamah.

Selain itu, jika kamu memiliki kemampuan bahasa asing yang lancar, kamu juga bisa lho menerima wisatawan berupa turis-turis dari mancanegara untuk mendapatkan cuan yang lebih besar.

  1. Berjualan oleh-oleh

Jenis pekerjaan di dataran tinggi yang terakhir dalam daftar ini adalah berjualan oleh-oleh khas daerah setempat. Misalnya, jika di daerah tersebut khas dengan hasil kopi maupun perkebunan tehnya, kamu bisa berjualan produk-produk yang relevan dengan ciri khas daerah itu.

Baca juga: Sering Dianggap Sama, ini Perbedaan Profesi dan Pekerjaan yang Perlu Kamu Tahu!

Selain berjualan dengan membuka toko kecil-kecilan di sekitar kawasan wisata di dataran tinggi, kamu juga bisa menjual produk tersebut di marketplace untuk memperluas jangkauan pasar. Jadi, apabila ada turis lokal yang ingin membeli produkmu tapi belum sempat untuk berkunjung kembali, mereka tetap bisa mendapatkannya melalui toko online-mu tersebut.

Nah, itulah beberapa jenis pekerjaan di dataran tinggi yang bisa kamu jadikan pilihan dan pastinya memiliki prospek yang menjanjikan ke depannya. Tertarik untuk mencoba salah satunya?

Leave a Reply